Seheboh-hebohnya lowongan kerja di Indonesia, nggak ada yang lebih hebring ketimbang euforia CPNS. Dari segelintir lowongan kerja yang ditawarkan, ada lebih dari ratusan ribu orang mendaftar. Jelas saja helatan yang nggak selalu diadakan setiap tahun ini selalu jadi biang pembicaraan banyak orang. Bahkan di tongkrongan selalu ada yang tanya, “Eh, kamu ikutan CPNS nggak?”

Sayangnya, semangat membara para pencari kerja ini nggak selamanya berbanding lurus dengan motivasi mereka jadi PNS. Sebagian besar memang ingin cari uang dan punya penghasilan terjamin, tapi sebagian lainnya terpaksa ikut CPNS dengan alasan terselubung. Simak uraian Hipwee Hiburan berikut!

1. Ikut CPNS karena amanat orang tua adalah sebuah alasan konyol, tapi memang banyak dirasakan. Aslinya ada yang nggak passion kerja kantoran tuh~

Demi senyum orang tua. via www.sunlife.co.id

Advertisement

Perintah orang tua memang agak tricky kalau nggak dituruti. Takut dikutuk jadi anak durhaka dan takut dikatain nggak menghormati omongan orang tua. Padahal mungkin ada yang nggak bakat kerja kantoran dan passion-nya bukan jadi PNS.

2. Karena sebagian besar kawan-kawannya daftar CPNS, ada juga orang yang nggak sanggup jadi antimainstream. Jadilah dia ikut-ikutan demi peruntungan

Mengikuti ke mana arus akan membawamu. via www.liputan6.com

Namanya juga usia-usia labil kehidupan di mana sebagian besar dari kita nggak bisa menentukan standar kebaikan untuk diri sendiri. Jadilah ikut-ikutan teman yang lagi semangat daftar CPNS. Kadang, tipe orang nggak niat begini justru yang keterima karena beruntung. Hmmm, bejo!

3. Putus asa dengan kerjaannya sekarang juga jadi alasan. Karyawan yang digaji minim, tapi suruh kerja gila-gilaan, bahkan di akhir minggu itu banyak, kayak fenomena gunung es

Berangkat jam 9 pagi, pulang jam 9 malam. via www.freepik.com

Semakin mengerti dunia kerja, maka ada yang semakin realistis pemikirannya. Secinta apa pun sama pekerjaan kita, kalau nggak ada duitnya, ya, pilih mengundurkan diri aja. Namanya juga hidup, nggak selamanya kita jadi anak muda yang biayai diri sendiri. Ada kalanya menggantikan orang tua, membayarkan kuliah saudara, sampai membina rumah tangga, dan semuanya butuh uang.

4. Tuntutan dari mertua dan calon istri. Demi punya penghasilan tetap dan direstui dalam pernikahan, ada juga yang rela daftar. Pokoknya posisi apa pun asalkan PNS deh!

Demi keluarga. via www.dream.co.id

Advertisement

Menjadi PNS juga bisa sebagai syarat berumah tangga lo. Kalau sudah punya jabatan tetap dengan penghasilan masa depan yang cukup mencerahkan, calon mertua mana yang nggak suka? Mereka nggak akan ragu menitipkan sang anak pada seseorang yang terjamin uangnya.

5. Ingin jadi atlet E-Sport spesialis Zuma, Onet, dan Candy Crush Saga. Biasanya yang jago game ini emang PNS sih 😀

Turnamen game Kemenkeu. via www.indozone.id

Aneh, tapi nyata, tapi memang aneh sih! 😀 PNS terkenal banget sama keahliannya memainkan game-game simpel seperti Zuma, Onet, dan Candy Crush Saga. Mungkin ini memang biasa dimainkan di waktu senggang PNS yang sangat berharga, ya. Siapa tahu PNS milenial mau mendobrak dengan main PUBG dan Mobile Legend?

6. Pengen banget gabut; kerjaan sedikit, tapi gaji dan tunjangan terjamin. Meski kadang sering kebosanan, yang penting cuannya deh

Mengalir terus rekeningnya! via www.jawapos.com

Rumornya sih kalau jadi PNS itu rentan bosan, karena alur kerja yang memang itu-itu aja. Kadang, ada yang nggak tahan dan memilih mengundurkan diri. Tapi percayalah, selalu ada tipe-tipe orang yang nggak peduli alias yang penting uangnya.

Jadi, apakah alasanmu untuk ikutan CPNS sudah lurus—selurus niat membahagiakan dirimu sendiri? Kalau alasannya masih terselubung begini sih, daftar aja! Pokoknya apa pun alasanmu mendaftar, lakukanlah. Setidaknya kamu punya alasan dan motivasi pendorong. 😀

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya