Sebagai King of YouTube, Atta Halilintar bisa jadi adalah idola anak-anak SD hingga remaja. Youtuber satu ini memang sering banget menyita perhatian masyarakat dengan berbagai kontennya, namun nggak sedikit juga yang memberikan kritikan soal apa yang dia kerjakan.

Herannya, nama Atta Halilintar kini jadi sorotan setelah masuk ke soal ujian SD di Serang. Lima pertanyaan pilihan ganda bahkan menggunakan berita tentang Atta sebagai referensi lo. Nah, berdasarkan penelusuran Hipwee Hiburan fakta ini justru menimbulkan pro kontra di kalangan guru dan masyarakat. Simak nih biar tahu!

Beberapa pihak mengaku kaget nama Atta Halilintar dicantumkan di soal ujian SD. Pasalnya buat soal seperti ini biasanya para guru mencantumkan ‘sosok nasional’ dan nggak boleh sembarangan

Jawabannya apa, ya? via kabar6.com

Advertisement

Sebenarnya nama Atta Halilintar mungkin sudah nggak asing di kalangan bocah-bocah, terutama anak-anak SD yang memang sudah melek teknologi. Namun pencatutan nama Atta sebenarnya bikin beberapa pihak kaget. Masalahnya soal-soal ujian Bahasa Indonesia semacam ini biasanya mencantumkan sosok nasional seperti sastrawan, atlet, dan sosok inspiratif lainnya.

Pihak yang pro bilang kalau soal ini justru erat kaitannya dengan generasi anak zaman sekarang, jadi nggak salah untuk berpikiran terbuka. Tapi mereka yang kontra berharap ada sosok lain yang lebih pas masuk soal

Ber

Bergelimang subscriber. via wowkeren.com

Munculnya nama Atta lengkap dengan nominal penghasilannya ini sebenarnya memunculkan pro kontra lo. Beberapa yang setuju berpendapat kalau nggak ada yang salah dengan format soal tersebut, mengingat sosok Atta memang terkenal di dunia maya.

Namundi sisi lain yang kontra merasa kalau seolah-olah nggak ada tokoh lain yang lebih pas masuk soal ujian ketimbang Atta Halilintar. Sehingga pemilihan nama Atta agak diragukan juga di kalangan guru-guru dan pendidik.

Dindik Kota Serang akhirnya memutuskan guru terkait yang menyusun soal ini akan dilakukan pembinaan. Kalau demi kualitas soal yang lebih baik, kenapa nggak?

Padahal sebelum 12 tahun belum boleh main medsos lo. via www.kanalkalimantan.com

Advertisement

PLT Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Serang kabarnya bakal berkoordinasi dengan guru terkait yang menyusun soal. Dilansir dari Detik.com, pihak pembuat soal juga telah berkoordinasi dengan Kasi Kurikulum dan Penilaian SD tentang adanya kasus ini. Pembinaan nantinya bakal membuat kualitas soal-soal ujian SD lebih baik lagi.

Akhirnya, masuknya nama Atta Halilintar di soal ujian anak SD ini memang jadi masalah diskursif banget di dunia pendidikan. Namun nggak bijak jika tiba-tiba menyalahkan pembuat soal, apalagi menyalahkan sosok Atta Halilintar karena tentunya kita masih sama-sama belajar. Solusi yang ditawarkan pun akhirnya berfokus ke tindakan preventif biar kejadian serupa nggak terulang kembali.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya