Nggak ada pekerjaan yang sepele, semua ada manfaatnya bagi orang lain sekalipun itu juru parkir. Tanpa juru parkir, mungkin berita kehilangan jamak terjadi. Tanpa pedagang kaki lima, mungkin orang akan marah-marah di jalan karena kelaperan.

Selama itu halal, setiap pekerjaan boleh dibilang mulia. Jangan hanya karena bergaji rendah lantas pekerjaan itu dianggap sepele. Kasus merendahkan pekerjaan semacam ini baru saja terjadi di Twitter. Seorang guru TK sambat di akun pribadinya karena profesinya diremehkan. Simak kisahnya berikut!

Seorang guru TK sambat karena KZL pekerjaannya sebagai guru TK direndahkan oleh temannya

Advertisement

Lewat utasnya,  @akuitudina mengisahkan pengalaman kurang mengenakan—direndahkan temannya. Dina pun melampirkan potongan chat dengan temannya dalam utas tersebut. Awalnya, teman Dina menanyakan pekerjaan. Setelah dijawab, temannya malah menganggap guru TK ‘cuma’ mengajari nyanyi saja serta bergaji rendah. Dina KZL, lalu membagikan ungkapan perasaannya pada warganet Twitter.

Jangan anggap sepele guru TK. Apa yang mereka lakukan lebih dari sekadar mengajarkan gambar dan nyanyi

Peran penting guru TK. via twitter.com

Jika kamu menganggap guru TK terlihat hanya mengajarkan menggambar dan menyanyi, kamu salah. Dina menjelaskan apa yang diajarkan guru TK merupakan ilmu pengembangan anak yang berguna untuk membentuk kepribadian.

Advertisement

Masa kanak-kanak merupakan golden age untuk pengembangan kepribadian. Guru TK membantu orang tua dalam membentuk fondasi kepribadian anak.

Pengorbanan guru TK memang nggak banyak dilihat orang. Jangan dikira jadi guru TK itu gampang!

Pengorbanan. via twitter.com

Teman Dina mungkin hanya melihat dari permukaan saja. Menganggap bahwa guru TK hanya mengajar nyanyi dan gambar. Dina membantahnya dan menceritakan detail pekerjaannya.

Sebelum murid datang, Dina mesti menyiapkan materi. Saat murid bermain, guru TK mesti sabar mengontrol kelakuan mereka. Bahkan selesai sekolah, guru TK nggak bisa langsung pulang karena menjaga yang belum dijemput. Semua belum termasuk rapat lo. Kebayang, kan, gimana rumitnya?

Hanya karena bergaji rendah, bukan berarti pekerjaan itu sepele. Sudah sepatutnya kita menghormati pekerjaan orang lain

Jangan lihat pekerjaan dari gaji. via www.edunews.id

Boleh dibilang teman Dina kurang ajar, menganggap guru TK hanya mengajari anak nyanyi dan bergaji sedikit. Padahal jika melihat dari penjelasan Dina, andil guru TK dalam dunia pendidikan sama pentingnya dengan guru jenjang apa pun.

Sudah waktunya kita berhenti melihat pekerjaan dari gajinya. Hanya karena bergaji tinggi, bukan berarti pekerjaanmu lebih bermanfaat dari yang lain. Setiap pekerjaan punya sisi manfaatnya sendiri-sendiri. Merendahkan pekerjaan orang lain nggak membuatmu tinggi, justru malah kelihatan nggak beradab. Yang sopan dong!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya