Kurangnya pengawasan dari pihak yang berwajib, membuat pelanggaran lalu lintas kian tumbuh bak jamur. Jelas kalau dibiarkan, jalanan akan semakin membahayakan untuk dilewati. Nah, untungnya ada terobosan unik yang dilakukan Dinas Perhubungan Bandung. Lewat kamera pemantau yang dipasang di lampu merah, mereka rutin mengingatkan para pengendara untuk tertib peraturan lalu lintas.

Menariknya, segala pelanggaran—dari nggak pakai helm sampai berhenti di zebra cross—yang terekam, diedit dengan balutan komedi yang kocak lalu dipertontonkan di akun @atsc.kotabandung. Cara kreatif ini dilakukan untuk mengingatkan para warganet untuk lebih taat lalu lintas. Kali ini Hipwee Hiburan telah merangkum beberapa di antaranya.

1. Lewat kamera yang memantau di Area Traffic Control System (ATSC), Dishub Bandung menyentil pengendara-pengendara nakal dengan imbauan yang dibalut humor

Advertisement

2. Video yang diunggah ke media sosial kadang sudah ditambahkan sulih suara percakapan pengendara yang kena ditegur. Kocak, tonton deh!

3. Selain sulih suara percakapan, video ini juga diilustrasikan seperti kejadian di gim GTA. Busted! Kamu tercyduk polisi karena nggak pakai helm~

4. Saat kejadian, diksi yang digunakan pun dipilih yang lucu dan dekat dengan pengendara. “Pak, motornya offside, Pak!” 😀

Advertisement

5. “Jangan bersembunyi, karena petugas kami punya jurus kagebunsin, yang bisa ada di mana-mana!”

View this post on Instagram

Selamat Malam Minggu bagi yang Berpasangan dan Selamat Sabtu Malam bagi yang Jomblo. Kali ini, kami mengangkat Video #ATCSparodi di simpang yang lain dan banyak dede gemeshnya. Seperti biasa, kami melakukan penghimbauan kepada Pengguna Jalan yang bukan termasuk golongan pengendara kami dengan jurus Kagebunshin no Jutsu. Tapi ada yang unik, dari Petugas di Lapangan setelah membantu Penghimbauan kami. Yap, pake Helm dan Jojogetan haha. Btw, baik Pengendara maupun Penumpang WAJIB menggunakan Helm berstandar SNI ya. Demi keselamatan dan kenyamanan kepala anda. Yuk, sama – sama menjadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas ya! . *Video ini sudah dilakukan seleksi serta pengawasan keselamatan yang ketat. Kami juga ingin memberi pesan bagi yang ingin melakukan #DagelanHelmChallenge agar tidak melakukannya di tengah jalan demi keselamatan dan kelancaran lalu lintas. 😁

A post shared by ATCS Dishub Kota Bandung (@atcs.kotabandung) on

6. Selain itu, @atcs.kotabandung juga kerap memasukkan lagu-lagu yang sedang ngehits sebagai pemanis video

7. Nah, kalau video ini menggunakan aransemen lagu viral. “Astagfirullah, kerja lembur bagai qudaa…”

8. Atau lagu khusus untuk pengendara yang lalai seperti ini~

9. Kalau dipaksain nyanyi nanti jadinya kayak gini. Udah duet, dua-duanya fals lagi -_-

10. Kadang yang kocak justru malah pengendaranya. Kayak yang ini … yang ditegur siap yang, turun siapa 😀

11. Kerad juga bapak ini, meski diimbau, dia masih tetep cuek cari kutu anaknya. Hmm, kasih sayang seorang bapak 😀

12. Kalau yang ini pengendara alay. Nggak melanggar, nggak dipanggil, tapi malah caper ke kamera pemantau. Narsis nih!

13. Begini nih orang kalau asbak rokok dikasih nyawa. Kebanyakan konsumsi asap kelakuannya jadi gini~

14. Ini video terkeren sih. Selain paham sama pentingnya jaga keselamatan, yang nonton juga terhibur sama editan videonya. Kreatif banget!

15. Nah, buat kamu yang penasaran sama dapur Dishub yang suka nyentil pengendara yang bandel, ini penampakan di balik layar saat mereka melakukan tugasnya

Sudah bukan rahasia lagi, pelanggaran lalu lintas marak terjadi di Indonesia. Dari nggak memakai kelengkapan berkendara sampai mematuhi tata tertib, kita kerap kali lalai dan menyepelkan. Lampu merah sepi dikit, diterobos. Mentang-mentang dekat, abai pakai helm. Ngaku aja deh. Padahal yang kita lakukan ini berbahaya bagi keselamatan diri sendiri dan juga orang lain.

Dan usaha yang dilakukan oleh Dishub Bandung patut diapresiasi karena kreatif dan kocak abis. Dengan balutan komedi, video imbauan itu terlihat jadi lebih menarik. Imbauan sekadar mengingatkan yang mereka lakukan nggak terkesan menggurui apalagi memarahi. Keren, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya