7 Film yang Ceritanya Mirip KKN di Desa Penari. Erat dengan Kearifan Lokal dan Mitos

Film KKN di Desa Penari yang baru saja tayang pada 30 April 2022 lalu baru saja didapuk menjadi film horor Indonesia terlaris. Posisi tersebut menggeser Pengabdi Setan yang sebelumnya mendapatkan gelar yang sama. Hingga 12 hari penayangannya, film KKN di Desa Penari tembus 4,5 juta++ penonton dari seluruh bioskop Tanah Air.

Advertisement

Sebuah film yang menceritakan kehidupan sekelompok mahasiswa KKN di sebuah desa yang kental dengan kearifan lokal dan hal-hal mistis ini rupanya sukses menarik perhatian publik, apalagi jadwal penayangannya sudah mundur 2 tahun. Namun, rupanya kesuksesan industri film Tanah Air dengan produksi film horor berbasis kearifan lokal atau mitos tak hanya sekali saja. Masih ada banyak judul film horor Indonesia lainnya yang ceritanya erat dengan kearifan lokal dan mitos. Apa saja? Simak yuk!

1. Keramat (2009)

film keramat

Rekomendasi film mirip KKN di Desa Penari | Credit: IMDb

Tak jauh berbeda dengan film KKN di Desa Penari, film Keramat yang disutradari oleh Monty Tiwa pada tahun 2009 ini mengusung karakter tim produksi film beserta aktornya untuk syuting di sebuah desa di Yogykarta. Sayangnya, proses syuting film pun menjadi berantakan karena sang aktor bernama Migi justru malah kerasukan roh halus. Untuk membawanya pulang seluruh anggota tim produksi harus masuk ke alam gaib yang dipenuhi dengan berbagai sosok menyeramkan dan berbahaya.

2. Titisan Naya (2008)

Rekomendasi film mirip KKN di Desa Penari | Credit: Gramedia

Film yang satu ini jadi salah satu film yang cukup mirip dengan KKN di Desa Penari. Disutradarai oleh Riri Riza, film pendek horor bertajuk Titisan Naya ini bercerita tentang sosok Naya yang terpaksa harus mengikuti tradisi keluarga besarnya, yaitu cuci keris. Namun, Naya adalah sosok yang selama ini berpikiran modern dan jauh dari tradisi kejawen kemudian melihat sosok menyeramkan di upacara tersebut dan membuatnya ketakutan dan tiba-tiba menari dengan sendirinya.

Advertisement

3. Jelangkung (2001)

film Jelangkung

Rekomendasi film mirip KKN di Desa Penari | Credit: IMDb

Jelangkung jadi salah satu makhluk yang kerap kali jadi mitos dan cerita mistis yang sudah dikenal banyak orang, terutama anak 90-an, sih. Sosok Jelangkung ini kemudian jadi inspirasi Rizal Mantovani dan Jose Poernomo untuk menggarap film dengan judul yang sama.

Kala itu, film Jelangkung ini berhasil meraih kesuksesan dan komentar positif lantaran dirasa sangat original dan menegangkan. Dalam filmnya, diceritakan bahwa empat orang bersahabat dari Jakarta yang penasaran untuk bisa bertemu makhluk halus yang akhirnya mereka mengunjungi tempat-tempat berhantu dengan pergi ke desa Angkerbatu dan melakukan sebuah ritual.

“Jelangkung” sendiri merupakan ritual kuno yang memakai boneka tradisional untuk memanggil arwah, tetapi mereka tidak tahu bahwa hal ini bisa mengakibatkan hal yang fatal.

Advertisement

4. Trilogi Danur (2017)

film danur

Rekomendasi film mirip KKN di Desa Penari | Credit: IMDb

Tak berbeda dari KKN di Desa Penari yang diangkat dari kisah nyata, trilogi Danur pun merupakan cerita nyata yang dialami oleh Risa Saraswati sebagai gadis indigo. Terdiri dari tiga film, film ini menceritakan bagaimana awal mula Risa merasakan bahwa ia memiliki keistimewaan sebagai anak indigo dan ia memiliki sahabat-sahabat tak kasat mata yang bernama Hans, Hendrick, Peter, William dan Jensen.

Film trilogi Danur ini juga sukses meraih banyak penonton dan dibintangi oleh Prilly Latuconsina memerankan sosok Risa Saraswati itu sendiri.

5. Alas Pati: Hutan Mati (2018)

film alas pati

Rekomendasi film mirip KKN di Desa Penari | Credit: IMDb

Disutradarai oleh Jose Poernomo, nuansa dalam film Alas Pati: Hutan Mati yang dibintangi Nikita Willy ini hampir mirip dengan film KKN di Desa Penari. Cerita film ini pun juga mengisahkan sekelompok mahasiswa yang tengah mengerjakan tugas dengan membuat vlog mengenai hutan mati di Alas Pati.

Tragedi mistis mulai terjadi saat mereka bertemu dengan sosok mayat misterius hingga salah satu dari mereka meninggal dunia dan arwahnya menghantui teman-teman yang lainnya.

6. Pengabdi Setan (2017)

film pengabdi setan

Rekomendasi film mirip KKN di Desa Penari | Credit: IMDb

Film besutan Joko Anwar ini tidak kalah populer dengan film KKN di Desa Penari karena nuansa mistis dan horornya sangat mengena dan bikin bulu kuduk merinding. Tak sedikit juga para penikmat film yang berpendapat bahwa Pengabdi Setan menjadi salah satu film horor terbaik.

Sosok yang sangat menyeramkan dalam film ini adalah sosok Ibu. Bermula dari keluarga Rini yang kehilangan ibunya, tetapi setelah itu ia dan ketiga adiknya kerap kali didatangi oleh sosok wanita yang mirip dengan ibunya. Tanpa disangka, ternyata sang ibu pernah melakukan perjanjian hitam dengan setan.

7. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

film perempuan tanah jahanam

Rekomendasi film mirip KKN di Desa Penari | Credit: IMDb

Lagi-lagi film besutan Joko Anwar bertajuk Perempuan Tanah Jahanam juga mengangkat isu kearifan lokal. Dibintangi oleh Tara Basro sebagai Maya yang diceritakan ingin memperbaiki nasib mendatangi desa terpencil di pedalaman dan mengaku sebagai mahasiswi. Desa tersebut diyakini sebagai tempat kelahiran dan asal mula keluarganya, Maya ingin mengambil rumah warisan orang tuanya.

Sayangnya, penduduk desa tersebut dikisahkan mengalami kutukan menahun dan mempercayai bahwa Maya adalah penyebab dari kutukan tersebut dan menyebabkan nyawanya terancam.

Nah, itu dia sederet film yang punya cerita mirip dengan KKN di Desa Penari. Kamu sudah nonton yang mana SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE