Film-film dengan efek CGI (Computer Generated Imagery) sudah sangat umum dipraktikkan di Hollywood. Berbagai adegan film action yang banyak menciptakan ledakan, efek tabrakan, efek terbang, sampai mampu mengubah tampilan, memang sangat dibutuhkan.

Tapi siapa sangka kalau beberapa scene di film terkenal ini justru ‘coba-coba’ dan ambil risiko untuk nggak pakai green screen atau blue screen. Mereka bahkan lebih memilih bikin simulasi ledakan yang nyata. Mantep banget, kan? Nah, simak uraian Hipwee Hiburan berikut. Dijamin pengen nonton film-film ini lagi.

1. Film sebesar Inception yang disutradari Christopher Nolan punya adegan yang sama sekali nggak pakai efek CGI. Si sutradara sengaja bikin ledakan di sekitar jalanan dan rumah makan, ngeri!

Advertisement

Pada scene tersebut, memang kelihatannya ledakan seolah dibuat-buat, diedit dan menggunakan efek khusus. Tapi ternyata, Nolan benar-benar meledakkan beberapa tempat untuk mengambil gambar. Aktor benar-benar disuruh diam dan nggak bergeming sementara benda-benda di sekitarnya berhamburan karena ledakan.

2. Sebagai film legendaris, serial James Bond 007 tercatat dalam buku rekor sebagai film dengan ledakan terbesar tanpa efek komputer, tepatnya di sekuel berjudul Spectre

Menggunakan bahan peledak khusus dan set yang dibangun manual oleh para kru film dan dinakhodai sutradara Sam Mendes, para aktor Spectre diwajibkan melakukan adegan ini dalam satu kali shoot saja. Kalau gagal, tentu ledakannya bakal sia-sia dong. Nggak heran kalau adegan ledakan ini masuk rekor jadi ledakan terbesar yang dilakukan tanpa CGI. Persiapan yang mereka lakukan jelas super matang.

3. Di Film Furious 7, beberapa adegan memang jelas banget menggunakan efek CGI. Tapi ada satu scene yang bikin tercengang karena dilakukan secara manual dan pakai stunt, yaitu adegan saat menerjunkan mobil ke daratan

Film ini sempat jadi sorotan pasca meninggalnya Paul Walker, sang aktor akhirnya harus digantikan oleh rekayasa CGI dengan menggunakan tubuh orang lain. Namun kerennya, adegan menerjunkan sebuah mobil dari pesawat justru dibuat secara manual di mana mobil benar-benar diterjunkan dari pesawat dengan mata kamera dari penerjun payung. Ekstrem banget!

4. Sebagai dedengkotnya film action, The Matrix Reloaded memang menggunakan begitu banyak efek CGI. Tapi tahu nggak sih, adegan dua truk yang bertabrakan? Mereka menggunakan truk beneran untuk ditabrakkan, baru dielaborasikan dengan efek tertentu

Advertisement

Kru film Matrix merancang bagaimana caranya agar dua truk yang bertabrakan terlihat begitu nyata. Mereka pun benar-benar melarikan truk dengan kecepatan penuh untuk ditabrakkan, tentu hal ini dilakukan oleh profesional, ya! Setelah momen tabrakan ini tertangkap kamera, barulah editor memberikan efek-efek tambahan pada kerusakan mobil dan koreksi warnanya. Hmmm, nekat banget, ya.

5. Film aksi menegangkan yang sukses bikin kamu susah berkedip, Mad Max Fury Road juga menggunakan seminimal mungkin efek CGI. Ledakan sampai modifikasi mobilnya semua nyata

Lebih dari 1.700 orang kru dan stunt terlibat dalam pembuatan film Mad Max Fury Road. Butuh waktu bertahun-tahun sampai film ini benar-benar bisa rilis di layar lebar karena penggarapannya yang benar-benar serius. Efek-efek ledakan di film ini hampir semuanya nyata lo. Maka jangan heran kalau film ini dapat banyak penghargaan karena dibangun dengan kerja keras luar biasa, dan hasil yang sangat memuaskan.

6. Lagi-lagi film milik Nolan, The Dark Knight yang minim penggunaan CGI. Adegan rumah sakit meledak yang diceritakan hasil ulah Joker, ternyata adalah ulah para kru 😀

Christopher Nolan memang terkenal sangat totalitas dalam pembuatan film. Nolan ingin semua hal yang penonton saksikan terlihat semirip mungkin dengan realitas. Maka nggak heran kalau dia berani menjadikan film Batman: The Dark Knight sebagai film yang ambisius. Bahkan ‘Rumah Sakit Gotham’ saja diledakkan begitu saja. Namun tentu dengan persiapan yang sangat matang dong!

Di balik pembuatan sebuah film ternyata ada banyak sekali cara dan trik yang ditempuh para kru untuk menciptakan sebuah cerita yang luar biasa. Dari film yang kamu saksikan selama satu hingga tiga jam lamanya, ada dedikasi luar biasa yang menghabiskan waktu bertahun-tahun lamanya. Keren banget, salut!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya