Libur lebaran sudah usai, banyak yang akhirnya kembali ke rutinitas awal di perantauan dan meninggalkan lagi kampung halaman. Sebenarnya menyenangkan sih liburan dan menghabiskan waktu di rumah, tapi paling nyebelin kalau orang tua, biasanya emak, mulai bawel dengan pekerjaan rumah dan suruh kita bantu-bantu.

Seringnya sih emak-emak yang minta dibantu mengurus pekerjaan rumah walau sekadar bersih-bersih dan beres-beres. Sebagai anak, tentu kita akan ikhlas bantu dong! Tapi sering kali hal-hal gereget yang menguji kesabaran kita terjadi. Simak uraian Hipwee Hiburan berikut biar kita nostalgia kegeregetan ini bersama-sama.

1. Kalau jam sepuluh malam belum tidur, suka ditegur. Katanya, “Perawan nggak boleh begadang, Nduk!” Padahal lagi seru-serunya mabar

Nanggung banget sih! via kenh14.vn

2. Pagi-pagi buta dibangunin, tapi emak bilangnya udah jam 7.00 pagi. Gelagapan nggak karuan, eh, ternyata langit masih gelap, Bung!

Kalau nggak bangun-bangun diciprati air surga lo! via ripal19.wordpress.com

3. Mamak-mamak nggak peduli jam berapa pun kita tidur, yang jelas pagi buta harus melek. Tentu buat bantuin beres-beres rumah dong!

Bodo amat, teruskan tidurnyaaa~ via unsplash.com

4. Misalnya masih ngumpulin nyawa pas baru bangun tidur, Mamak sudah memberikan mandat berupa macam-maca perkara. “Habis ini cuci piring, ya, Le. Oiya, tanaman di depan rumah juga belum disiram. Trus habis itu coba belikan merica ke warung Bu Giex!” Taubat deh, Mak!

Menjalaninya dengan penuh kesabaran. via ceritabundafatih.blogspot.com

5. Ketika sudah menyapu halaman, mengepel, siram tanaman, sampai cuci piring kan capek tuh. Lalu duduklah sebentar sambil main HP. Eh, disindir, “Aduh, emak punya anak emang nggak pengertian, kerjanya main hape terooos!”

Duh, anak wedok satu ini kerjanya smsa terus. via twitter.com

6. Cuma di rumah sendiri, di mana minum es aja dikomentarin, “Es teroooos, nanti batuk baru tau rasa!”

Kurang lebih beginilah! via www.reddit.com

7. Meski sudah mandi dan bersihin badan, emak seringnya bilang kita bau kecut. Lalu sejurus kemudian muncul nasihat untuk beli deodoran dan parfum yang baru. Hmmm~

Emang sebau itu, ya, Mak? via www.naturalnews.com

8. Nggak lupa, diinterogasi masalah jodoh. Kegiatan wajib dewasa tanggung kalau pulang kampung

Jodohnya aja masih tersesat menemukan jalan pulang. Hmmm. via www.fimela.com

9. Tapi ada hal menyenangkan di balik semua yang gereget, yaitu masakan emak yang enak dan nggak pernah habis. Nggak ada ceritanya kelaparan di rumah sendiri deh!

Meski sederhana, rasanya nggak pernah mengecewakan. via cookpad.com

Advertisement

Rasanya memang geregetan dan serba salah kalau menghadapi emak sendiri. Antara kesel banget kalau disindir yang nggak-nggak, sampai takut jadi anak durhakan kalau mencoba melawan.

Bagaimanapun, nikmatilah kebawelan emak dan bapak kalian selagi sempat. Bahagiakan mereka, ya, karena cuma hal ini yang bisa kita lakukan untuk membalas jasa mereka saat merawat dan membesarkan kita sedari kecil.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya