Beberapa waktu yang lalu, film layar lebar Yowis Ben yang dibintangi oleh Bayu Skak sempat menyedot perhatian publik. Pasalnya hampir semua dialog di film tersebut menggunakan bahasa Jawa. Beberapa orang justru memunculkan anggapan bahwa bahasa daerah tersebut norak, kampungan, dsb. Memang nggak jarang ditemui orang-orang asli Jawa yang justru anti berbahasa Jawa. Parahnya banyak generasi muda yang sekarang lebih fasih berbahasa Inggris daripada menggunakan bahasa daerah.

Fakta ini berbanding terbalik dengan seorang bule asal Australia bernama Dave Jephcott yang justru bangga banget menggunakan dialek khas Surabaya. Bahkan logatnya pun sangat kental. Dave sering banget mengunggah video dan vlog lucunya ketika menggunakan bahasa Jawa di akun YouTube dan Instagram-nya. Kadang ia juga mengerjai bule lainnya dengan bahasa Jawa lho. Simak keseruannya nih!

Dave Jephcott yang akrab disapa Londo Kampung di akun medsosnya ini sudah aktif berkarya sejak setahun yang lalu lho

Advertisement

Saat ini Dave sudah punya 268 ribu subscribers dan 67 ribu followers di Instagram. Karena populer di media sosial, ia juga sering membagikan video-video lucu berkaitan dengan kesalahan berbahasa Inggris. Banyak juga video prank mengerjai bule di Bali yang kocak banget. Logat Surabaya yang kental dan wajah bulenya bikin orang-orang nggak bisa menahan tawa ketika bule yang lain bingung dengan apa yang ia katakan. Duh, ada-ada aja Cak Dave.

Bahasa medok yang melekat pada Dave bukan serta merta ia dapatkan lho, tapi karena ia juga sudah tinggal lama di Jawa

Dave bersama anak dan istrinya via www.instagram.com

Pada sesi tanya Jawa yang ia adakan di salah satu vlog-nya, Dave mengungkapkan kalau sudah tinggal di Jawa sejak tahun 1990. Nggak heran kalau omongannya fasih banget, ya. Dave sebenarnya lahir di Melbourne, Australia. Namun sudah sejak balita ia tinggal di Jawa. Kini ia pun sudah menikah dengan wanita asal Surabaya yaitu Santi Novia dan dikarunai seorang anak yang ia beri nama Jago.

Meskipun warga negara asing dan bertampang bule, Dave nggak pernah malu pakai bahasa Jawa. Bahkan menurutnya Bahasa Jawa itu asyik lho

Londo Kampung dan teman YouTuber via www.instagram.com

Dalam salah satu videonya, Dave pernah menyampaikan bahwa Bahasa Jawa adalah bahasa yang asyik digunakan untuk berkomunikasi dan bercanda. Sebagai WNA, Dave juga merasa bangga dengan Bahasa Jawa dan sama sekali nggak punya pikiran kalau bahasa daerah ini norak. Ia jug kagum banget sama Bahasa Jawa yang punya tingkatan sangat kompleks dan banyak, beruntung ia bisa menguasainya.

Londo Kampung bersama Ria Ricis via www.instagram.com

Advertisement

Menanggapi bagaimana anak muda zaman sekarang yang melupakan bahasa daerahnya sendiri, Dave jadi prihatin lho. Menurutnya bahasa daerah itu selayaknya jadi kebanggaan masing-masing suku, bukan malah ngasih stigma norak dan kampungan ke bahasa daerahnya. Sebagai bule, Dave Saja jatuh cinta dengan Bahasa Jawa lho, masa sih kita melupakan bahasa daerah kita masing-masing?

Meski kocak dan sering banget nge-prank di YouTube, kita bisa belajar banyak lho dari Dave Jephcott. Punya tampang bule nggak bikin ia malu-malu mengadopsi bahasa daerah di mana ia tinggal. Harusnya kita nih yang malu karena nggak sefasih itu dalam menggunakan bahasa daerah kita masing-masing.

Nggak hanya Bahasa Jawa lho, ya, harusnya kita memelihara dan bangga pakai bahasa daerah kita masing-masing dengan tetap menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya