Lagi-lagi sistem pendidikan di Indonesia diubah. Kalau mau daftar SMP atau SMA, harus ngikutin sistem zonasi sekolah. Yang jadi pertimbangan utama bukan lagi nilai Ujian Nasional, tapi jarak dari tempat tinggal ke sekolah yang didaftar! Wah, aneh juga, ya. Selama ini, kan, murid Indonesia berlomba-lomba dapat nilai yang tinggi. Pasti pada bingung deh kalau aturannya diubah kayak gini.

Bener aja, warganet bikin berbagai meme tentang zonasi sekolah yang menyuarakan isi hati mereka. Ada yang gembira karena perubahan ini, ada juga yang sebel. Kamu termasuk yang mana nih? Yuk, kita lihat satu per satu.

1. Horee! Berkat sistem zonasi, murid-murid bodoh bisa masuk sekolah favorit. Soalnya kuota buat zonasi tuh 90%, banyak juga, ya~

Hayo ngaku, siapa yang kayak gini~ via 1cak.com

2. Gara-gara sistem zonasi, sekolah yang terpencil jadi nggak laku. Berasa les privat aja deh kalau isinya cuma 5 orang

Kayak les privat aja deh! via 1cak.com

3. Nggak semua murid rusuh karena sistem zonasi. Kalau udah diterima di sekolah swasta sih, bebas. Soalnya nggak pakai sistem ini~

Enak bener deh. via 1cak.com

4. Kayak apa pun sistem zonasinya, kalau belum keterima sekolah, rasanya ngenes sih. Kamu kayak gini juga nggak?

Kamu yang mana? via 1cak.com

5. “You have no power here, sistem zonasi!” kata anak-anak SMK/STM. Mereka nggak pakai sistem itu sih~

Iri deh sama mereka. via 1cak.com

6. Zonasi sih zonasi, tapi nggak gini juga. Masa nilainya nol? Nggak lulus dong dari sekolah :3

Nggak gini juga sih~ via 1cak.com

7. Hmm, nggak rela gitu deh rasanya. Susah-susah dapet nilai tinggi, eh, disalip sama yang nilainya mepet!

Jangan gitu, ah. :3 via 1cak.com

8. Haissh, bosen banget deh rasanya. Kecuali kalau bareng terus sama gebetan :3

Kalau sama gebetan sih nggak bosen, ya! 😀 via 1cak.com

9. Enak juga, ya, jadi orang Bugis yang bisa mindah-mindahin rumah. Eits, tapi ternyata mereka tetep nggak berdaya di hadapan sistem zonasi~

Padahal udah capek-capek. 😀 via 1cak.com

10. Katanya disuruh menuntut ilmu sampai ke negeri Cina, tapi kok …

… via 1cak.com

11. Seandainya zonasi juga berlaku buat cari jodoh, gimana, ya? Buru-buru menggebet tetangga, ah~

Mau nggak nih? via 1cak.com

Advertisement

Gitu deh isi hati murid-murid Indonesia tentang sistem zonasi sekolah. Ada yang seneng karena bisa gampang masuk sekolah favorit, ada juga yang sebel karena lokasi rumahnya jauh dari mana-mana. Gimana denganmu, setuju atau nggak sama sistem baru ini? Semoga bisa menguntungkan buat semua, ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya