Di mata cowok, cewek memiliki tingkah laku yang aneh dan juga unik. Seperti yang pernah Hipwee bahas, banyak kebiasaan cewek yang belum juga bisa dipahami oleh cowok-cowok. Sampai-sampai para cowok harus berusaha sekuat tenaga untuk bisa membongkar kode-kode di balik omongan cewek.

Supaya cowok-cowok bisa semakin paham dengan makna-makna yang terpendam dari semua perjkataan dan tingkah laku cewek-cewek, pembaca Hipwee, Armila Zahra Tawarniate, akan menuturkannya pada artikelnya ini!

Advertisement

Cewek memang banyak tingkahnya. Banyak cowok yang mengeluhkan tingkah para cewek yang sebelumnya juga pernah Hipwee bahas. Mulai dari sensitif karena PMS, kode-kode yang berhamburan dan memaksa cowok untuk mengerti, sampai kata-kata ‘terserah’ yang berarti sejuta makna. Tapi, tahukan kalian wahai para cowok, ada banyak alasan-alasan dibalik semua itu, dan berikut ini ada tips untuk menyiasatinya?

1. Nyuruh-nyuruh ngejemput cepet, padahal belum siap

5 menit lagi katanya..

5 menit lagi katanya.. via www.funnypicturesandjokes.com

Kebiasaan buruk cewek nih. Minta dijemput cepet, padahal belum siap. Belum selesai dandan udah minta dijemput. Alasannya simpel — males nunggu.

Advertisement

“YA KITA JUGA KALEEEE”,

*jerit para cowok

Saran nih, buat kalian para cowok hafalin deh kebiasaan cewek yang satu ini. Ketika dia minta dijemput sampek dia udah bener-bener siap dijemput kira2 berapa menit. Nah, ini bisa buat perhitungan di waktu selanjutnya kalay dia minta dijemput lagi. Jadi, pas dia keluar, kamu juga sudah sampai. Pacar senang, kamu riang! :p

2. Ngajakin belanja bareng, tapi ujung – ujungnya disuruh nungguin

Lama bener...

Lama bener… via www.mlucu.com

Jujur, sebenarnya bukan gitu lho maksud para cewek. Kami cuma butuh saran dan teman tiap akan membeli sesuatu. Buat kamu para cowok, kalau diajakin belanja bareng, bawa tab atau gadget plus power bank supaya nggak bosen pas nungguin. Tanya di awal sebelum pergi, mau belanja apa aja? Dan tekankan bahwa kalian hanya akan beli barang yang dari rumah memang diniatin untuk dibeli. Gak ada tambahan lain-lain!

Kalau kemungkinan dia bakal milih lama, pilih toko atau butik yang menjual barang-barang cewek dan cowok. Jadi, kalian para cowok bisa window shopping atau piih-pilih barang buat kalian sendiri sembari menunggu. Atau option terakhir nih, ajakin teman ceweknya juga, atau double date sekalian. Jadi, pas mereka asik belanja, kalian bisa nongkrong dulu di foodcourt atau main game.

3. ‘Terserah’ nya cewek itu sesuatu

makan terserah..

makan terserah via twitter.com

Hati-hati dengan kata ‘terserah’nya cewek, ini bisa bermakna sesuatu. Suatu pertanyaan “Mau makan apa?”, membuat cewek membayangkan bermacam-macam menu makanan di kepalanya. Bisa juga dia lagi pengen makan sesuatu, atau dia emang lagi gak nafsu makan. Nah, kalo kalian punya cewek kayak begini, mendingan jangan pernah tanya mau makan apa. Kalau sekiranya sudah masuk waktu makan atau jam rawan perut keroncongan, langsung arahkan kendaraan kalian ke sebuah tempat makan terdekat.

Kalian adalah calon kepala rumah tangga, guys! Tentukan tanpa bertanya! Toh nanti pada akhirnya dia juga makan pilihan kalian kok. Atau kalau mau aman, pilih tempat makan yang menyediakan berbagai menu makanan — food court di mall misalnya. Pesen makanan yang kamu pengen, dan tanya ke dia “mau makan apa?” tanpa harus pindah resto.

4. Suka histeris kalau ketemu idolanya

Aaaaaakkk..

Aaaaaakkk.. via memobee.com

Kalau kalian udah tahu bahwa cewek kalian cinta sama kalian, tenang aja deh! Mereka histeris lihat cowok ganteng ya cuma sebatas nge-fan dan histeris doang. Terkadang cewek-cewek juga pengen bikin cowok cemburu dikit, tapi ya cuma sebatas itu.

Siapa sih mereka itu? Cuma sekedar cowok ganteng yang bikin kami histeris, bukan kamu yang bisa bikin kami jatuh cinta kok! #eaaaaaa

5. Pilih peralatan make up kayak pilih jodoh

Yang ini cocok nggak ya? tapi yang itu bagus..

Yang ini bagus, itu juga.. tapi cocok nggak ya? via www.answers.com

Cewek lama milih baju? Belum pernah liat cewek milih make up? Lebih ribet dan banyakin istighfar aja.

“Bukannya bedak cuma ada dua warna?”

Bedak gak cuma dua warna lho jeng! Bedak jaman sekarang udah banyak nomer-nomernya, ada yang loose powder, compact powder, two way cake, dan foundation. Belum lagi foundation masih ada banyak jenisnya. Tentu saja cewek-cewek bingung dong milihnya.Banyak yang harus dipertimbangkan bibit, bobot dan bebetnya. Karena kalau salah pilih warna dan jenis, nanti kita malah jadi kayak badut dan kulit wajah bisa alergi. Gak mau ‘kan jalan bareng cewek yang kulitnya rusak dan kayak badut? :p

6. Udah nemu yang cocok tapi masih harus keliling mall dulu, ujung-ujungnya bakal balik lagi ke toko pertama!

Bandingin harga dulu dong..

Bandingin harga dulu dong.. via hitportal.com.mk

Karena kebutuhan cewek banyak, terkadang kami menjadi sangat perhitungan dalam memilih barang atau benda yang akan dibeli. Selisih harga dikit, kadang ngerasa rugi banget! Beda lima ribu doang, pasti mikirnya “Aaaaah…. padahal bisa buat beli tisu basah sachet nih!” dan lain sebagainya.

Ketika nemu benda yang dipilih di sebuah toko, cewek pasti bakal keliling mall dulu buat mastiin gak ada benda yang lebih murah dan lebih bagus dari pilihan pertama, karena kalau barang udah terlanjur dibeli dan setelah itu nemu barang yang ternyata lebih bagus plus lebih murah, atau barangnya sama persis dengan harga yang lebih terjangkau, nyeselnya setengah mati!

7. Kenapa sih cewek sering banget ngeluh salah beli gincu?

pilih-pilih gincu itu wajib..

pilih-pilih gincu itu wajib.. via anglerz.com

Cewek emang sering banget salah beli lipstick. Kadang udah nemu yang cocok, tapi begitu ada warna lain, iseng pengen nyobain. “Siapa tau warna ini bisa bikin aku lebih oke nih!”

Tujuannya ya biar keliatan lebih cantik di mata cowoknya dong! Nah, kalau cewek kamu ngeluh salah beli lipstick, coba deh bilang:

 “Kamu pake lipstick yang biasa kamu pakai udah cantik kok sumpah. Aku suka juga sama warnanya.”

Point shoot! Yakin deh dia ga bakal beli macem-macem lagi. Kecuali kalau ada produk baru dan lagi diskon ya! HAHAHA

8. Kenapa dandan di spion? Nggak Semuanya kok…

Biasanya cewek dandan di spion untuk lebih menghemat waktu. Karena tau sendiri dandannya cewek lama, ribet dan banyak. Tapi gak semua cewek begitu kok! Daripada dandanannya kacau, mending dandan di kantor sekalian. Kalau ngelihat ada cewek yang kayak gitu, klaksonin aja rame- rame! :p

9. Iya… iya… susah banget parkir rapi!

Ada tukang parkir yang bantuin kok

Ada tukang parkir yang bantuin kok via kaskushotthreads.blogspot.com

Kenapa cewek susah parkir rapi? Kalau parkir mobil, gak semua cewek gak bisa parkir rapi kok — tergantung kemahiran. Kalau dia memang udah mahir, dijamin parkirnya pasti rapi.

Kalau parkir motor, kadang susah buat ngelurusin. Pertama, karena motor itu berat. Dan kedua, karna cewek ga semahir cowok yang bisa ngegeser-geser motor dengan santai dan mindahin motor dengan gampangnya. Karena kadang beban motor juga lebih berat daripada berat tubuh cewek. Jadilah minta tolong abang parkir. Lagi pula bakal ada abang parkir ini sih..  *peyuk abang parkir

10. Punya banyak besties! Besties SMP, SMA, Kuliah, di tempat bimbel, di komplek rumah dan dimana-mana..

Kenalin besties aku..

Kenalin besties aku.. via dianparamita.com

Kami punya banyak besties. Well, karena cewek kebanyakan butuh teman baik yang bisa ngertiin dan dengerin curhatannya — tentang kalian para cowok misalnya. Tapi gak jarang kedekatan kami menimbulkan konflik intern yang memaksa kami cari sahabat lain.

Bukan cuma sama pasangan, dalam hal pertemanan pun cewek gak mau bertepuk sebelah tangan. Jadi, kami juga perlu buktiin bahwa kami punya besties lain selain mereka. Jadi kalau si A lagi jalan sama teman-temannya yang lain, kami bisa hubungin sahabat-sahabat yang lain buat curhat dan ngobrol.

11. Kamar cewek nggak kayak lemari kok, cuma kebanyakan isinya aja..

kamarnya yang kecil..

kamarnya yang kecil.. via www.patriciagiacomini.com

Kamar kami sebenarnya rapi juga kok — cuma isinya aja yang banyak. Terkadang kamar kami gak mendukung, alias terlalu kecil untuk menampung barang-barang kami yang seabrek. Jadi terkesan kayak lemari. Yaudah lah ya, harap maklum..  :p

12. Lemari mirip kamar? Yes we are!

takut dibilang nggak punya baju..

takut dibilang nggak punya baju.. via www.hoodv.com

Cewek terlalu takut untuk dikatain

“Bukannya kemaren kamu udah pake baju itu ya? Baju kamu itu-itu aja deh.”

Alhasil, jadilah cewek hobi banget belanja baju. Walaupun pada akhirnya juga pakai baju yang itu-itu aja — yang jadi favorit. Yang lain gak kepakai deh. Baju yang banyak juga butuh lemari yang besar. Kalau di kamar cewek ada tiga lemari gede dan isinya penuh semua, sedangkan cowok lemari satu aja masih banyak kosongnya, ya wajar lah… hahaha…

13. Sering banget selfie, dan update di socmed. Padahal kan mukanya sama aja. Yakin sama?

yakin sama?

yakin sama? via pek0k.blogspot.com

Cewek paling pinter untuk urusan fotografi lho, guys! Urusan pencahayaan, angleyang tepat,  cewek jagonya. Jangan heran kalo cewek sering banget selfie. Ada beberapa cewek yang sering banget update foto hasil selfie yang menurutnya paling kece. Nah, kalo nemu foto yang lebih kece, ya update lagi deh… Gitu aja terus sampai Negara Api menyerang!

14. Cewek nggak suka gonta-ganti tas kok, tapi suka koleksi aja..

buat kerja, main, ke mall, jalan-jalan

buat kerja, main, ke mall, jalan-jalan, sama kondangan via thefashiontier.com

Sama halnya dengan baju, tas pun kami hobi banget koleksi. Beda sama cowok yang cukup punya satu tas buat kuliah atau ngantor, plus buat main. Cewek punya tas buat ke kantor dua, buat kondangan tiga, buat main sama temen satu, buat jalan di mall satu, buat jalan sama pacar satu, dan lain- lain.

Masa iya kondangan pake tas laptop?

15. Paling lama kalau milih model rambut

gundul?

gundul? via www.twu.ca

Rambut adalah mahkota setiap wanita. Cewek suka bosan dengan model rambut, dan kerap memutuskan untuk gonta-ganti model rambut supaya penampilan juga lebih fresh. Gak mau dong salah gaya atau model rambut. Karena model yang satu dengan yang lain gak semua cocok di wajah cewek yang banyak macemnya. Kalau cowok sih salah model rambut, langsung gundul aja — beres! Nah cewek?

16. Hobi nyalon berjam-jam

Salon itu surga dunia

Salon itu surga dunia via megaagnesty.blogspot.com

Nyalon itu surga! Kadang cewek nyalon bukannya mau merubah penampilan, tapi sekedar refreshing aja. Contohnya hair spa atau cream bath. Pelayanannya gak cuma rambut, pasti plus pijat kepala, tangan, leher, dan pundak. Keluar dari salon tuh rasanya badan segar bugar dan rambut jadi wangi. Sebelum tahu gimana enaknya nyalon, cobain deh para cowok, dijamin ketagihan!

17.  Belanja bareng teman-teman sambil cerita sana-sini. Ajaib!

belanja sambil ngrumpi! Cuss...

belanja sambil ngrumpi! Cuss… via m.utusanriau.co

Belanja bareng itu seru. Selain bisa saling ngingetin dan ngasih saran dalam membelanjakan uang, cewek biasanya suka keterusan curhat sana sini. Karena dimana ada cewek ngumpul, disitulah sesi curhat dan cerita dimulai.

18. Cewek-cewek itu jago soal hitung-menghitung uang. Soal jatah tabungan dijamin aman..

tung-itung..

tung-itung.. via eleconomista.com.mx

Nah itu dia! Cewek banyak belanja make up dan baju. Tapi biasanya udah ada budget sendri kok! Buat bulan ini jatah beli kosmetik berapa, beli baju berapa, dan jatahuang yang ditabung berapa. Jadi tetep bisa nabung walaupun belanja banyak. Itu lah kenapa seorang istri adalah bendahara rumah tangga yang terbaik! :p

19. Hobi nonton drama komedi

Abis filmnya bagus sih..

Abis filmnya bagus sih.. via youqueen.com

Cewek paling suka dengan hal-hal yang humoris. Nah kenapa komedi romantis? Cewek, suka hal-hal yang ‘so sweet‘, tapi tetep ada sisi lucunya. Saking sukanya, banyak banget judul yang udah ditonton, dan sampai hafal jalan cerita film komedi romantis pada umumnya — dan nggak akan bosan nontonnya. Kalo kamu bosan, coba aja ajakin cewek kamu nonton film genre lain. Horor komedi, atau bisa juga action. Karena sebenernya semua film asyik buat ditonton — asal bareng sama kamu.. *uhuk

20. Telepon itu nggak cuma ngobrol yang penting aja, tapi juga buat curhat..

banyak yang diobrolin..

banyak yang diobrolin.. via blogmov.wordpress.com

Cewek memang suka cerita banyak hal. Mulai dari kegiatan sehari-hari, pacar, tugas numpuk, dosen killer, soal kerjaan, dan lain-lainnya. Gka niat buat telpon-telponan lama sih.. Tapi tau-tau udah satu jam aja nelpon… hahahaha…

21. Doyan sama yang namanya sale? Ya.. mumpung, kapan lagi coba?

kapan lagi coba?

kapan lagi coba? via antonwidodoinfo.blogspot.com

“Loh! Ini biasanya harganya 200an ke atas nih. Sekarang jadi cuma seratusan.. gilak!”

Nah cewek yang notabene hobi belanja dan perhitungan, gak akan melewatkan kesempatan ini — mumpung — karena sale gak selamanya ada. Walaupun kita semua tahu pihak toko biasanya udah menaikkan harga barang sebelum didiskon, tapi cewek juga udah memperhitungkan hal ini. Cewek kan perhitungan soal harga. Kalau jatuhnya tetep pembeli yang untung, ya lanjuuuut! hahaha.. :p

22. Kemana-mana pakai high heels walaupun harus nahan sakit

biar tinggian dikit..

biar tinggian dikit.. via behindthescenes.thecoveteur.com

Beberapa cewek punya tinggi badan yang gak tinggi-tinggi banget. Cewek kadang pengen pas jalan tuh gak keliatan ‘njomplang’ banget sama pacarnya. Ntar dikira jalan sama om-nya lagi, gara – gara cowoknya terlalu tinggi sedangkan ceweknya imut. Coba saranin pakai high heels yang lebih nyaman, tapi tetep ada heels-nya juga ya!

23. Suka ngerasa gendut, soalnya cewek juga doyan makan dan ngemil..

doyan ngemil tapi takut gendut

doyan ngemil tapi takut gendut via hakecil.blogspot.com

Cewek hobi banget ngemil. Walaupun di depancowok, cewek terlihat makan dikit, ngemil sopan, tapi kalo di rumah… bisa makan 5x sehari, ngemil 7x sehari dan lain-lain. Wajar kalau cewek suka ngerasa gendut dari pipi yang mulai tembem, baju kekecilan, dan sebagainya.. *walaupun aku enggak.Thank’s God!

24. PMS itu bisa kapan saja.. sabar-sabar aja ya!

kuatkan dirimu

kuatkan dirimu via www.hipwee.com

Mari kita telaah bersama. Istilah PMS disini ada tiga, yaitu: Pra menstruasi, pas menstruasi, dan pasca menstruasi.

Saat pra menstruasi, cewek akan mengalami perubahan hormon sehingga mendadak jadi uring-uringan. Dan satu lagi yang perlu cowok tahu, tanda-tanda sakit pinggang biasanya seminggu sebelum menstruasi, tanda-tanda uring-uringan biasanya 3 hari sebelum menstruasi. Pas menstruasi ada beberapa cewek yang merasakan sakit luar biasa sehingga jadilah uring-uringan (bahkan ada yang sampe pingsan). Kalo pasca menstruasi, itu sih cewek kamu aja yang bikin-bikin, biar dimanja dan diperhatiin :p

25. Kalau ngomong sukanya pakai kode-kode rahasia

belajar kode-kodean ya

belajar kode-kodean ya via twitter.com

Cewek sering merasa kalau cowok harus bisa ngertiin dia dengan cara memahami kode-kode yang diberikan. Kenapa gak langsung to the point aja?

“Aku kan cewek. Masak aku yang ngomong duluan?”

Pikiran di atas mungkin menjadi pikiran hampir sebagian besar cewek di belahan bumi ini. Buat cowok, mungkin kalian harus mempelajari kode-kode cewek dengan bertapa di bukit teletubbies.

26. Cewek nangis bukan karena cengeng, tapi itu cara buat meluapkan emosi..

kezel mas.. kezel..

kezel mas.. kezel.. via vemale.com

Nangis itu terkadang  bagi cewek adalah cara untuk melepaskan emosi. Saking keselnya, cewek lebih memilih nangis daripada marah-marah. Kalau cewek kalian nangis, cukup
diemin dulu. Berada di sisinya dan jangan tanya apapun apalagi ninggalin dia. Biarkan dia menenangkan diri. Nanti setelah mereda dan tenang, baru kalian bisa membicarakan masalah yang tertunda.

27. Karena keanehan dan keunikan tingkah lakunya, keberadaan cewek bikin hidup kalian lebih berwarna..

Terimakasih..

Terimakasih udah ngertiin.. via missmonistory.com

Jumpalitan ngejemput, capek nunggu, bingung menafsirkan kode-kode cewek, PMS yang tak kunjung henti dan masih banyak lagi! Tapi, justru karena itulah hidup cowok lebih berwarna dan menantang, ‘kan? Terimakasih sudah mau menjadi bagian dari hidup cewek yang ‘aneh’ ini dan selalu pengertian.

Tetaplah bertahan di sisi pasangan kalian itu membuat kalian lebih dari sekedar life saver cewek. Kalian adalah guardian angel bagi kami! 🙂

Nah, itu tadi alasan – alasan kenapa cewek bersikap aneh di mata para cowok. Semoga dengan ini, para cowok dapat lebih memahami maksud ceweknya ya!

Gimana nih cowok-cowok? Apakah kamu sudah cukup paham di balik tingkah laku cewek-cewek yang syarat akan makna itu? Semoga artikel  dari Armila Zahra Tawarniate ini bisa menjawab semua pertanyaanmu tentang tingkah laku cewek-cewek yang sering kamu bilang aneh itu ya! 😀

Tertarik menulis untuk Hipwee? Silakan klik tautan ini!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya