Pernah nonton dan nungguin credit film berakhir sambil iseng baca-bacain jajaran nama kru filmnya? Kalau pernah, mungkin kita semua perlu tos! Belakangan ini, adegan yang sengaja dimunculkan setelah film kredit jadi hal yang populer dan kerap dimunculkan para sineas. Bukan cuma buat keren-kerenan, adegan tambahan yang sering kamu temui di film superhero Hollywood ini punya tujuan yang jelas kok. Simak uraian Hipwee Hiburan berikut deh, biar tercerahkan!

Belakangan, post credit scene sering muncul di film-film superhero seperti Marvel dan DC. Biasanya adegannya nggak terlalu penting dan nggak ganggu plot film

After creditnya Aquaman nih! via www.bleedingcool.com

Post credit scene adalah adegan pamungkas yang muncul setelah adegan akhir dan pengenalan kru film berakhir. Belakangan ini, tren post credit scene muncul di banyak film-film superhero berseri seperti Marvel universe dan DC Comics. Adegan ini sebenarnya nggak terlalu penting dan dimaksudkan buat pemanis aja. Makanya nggak jarang film yang menampilkan post credit scene dengan adegan di balik layar. Karena sebenarnya adegan ini nggak terlalu penting dan nggak bakal mengubah plot film.

Tujuannya simpel, biar kita lebih menghargai siapa saja yang bekerja di balik layar pembuatan film. Menunggu film kredit habis adalah sebuah penghormatan

Sabar, tunggu aja pasti ada post credit scene-nya kok! via www.denofgeek.com

Advertisement

Melihat layar hitam berjalan sambil baca-baca nama yang bekerja di balik layar itu sebenarnya suatu penghormatan dan apresiasi atas karya film yang baru aja kamu tonton. Sayangnya, jarang banget penonton yang peduli, lebih banyak yang langsung ngeloyor pergi setelah film selesai. Makanya post credit scene ini juga bertujuan buat mengakali penonton untuk sedikit menaruh hormat.

Selain itu, post credit scene bakal bikin kita lebih terhibur dan kebayang-bayang sama filmnya

Di Black Panther juga ada! via www.polygon.com

Biar menambahkan kesan seru, kru film sering meletakkan post credit scene atau after credit sebagai sebuah daya tarik biar penonton makin kebayang-bayang dengan pertunjukkan filmnya. Kalau penonton puas, maka kru film sudah berhasil menyampaikan pertunjukkan yang menghibur. Kamu tentu masih kebayang, kan, gimana Baby Groot joget-joget di adegan kredit Guardian of The Galaxy vol. 1? Sampai sekarang adegan itu masih bikin gemes.

Tujuan lain dari post credit scene juga buat ngasih bocoran ke kamu tentang film sekuel berikutnya, itung-itung iklan gratis~

Ekspresimu setelah nonton post credit scene. via tenor.com

Nah, yang terpenting, post credit scene atau after credit ini bakal ‘mengiklankan’ sekuel atau seri film yang berkaitan. Buat film-film Marvel, ini penting banget karena ngasih tahu penonton bahwa di film Marvel selanjutnya bakal ada adegan apa dan bakal memunculkan tokoh siapa. Makanya sering galau kalau ketinggalan adegan setelah film kreditnya. Apalagi kalau kalian menonton film Captain Marvel, wah, tunggu selesai, ya!

[BONUS]

Bocoran: post credit scene Film Captain Marvel ada dua adegan lo. Tonton sampai habis karena bakalan bikin kamu histeris~

Advertisement

Film superhero Captain Marvel lagi tayang di bioskop. Jangan buru-buru pergi sehabis film selesai, karena bakal ada adegan di akhir film kredit yang merujuk pada Avengers: End Game. Adegan ini cukup bikin penonton histeris loh!

Jadi, sekarang udah tahu, kan, apa fungsi sebenarnya post credit scene atau after credit di film-film? Selain sudah teruji kesabaranmu menunggu adegan akhir, kamu juga sudah berhasil menghormati kru film sekaligus dapat bocoran sekuel selanjutnya. Selamat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya