Saat kita kecil dulu, begitu banyak larangan yang dibalut dengan gambaran-gambaran mengerikan di masa depan. Contoh paling dekat dengan ingatan kita adalah saat magrib, kita dilarang untuk keluar rumah, sebab ada hantu atau jin yang akan mengganggu bahkan menculik kita. Pasti kamu takut, kan? Sama! Padahal kita tahu itu hanyalah mitos. 🙁

Begitulah mitos, sebuah wacana yang nggak tahu dari mana juntrungannya, tapi tetap dipercaya hingga entah kapan. Nah, kali ini Hipwee Hiburan akan membantu kamu untuk mengatasi mitos tentang susah jodoh kalau melanggar mitos yang berkembang di masyarakat kita. Simak nih, biar nggak seret jodoh!

1. Mitos yang paling umum dan termasyur hingga ke pelosok dunia. Duduk di ambang pintu bisa bikin seret jodoh!

Harusnya sih sekalian bawa bantal guling. via www.theonion.com

Advertisement

Kata orang tua zaman dulu, duduk di ambang atau di muka pintu bisa menyebabkan seret jodoh. Sialnya, kita pun percaya dengan hal ini. Padahal duduk di depan pintu rumah itu sungguh pengalaman yang mengasyikan, apalagi kalau tengah hari nan terik begitu. Rasanya adem banget! Tapi karena mitos tersebut, kamu harus menyiasatinya dengan rebahan.

2. Selain rezeki dipatok ayam, bangun siang juga menyebabkan seret jodoh. Kalau bangun sore?

Tidur pagi sih. via www.stratego.hr

Ada yang bilang bangun siang bisa membuat seret rezeki dan jodoh. Pada dasarnya kita hanya dilarang untuk bangun kesiangan, lantaran harus segera berangkat sekolah atau sekadar bantu-bantu ibu di dapur. Lalu bagaimana dengan kamu yang kerja shift malam dan baru bisa tidur setelah matahari terbit? Kehilangan jodoh dan rezeki dong? Solusinya adalah kamu hanya perlu tidur di siang hari~

3. Kalau menyapu harus sampai selesai, jangan membiarkan sampah terhenti di sembarang tempat. Artinya, jodoh kita bakal nyangkut di sembarang tempat juga?

Nggak usah nyapu. via gilmour.com

Selain menyapu nggak bersih bisa menyebabkan jodohmu berewokan, menyapu nggak tuntas juga bisa membuat kamu susah jodoh. Sampai sekarang, mitos soal menyapu ini masih susah untuk dipahami. Tapi alangkah baiknya kalau kamu pakai vacum cleaner aja, biar lebih gampang bersih-bersihnya.

Advertisement

Seperti rindu, nyapu juga harus dituntaskan.

4. Kata orang zaman dulu, kalau enggan datang kondangan, maka kita akan susah ketemu jodoh. Tapi kalau sering datang kondangan kayak anak kosan, gimana?

Sering-sering kondanganlah, makan gratis! via fc05.deviantart.net

Di usia 20-an, kamu pasti sudah banyak banget menerima undangan nikah dari teman-temanmu. Makanya, nggak heran kalau hampir setiap akhir pekan kamu sibuk mencari amplop untuk kondangan. Nah, mitos menyatakan bahwa kamu yang enggan datang ke kondangan akan mengalamai seret jodoh. Hah, kalau kamu anak kosan, harusnya kamu sering-sering datang kondangan. Selain bisa memudahkan jodoh, kamu bisa dapat makan gratis, kan?

Anak kosan dan sobat misqueen can’t relate dengan mitos ini~

5. Memakan daging ayam bagian sayap juga bisa membuatmu seret jodoh. Padahal kata mama, nggak boleh pilih-pilih makanan, ya~

Padahal bagian yang cukup enak~ :3 via www.stuff.co.nz

Mitos makan sayap ayam bisa menjauhkan kamu dari jodoh. Padahal, akan lebih susah jodoh kalau kamu makan sayap pesawat Garuda Indonesia atau sayap kanan PSS Sleman. Tapi kalau kamu memang suka makan sayap, mending sekalian makan badan seutuhnya. Toh, biasanya kalau pesan ayam seekor lebih murah daripada potongan ayam.

6. Mitos menolak lamaran bakal susah jodoh itu nggak masuk akal. HRD sering nolak lamaran orang, tapi nggak masalah tuh

Masih banyak yang ngelamar kok. via www.radiusstaffingsolutions.com

Mitos menolak lamaran bisa menyulitkanmu menemukan jodoh adalah irasional. Kalau memang kita nggak suka pada orang yang melamar kita, masa nggak boleh kita tolak? Lagipula, buktinya HRD sering nolak lamaran, tapi masih banyak kok orang yang melamar ke perusahaannya~

7. Di beberapa daerah, seorang adik yang menikah lebih dulu daripada kakaknya, akan membuat sang kakak kesusahan mencari jodoh -_-

Nikah bukan balapan! via www.instagram.com

Mitos ini masih kerap hadir dalam tatanan masyarakat kita. Katanya, didahului atau ‘dilangkahi’ oleh adik (apalagi sesama cewek) untuk nikah duluan itu bakal membawa dampak buruk pada sang kakak; susah dapat jodoh. Nah, kalau memang dia mendahuluimu nikah, coba WA aja, suruh bareng. Biar nggak diduluin. He-he-he.

Menikah bukan ajang balapan, nggak perlu takut untuk didahului. Termasuk oleh adikmu sendiri~

Namanya juga mitos, terserah pada dirimu masing-masing mau percaya atau nggak. Selama itu masuk akal untuk nggak dilakukan, ya, mending dihindari. Seperti bangun siang, nggak duduk di depan pintu karena nyusahin orang lewat, dsb.. Lagipula, bukankah jodoh, rezeki, dan maut, itu ada di tangan Sang Pencipta, ya? Kita tinggal berusaha dan berdoa aja, nggak perlu percaya pada mitos, stereotip, zodiak, shio, golongan darah, atau bahkan dukun beranak. :p

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya