Nggak Selamanya Warna Ungu itu Identik dengan Janda. Makanya Jadi Orang Jangan Kuno Banget dong~

Mitos warna ungu

Di dunia ini, ada banyak banget mitos yang dipercayai oleh berbagai masyarakat luas, meski asal-usulnya nggak begitu jelas. Salah satunya yang terkenal banget adalah tentang warna ungu yang disebut identik dengan status janda. Kok bisa ya kayak gitu? Kenapa harus janda, kenapa nggak duda, kenapa nggak yang lainnya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti muncul juga di benakmu.

Advertisement

Uniknya, nggak cuma di Indonesia aja yang percaya bahwa warna ungu itu identik dengan janda, bahkan di negara lain pun juga mengakui hal yang sama. Padahal kalau dicari sepak terjangnya, nggak ada tuh alasan yang jelas kenapa bisa identik dengan janda. Malah ada beberapa hal lainnya yang lebih lekat dengan warna satu ini.

Padahal menurut orang-orang Nasrani, warna ungu ini adalah simbol bagi kebijaksanaan, keseimbangan, sikap berhati-hati, dan wawas diri. Jauh bener hubungannya sama janda 🙁

Warna ungu bagi umat Katolik via classroom.synonym.com

Nggak tahu dari mana dan siapa yang pertama kali bilang kalau ungu itu identik dengan janda, tapi faktanya mitos tersebut dipercaya secara turun menurun sampai sekarang. Padahal, bagi orang-orang Nasrani, ungu itu merupakan lambang bagi kebijaksanaan, keseimbangan, sikap hati-hati, dan wawas diri lo. Biasanya, warna ungu ini dikenakan saat ada acara ibadah tobat. Makanya jangan heran kalau orang Nasrani kerap pakai pakaian warna ungu saat ada ibadah-ibadah tertentu.

Bahkan menurut kebudayaan Kekaisaran Romawi, ungu berarti kemewahan dan kekayaan. Tapi kita sering pakai pakaian warna ungu kok nggak kaya-kaya ya 🙁

Kaisar Romawi via www.boombastis.com

Meski bagi beberapa pihak, warna ungu dinilai sebagai hal yang norak, beda ceritanya dengan zaman Kekaisaran Romawi. Pada masa itu, warna ungu melambangkan kemewahan dan kekayaan seseorang. Lihat aja tuh kain yang melilit Caesar, kelihatan menawan banget, kan? Tapi, masalahnya selama ini kita juga sering pakai pakaian warna ungu kok nggak ada yang nganggap sebuah kemewahan, ya? Susah memang~

Advertisement

Asal kamu tahu nih, sekarang juga banyak anak muda yang suka sama warna ungu. Masa umur belasan udah jadi janda semuanya? Hadeeeh~

Warna ungu jadi salah satu warna favorit. via id.pinterest.com

Disadari atau nggak, warna ungu ini juga menjadi salah satu warna favorit bagi anak-anak muda di berbagai belahan dunia lo. Sebut aja gaya harajuku, grunge, atau mungkin punk, nggak sedikit kok mereka yang memadupadankan warna ungu ke dalam style berpakaiannya. Umurnya pun rata-rata juga masih banyak yang belasan tahun lo. Apa iya tiap ada unsur ungunya, terus berarti janda? Nggak jauh beda dong pikirannya sama yang kalau lihat palu dikit, langsung parno karena dikira PKI. Hiiii~

Katanya nih, warna ungu juga identik sama gay atau lesbi, padahal yang hetero suka warna ungu juga banyak kok. Ada-ada aja!

Stigma warna ungu bagi orang gay via lifeofaannie.blogspot.com

Ada lagi yang bikin kesal. Pasti kamu pernah dengar bahwa cowok pakai warna ungu berarti dia gay. Sebaliknya, kalau kamu cewek dan pakai warna ungu, berarti kamu lesbi. Bukannya gimana-gimana nih, tapi yang heteroseksual dan demen sama warna ungu pun juga banyak banget lo. Heran deh, cocokologi dari mana lagi sih ada mitos-mitos beginian?

Nggak ada salahnya sih kalau kamu mau percaya dengan mitos apa pun, tapi coba digunakan lagi akal sehatnya deh. Zaman udah modern gini, masih percaya hal yang nggak jelas dan aneh-aneh. Apa jangan-jangan kamu tipe orang yang percaya kalau habis putus, terus balikan, bakal bisa sama lagi kayak sebelumnya, ya?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE