Menebak Alasan Guru Selalu Sewot sama Murid yang Pakai Jaket di Kelas. Bikin Penasaran Banget!

Kita semua tahu bahwa pada dasarnya sekolah adalah tempat untuk menimba ilmu. Bukan soal pengetahuan umum saja, sekolah juga mencoba untuk membangun karakter-karakter para muridnya. Karena hal tersebut, banyak peraturan yang harus ditaati oleh para murid saat berada di sekolah. Misalnya peraturan potongan rambut sampai peraturan berseragam setiap harinya.

Advertisement

Kendati begitu, ada sebuah peraturan yang cukup unik dan terbilang menimbulkan pertanyaan besar di kalangan anak sekolahan. Buat kamu yang masih sekolah atau yang sudah lulus, pasti pernah merasakan dimarahi oleh guru karena menggunakan jaket di kelas saat jam pelajaran berlangsung, apapun itu jenis jaketnya. Padahal kalau dipikir-pikir, jaket ini nggak menganggu pelajaran sama sekali. Kira-kira apa alasan guru marah dan selalu melarang siswa menggunakan outer satu ini saat dikelas, ya?

1. Menggunakan jaket di dalam kelas dianggap tidak sopan dan tidak mencerminkan adat dan etika masyarakat kita

Guru mementingkan kesopanan/Credit: eLearning Industry

Alasan pertama kenapa guru selalu marah pada murid yang menggunakan jaket di kelas adalah menyoal kesopanan. Seperti sudah kita bahas, sekolah adalah tempat kita menimba ilmu dan membangun karakter serta etika kehidupan. Nantinya kita akan lebih siap untuk terjun ke masyarakat setelah lulus sekolah.

Menggunakan jaket di ruangan apalagi saat jam pelajaran memang terkesan kurang sopan. Pasalnya guru juga selalu mencontohkan menggunakan baju dinas atau baju seragamnya sendiri. Tanpa kita sadari, guru tengah memberi contoh bagaimana ia bersikap sopan terhadap murid-muridnya. Wajar kalau kita kena marah saat pakai jaket di kelas. Nggak sopan~

Advertisement

2. Seragam punya fungsi keadilan dan penyamarataan derajat. Menggunakan jaket di dalam kelas akan membuat satu murid lebih menonjol di bandingkan murid lainnya

Hoodie menutupi fungsi seragam/Credit: Unsplash

Kamu pernah bertanya nggak sih kenapa saat kita sekolah wajib menggunakan seragam dan nggak boleh menggunakan baju bebas seperti saat kuliah? Alasannya sederhana. Seragam sendiri mengajarkan kita untuk bersikap adil dan sama dalam memperlakukan orang. Orang yang kaya dan miskin sama-sama menggunakan seragam jadi nggak terlihat ada perbedaan sedikitpun.

Nah, kalau kamu menggunakan jaket di kelas, kesan yang ditimbulkan adalah kamu terlihat berbeda dan lebih menonjol dari yang lainnya. Hal ini tentu melanggar prinsip ‘sama derajat’ yang diperlihatkan oleh seragam. Selain itu, jaket juga berpotensi untuk membuat murid merasa keren-kerenan. Jika dibiarkan, sekolah akan jadi ajang fashion show dong. Hehe~

3. Para guru merasa aneh melihat murid yang mengenakan hoodie di dalam kelas saat belajar. Kesannya sang murid sedang bersiap untuk main-main dibandingkan belajar

Suasana dalam kelas/Credit: UCA

Advertisement

Alasan ketiga kenapa guru selalu sewot pada murid yang pakai jaket adalah penampilannya yang nggak sesuai dengan tempat. Sekolah atau kelas adalah tempat belajar, sedangkan jaket rasanya pakaian yang digunakan seseorang untuk pergi ke luar rumah atau bermain.

Dari situ guru mungkin merasa sedikit aneh pada anak yang menggunakan jaket di kelas. Guru melihat sang murid seperti bukan anak sekolahan, justru anak yang sedang bersiap-siap untuk pergi main ke suatu tempat atau kencan sama pacarnya. Etikanya sih berpakaian itu memang harus sesuai dengan tempat. Iya nggak sih?

4. Guru takut kalau ada siswi yang mencoba menutupi kehamilan atau kandungan yang mulai membesar dengan jaket

Mencegah siswi menutupi kehamilan/Credit: IStock Photos

Slanjutnya ada alasan yang paling absurd kenapa guru melarang siswa menggunakan hoodie atau jaket. Hal ini bermula saat maraknya kasus siswa yang hamil di luar nikah dan kandungannya mulai membesar. Biasanya siswa-siswa perempuan menutupi perutnya yang mulai membesar dengan mengenakan jaket di dalam kelas.

Karena ada stigma yang terpatri dalam pemikiran para guru, wajar kiranya mereka melarang murid-muridnya menggunakan jaket di dalam kelas. Mereka ingin mencegah murid yang mencoba menyiasati peraturan kehamilan dan menyelamatkan nama sekolah dan namanya sendiri di kalangan orang tua murid. Kalau ini sih masuk akal banget, kan?

5. Memang sudah menjadi peraturan di sekolah seluruh Indonesia

Peraturan/Credit: Unsplash

Terakhir adalah aturan sekolah. Mungkin saja aturan sekolah di seluruh Indonesia memang menyebut kalau murid dilarang menggunakan jaket di dalam kelas. Kembali lagi, ini tentu masalah soal peraturan berpakaian yang baik dan benar saat pergi ke sekolah. Nggak usah baper guys, guru cuman menjalankan tugasnya dalam menegakan peraturan.

Itu dia beberapa alasan kenapa guru selalu memarahi dan melarang murid menggunakan jaket di dalam kelas. Gimana, kalian setuju nggak dengan alasan-alasan di atas? Atau kalian masih bingung dan nggak mau terima?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya More

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

Loading...