Perbincangan seputar nama anak belakangan merebak setelah salah satu artis nggak terima nama anaknya diambil orang. Warganet pun impulsif, ada yang pro, tapi nggak sedikit pula yang kontra.

Kalau kamu suka bola kamu pasti paham kalau setiap negara punya pola penamaan. Negara Islandia punya ciri khas setiap nama berakhiran “son” seperti Sigurdsson. Atau Brazil akhiran namanya ada “inho”, contohnya Ronaldinho, Firminho, dan Coutinho. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Berikut beberapa jenis pola penamaan anak khas orang Indonesia. Simak uraian Hipwee Hiburan berikut ya!

1. Orangtua zaman dulu suka memberi nama singkat, padat, dan tepat. Misalnya Soetrisno, Parjiah, Ngatiyem. Tapi ada yang super singkat, namanya cuma satu huruf!

Nama apa balesan chat gebetan ini “Y” doang -_- via jogja.tribunnews.com

2. Ada juga orangtua yang bikin nama panjang banget. Emang sih kreatif, tapi kasihan anaknya nanti pas UN harus kelamaan arsir namanya di lembar jawab.

Buset, setara judul skripsi. via www.tribunnews.com

3. Orangtua milenial cenderung memilih nama modern seperti “Alex”, “Xabiru”, “Bjorka”, “Daffa”, “Rafathar”

Nama modern yang seolah susah dilafalkan sma lidah Indonesia. via akurat.co

4. Ada juga jenis nama yang puitis diambil dari sastra. Pasti pernah denger kan nama “Senja”, “Hujan”, “Embun”, “Kilau”, “Butiran Debu” 😀

Nama indie, orang tuanya suka menikmati senja dan kopi. via www.hipwee.com

5. Ada pula nama nyentrik yang nggak banyak orang kepikiran. Bukti orangtuanya sangat amat hipster

Ada juga orang Indonesia yang bernama “Nabi”, sungguh anti mainstream ya! via id.wikipedia.org

6. Nama-nama ilmiah juga kadang dipakai. Mungkin karena bapaknya s3 biologi murni tanpa pemanis buatan. Biar teringat terus sama disertasinya dulu…

Nama-nama ilmiah palawija. via twitter.com

7. Kalau nama yang nggak boleh dijiplak mungkin jarang, ya 😀 Kecuali ada yang mendaftarkan hak paten ke Dirjen HKI (Hak Kekayaan Intelektual)

Hmmm… via www.tagar.id

8. Sejak akun seleb bayi bermunculan, banyak orangtua pengen anaknya mirip bayi artis. Ini nama bayi artis yang boleh dijiplak

Hipwee udah bikin artikel tentang nama artis yang boleh dijiplak, sok atuh, udah aman. via www.hipwee.com

Advertisement

Di Indonesia, kultur memilih nama dipengaruhi oleh agama. Banyak nama diambil dari Bahasa Arab. Anak Muslim biasanya dinamai dengan awalan Muhammad untuk laki-laki atau Siti untuk perempuan. Tapi belakangan trennya berubah, orangtua lebih nyaman memberi nama modern pada anaknya. Tentu sah-sah aja sih, biar unik dan jarang yang menyamai.

Mungkin karena tren itulah ada orangtua yang ingin nama anaknya modern seperti nama bayi artis. Namun anehnya ada yang nggak berterima namanya dipakai. Fenomena ini tentu menarik sebab belum ada undang-undang tentang hak paten nama anak. Hehehe.

Kalau kamu gimana? Anakmu nanti mau dinamain siapa? Boleh terinspirasi dari nama penulis Hipwee kok. Hahaha.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya