Hoaks dan informasi yang keliru saat ini memang bertaburan di mana-mana. Mulai di internet, media sosial, bahkan majalah dan media cetak pun ada yang dengan sengaja memberitakan hal yang nggak akurat. Kebanyakan, berita-berita hoaks tersebut disebarkan demi kepentingan politis dan bisnis dari pemilik media.

Makanya, baca berita memang nggak boleh cuma judulnya saja. Bahkan memahaminya pun harus penuh logika dan akal sehat. Mungkin kalau kamu membaca headline tanpa memperhatikan nalarnya, kamu bakal kaget. Kali ini Hipwee Hiburan bakal mencoba mengujimu dengan beberapa judul berita dan informasi di bawah ini. Kamu sudah siap?

1. Ilmu sains memang berkaitan erat dengan penelitian. Banyak yang akhirnya menginformasikan gizi dari suatu makanan, tapi kalau yang ini perlu diinformasikan nggak sih?

Ibu stroberi nggak pernah menyusui. via paleomg.com

2. Berita dari seseorang yang kurang terkenal bisa jadi ramai jika konflik dalam hidupnya sudah terlampau pelik seperti ini. Kasihan banget

Padahal lumayan, nggak perlu beli lagi. via www.hipwee.com

3. Ada juga berita yang seolah dibuat heboh. Padahal perkaranya super sepele. Hmm, bikin menyesal, kan, bacanya!

Cuma acara katakan cinta, beritanya kayak kriminal nih! via www.grid.id

4. Rahasia yang seolah-olah terkuak dan jadi sorotan ini, kadang penting nggak penting. Heran, bikin ingin berkata kasar nggak?

Ya, ampun, baru tahu lo! via redaksiindonesia.com

5. Namanya juga clickbait, sudah pasti pakai bahasa yang heboh dan lebay. Padahal intinya biasa saja sih

Wow, mengejutkan!!1!!! via www.hipwee.com

6. Kalau pake kata-kata viral, seolah penting banget dan harus semua orang tahu. Padahal nggak semua berita berawalan viral seheboh itu sih

Lupa berdiri woi, bukan lupa diri. Duh! via www.hipwee.com

7. Berita dari artis-artis ternama juga punya daya tarik tersendiri kok. Apapun yang soal artis biasanya laris manis

Benar juga, Mas Afgan. via www.kepogaul.com

8. Bahkan binatang yang sebelumnya dipandang biasa saja bisa menjadi luar biasa setelah banyak yang meliput

Sudah digantikan Ade Rai. via www.lostateminor.com

9. Seolah-olah, ada sebuah tragedi yang berusaha diberitakan oleh media dengan judul bombastis. Aslinya, hanya fenomena sehari-hari

Salut deh buat yang berani ngecek beneran! via bospress.blogspot.com

10. Jangan pernah remehkan berita tentang kejombloan, ya, walau bagaimana juga, nggak ada orang yang berencana jomblo sampai mati

Informasi yang sangat penting dan sesuai fakta lapangan. via www.hipwee.com

Advertisement

Judul dan headline di atas memang bukanlah berita sesungguhnya, tapi hampir dipastikan semuanya adalah fakta dan bukan hoaks. Nah, memang nggak semua berita yang sesuai fakta itu penting, nggak semua yang nggak penting itu nggak sesuai fakta. Kayaknya tetap butuh kebijaksanaan pembaca dalam menanggapi setiap informasi. Makanya, kita harus cerdas menanggapi dan mencerna dengan baik semua informasi yang masuk, jangan telan mentah-mentah, ya! 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya