Ternyata ini Alasan Kenapa Game Jadi Pelarian Para Cowok Setelah Putus Cinta. Benar Nggak?

Cinta adalah hal misterius yang selalu diimpikan oleh setiap orang. Memiliki keinginan untuk dicintai berarti harus siap menerima risiko pedihnya sakit hati. Ibaratnya, cinta itu bagaikan dua sisi koin yang sama. Ia bisa memberikan kebahagiaan sekaligus memberikan penderitaan bagi mereka yang menginginkannya.

Advertisement

Kalau memulai hubungan baru adalah kebahagiaan, maka putus cinta atau ditinggalkan oleh kekasih adalah kebalikannya. Mau bagaimanapun kita mengelak, putus cinta selalu menyakitkan. Para perempuan umumnya lebih ekspresif menunjukan perasaannya saat putus cinta. Sementara cowok yang terkenal kuat dan berhati batu penuh dengan misteri. Meski begitu, cowok juga merasakan sakit hati yang sama saat putus cinta. Sama seperti para cewek, cowok juga punya cara tersendiri untuk melarikan diri dari rasa sakitnya. Salah satu cara paling umum dilakukan adalah bermain gim.

1. Alasan pertama tentunya adalah mengisi waktu luang agar nggak memikirkan kesedihan terus menerus. Sama seperti berolahraga, bermain gim mampu mendistraksi cowok dengan mudah

Bermain gim bisa mendistraksi / Credit: Unsplash @habibdadkhakh

Sama seperti hobi-hobi lain, bermain gim adalah bentuk kegiatan yang bisa mengisi waktu luang para cowok. Dengan perkembangan teknologi zaman sekarang, bermain gim menjadi jauh lebih mudah. Hanya dengan kuota atau WiFi dan gawai, seseorang sudah bisa bermain game dan menghilangkan rasa bosannya.

Salah satu hal yang membuat putus cinta terasa berat adalah kenangan, sakit hati dan memori-memori bahagia selama pacaran. Semua hal tersebut akan terfikirkan saat seseorang berdiam diri tanpa melakukan apapun. Untuk itu, bermain gim bisa menjadi distraksi yang sangat mudah bagi para cowok. Biasanya cowok akan lupa dengan masalah percintaannya saat bermain gim. Hal ini sama dengan saat seorang cowok berolahraga untuk mendistraksi kesedihan ditinggalkan oleh orang yang ia cintai.

Advertisement

2. Bermain gim online yang kompetitif memungkinkan para cowok untuk menyalurkan emosi terpendam yang mereka rasakan pasca putus cinta. Bicara kasar sampai berteriak menjadi salah satu contohnya

Game bisa salurkan emosi / Credit: Unsplash @markdecile

Putus cinta adalah situasi dimana banyak emosi bercampur baur. Perasaan sedih, menyalahkan diri sendiri, penyesalan, kemarahan dan beragam perasaan-perasaan lain seperti bersahutan satu sama lain dalam kepala seorang cowok. Tentu saja perasaan tersebut membuntuhkan wadah untuk dikeluarkan. Pasalnya, jika emosi dipendam sendirian, stress atau bahkan depresi mungkin jadi konsekuensi paling ekstrem.

Bermain gim apalagi gim online yang kompetitif bisa membantu cowok untuk mengeluarkan emosi terpendam tersebut. Tanpa disadari, orang yang bermain gim kerap mengeluarkan kata-kata kasar, berteriak dan merasa emosi jika kalah. Hal ini wajar dan justru bagus untuk mereka yang sedang putus cinta. Biarkan emosi meluap dan keluar dengan deras agar perasaan bisa lega. Daripada jadi marah-marah ke teman, keluarga atau orang-orang lain, mending emosi dan marah ke gim aja. Bener nggak sih?

3. Gim online juga bisa menghilangkan rasa kesepian cowok yang baru saja putus. Gim memungkinkan kita berkumpul dan bermain bersama dengan sahabat-sahabat dekat kita

Gim bisa menjadi tempat quality time para cowok dengan sahabat-sahabatnya / Credit: Unsplash @ralstonhsmith

Advertisement

Meski penyebaran Covid-19 sudah cukup terkendali, namun masih ada sedikit ketakutan bagi kita untuk pergi meninggalkan rumah. Karena hal tersebut, bermain gim secara daring bisa jadi jawabannya. Hari ini banyak sekali tongkrongan cowok yang berpindah ke gim online. Kita bisa menghilangkan rasa kesepian dengan bermain gim bersama teman-teman.

Hal ini juga bisa jadi semacam quality time cowok dengan sahabat-sahabatnya. Dalam gim, tentu mereka nggak hanya fokus bermain. Kadang para cowok saling bercerita, melempar jokes, tertawa bersama sampai membicarakan perempuan-perempuan yang menyakiti mereka. Intinya, gim menjadi sarana seorang cowok untuk menghilangkan rasa kesepiannya.

4. Seorang cowok bisa belajar untuk membuka hati dan menjalin relasi dengan orang baru. Mereka juga bisa mencurahkan isi hati tanpa takut dihakimi atau identitasnya terbongkar

gim online bisa membuka relasi baru / Credit: Unsplash @jeshoots

Selain bisa jadi tempat berkumpul dengan teman, beberapa gim online bisa membantu kita untuk mencari teman-teman baru secara daring. Entah itu teman-teman dari kota yang sama maupun dari kota lain atau bahkan luar negeri. Hal ini tentu membantu seorang cowok untuk kembali terbuka dan memberanikan diri memulai relasi baru.

Saat bermain gim, sangat wajar kalau orang-orang menggunakan identitas samaran atau anonim. Lingkungan anonim itu berguna untuk menjaga privasi kita. Karena dijamin terlindungi, kamu bisa dengan mudah curhat atau mengeluarkan unek-unek perihal percintaan dengan aman terhadap orang asing dalam gim online. Menariknya lagi, para gamer biasanya punya kesamaan dan mereka selalu supportif dan mendengarkan cerita orang yang memiliki masalah. Kamu pernah merasakan?

5. Gim merupakan simulasi kehidupan dan punya banyak pelajaran. Dengan itu, gim bisa menjadi pengobatan mental dan psikologis yang cukup ampuh bagi cowok yang baru putus cinta

Game adalah pengobatan psikologis/Credit: Unsplash @glenncarstenspeters

Terakhir, gim bisa menjadi pengobatan mental dan psikologis yang paling ampuh pasca putus cinta. Lingkungan gamer yang suportif, keterbukaan kita terhadap orang baru dan belajar menerima kemenangan dan kekahalan adalah bentuk pengobatan yang sangat ampuh bagi mereka yang sedang putus cinta.

Meski terlihat sepele dan hanya senang-senang, kenyataannya gim mengajarkan para cowok untuk kuat menghadapi dunia. Yup, gim itu seperti kehidupan. Kita harus berusaha mengeluarkan semua yang kita punya untuk menang. Kita harus berani berkorban demi orang lain, kita harus berani jujur mengatakan hal-hal semenyakitkan apapun. Nggak mengherankan kalau ada banyak cowok yang berhasil move on hanya dengan bermain gim dan menghabiskan waktunya untuk bebenah diri.

Itu dia beberapa alasan kenapa para cowok senang banget bermain gim setelah putus cinta. Gimana menurut kalian SoHip? Apakah kalian pernah melihat teman, atau mencoba bermain gim setelah putus cinta? Bagaimana rasanya? Yuk tulis pengalaman kalian di kolom komentar!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE