4 Alasan Pom Bensin Jadi Tempat Favorit Mangkal Para Penjual Pentol. Berasa Singgasana Mereka~

Pentol adalah sebuah makanan rakyat asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan bakso. Tapi meskipun mirip dengan bakso, bukan berarti pentol adalah bakso. Dilansir dari Kompasiana, alasan kenapa pentol tidak sama dengan bakso selain karena komposisi dagingnya lebih sedikit dibandingkan dengan bakso, terkadang pentol ini terbuat dari 100% tepung kanji. Biasanya pentol ini dijual atau disajikan dengan tambahan menu lain seperti pangsit, kuah, dan tahu yang diiris kecil-kecil.

Advertisement

Di beberapa derah, misalnya di Jogja, pentol juga bisa disebut sebagai ondol-ondol, atau mungkin di daerah Bandung, pentol biasa disebut dengan cilok. Dihargai rata-rata 500 rupiah untuk setiap pentolnya, membuat peminat jajanan satu ini selalu ramai. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, pedagang keliling hingga mall-mall bahkan juga ada yang menjual pentol sebagai jajanan.

Nah, ngomongin tentang pentol nih, kamu sering bertanya-tanya nggak sih tentang fenomena unik kenapa kok di setiap pom bensin di pinggir jalan raya gitu selalu ramai penjual pentol. Apalagi di pom bensin yang besar dan menyediakan tempat istirahat? Coba simak berikut ini!

1. Pom bensin adalah tempat ramai lalu-lalang orang bepergian dengan berbagai tujuan selama 24 jam

Berkah penjual pentol / Credit: Kaskus via www.kaskus.co.id

Tak dapat dimungkiri bahwa pom bensin adalah salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh orang. Apalagi oleh orang-orang yang sedang melakukan perjalanan jauh. Bahkan, faktanya, banyak juga orang yang mampir ke pom bensin bukan untuk mengisi bahan bakar. Ada beberapa yang dari mereka memang datang untuk beristirahat, mampir beribadah, buang air, dan bahkan ada juga yang sengaja berhenti di pom bensin karena ingin sekedar membeli jajanan ini.

Advertisement

2. Jadi tempat favorit para pengendara atau petualang

Istirahat di SPBU / Credit: Kaskus via www.kaskus.co.id

Jika kamu pernah melakukan perjalanan jauh seperti trip antar kota, atau mungkin hendak bepergian, ingin mendaki gunung dan semacamnya. Pasti kamu pernah merasakan bahwa pom bensin adalah tempat yang nyaman. Selain untuk mengisi bensin, kamu juga pasti pernah melakukan hal-hal lain seperti mampir tiduran sambil menunggu teman yang jauh tertinggal di belakang. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para pengendara dan petualang selama perjalanan mereka.

3. Pom bensin selalu menjadi titik poin untuk bertemu. Strategis banget pokoknya!

SPBU sebagai tempat berkumpul / Credit: Metrotvnews via ramadan.metrotvnews.com

Sadar atau tidak, ketika kamu sedang melakukan perjalanan entah itu jauh atau dekat, apalagi beramai-ramai, pom bensin sering dijadikan sebagai tempat bertemu sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Tak hanya itu, pom bensin juga terkadang sering dipakai untuk mengecek kondisi satu sama lain dan lain sebagainya. Hal itu tentu saja karena tempatnya yang besar, mudah juga untuk dijadikan sebagai tanda patokan untuk bertemu dibandingkan tempat-tempat lain. Intinya pom bensin ini adalah tempat yang strategis banget.

4. Sebagai penghibur sambil nunggu antrean beli bensin. Penjual pentol adalah oase di tengah padang pasir~

Antri pom bensin / Credit: Akurat via akurat.co

Advertisement

Kamu pasti pernah kan, bosan ketika nungguin giliran waktu beli bensin? Apalagi jika kamu sebagai orang yang membonceng, itu pasti bakalan bikin bosen banget. Nah, biasanya jika antrean sedang lumayan panjang, banyak orang yang menunggunya sambil beli pentol. Selain murah, cepat untuk dimakan, tentunya bisa buat ganjal perut, praktis banget!

Udah terjawab kan, kenapa di pom bensin banyak penjual pentol? Kalau di tempat kamu biasanya jajanan ini sering disebut apa?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE