Menguak Alasan Perempuan Asia Suka Berkacak Pinggang Kalau Lagi Masak. Ibumu Sering Begini Nggak?

Perempuan Asia masak

Berkecimpung dengan urusan dapur memang menjadi salah satu aktivitas di rumah yang digemari dan dilakukan oleh banyak orang baik laki-laki maupun perempuan, meski pada faktanya memang lebih banyak dari kaum perempuan. Orang-orang yang lagi berkutat dengan urusan masak-memasak di dapur punya kebiasaan dan tingkah uniknya sendiri-sendiri. Begitu pula dengan kaum perempuan yang ada di Indonesia, termasuk di Indonesia. Kalau kamu perhatikan, setiap kali perempuan Asia memasak, pasti mereka sambil petentengan (berkacak pinggang), karena memang begitulah gaya khasnya.

Advertisement

Kalau nggak percaya, coba deh sesekali kamu amati sendiri bagaimana momen-momen ibumu saat lagi masak. Entah itu lagi menggoreng makanan, nungguin masakan mateng, atau bahkan saat bengong, selalu ada aja waktu buat berkacak pinggang. Unik banget sih memang, dan kayaknya yang kelakuannya begini pun juga cuma terjadi pada kaum perempuan Asia lo! Pasti banyak dari kita yang merasa relate karena sering banget melihat fenomena tersebut. Hmmm, mungkin karena ini sih alasannya.

Uniknya, kayaknya cuma perempuan Asia aja yang suka begini. Negara lagi pada biasa-biasa aja kalau lagi masak. Barangkali memang jadi identitas tersendiri sih, ya~

Kalau gayanya biasa aja kayak gini udah pasti bukan orang Asia / Credit: Greatist via greatist.com

Nggak dimungkiri lagi bahwa fenomena kocak yang satu ini kemungkinan besar cuma terjadi di Asia aja, dan Indonesia pun juga termasuk yang paling banyak ditemukan hal-hal semacam ini. Padahal, kalau dilihat-lihat pun juga negara-negara lain di luar Asia juga jarang kok yang kalau masak sambil petentengan kayak gitu. Bukannya gimana-gimana, cuma tetep aja hal ini mengundang perhatian dan pertanyaan tersendiri, kira-kira kenapa gitu lo, kok bisa-bisanya punya gaya khas begitu. Barangkali nih, gaya petentengan saat lagi masak di dapur itu bisa jadi identitas tersendiri bagi kaum perempuan Asia untuk dikenali di manca negara lo. Bayangin aja, kalau misalnya kamu lagi berkelana di belahan dunia lain, terus mampir ke tempat asing dan beli makanan, kemudian lihat orang yang memasak sambil melakukan hal tersebut, pasti langsung paham kalau orang tersebut adalah orang Asia. Langsung deh tuh, auto nyambung tanpa basa-basi cuma karena lihat gaya petentengannya aja. Cuma perempuan Asia yang bisa begini 😀

Katanya sih nyaman, bikin rileks, dan santai. Selain itu, gestur tersebut juga menunjukkan kalau mereka paling berkuasa di dapur

Gaya khas perempuan Asia saat masak / Credit: Twitter Tanyainrl via twitter.com

Alasan yang satu ini kalau dipikir-pikir lagi sebenarnya juga masuk akal banget lo. Posisi petentengan alias berkacak pinggang itu memang selalu bikin nyaman, rileks, santai, dan terlihat cool alias keren, apalagi saat lagi memasak. Mungkin kalau gaya khas yang satu ini nggak dilakukan ketika masak, bisa jadi bakal kelihatan kaku banget kalau dilihat orang lain. Padahal kalau lagi masak itu kan butuh kenyamanan yang tinggi biar hasil masakannya juga enak. Lucunya lagi, gaya tersebut juga mungkin dilakukan sebagai pertanda bahwa mereka adalah pihak yang paling berkuasa di dapur. Itu tandanya, kamu nggak boleh ambil benda-benda peralatan dapur atau apapun itu yang berada di sana tanpa izin, apalagi sampai dibawa ke luar dapur. Kalau cuma toples-toples biasa mah nggakpapa, tapi kalau panci alumunium mahal atau koleksi Tupperware ya siap-siap aja kena batunya.

Advertisement

Tapi ada juga yang tingkahnya lebih aneh, kayak misalnya naik dan duduk ke deket kompor. Nggak paham apa motivasinya, tapi memang perempuan Asia kalau masak suka begini juga 🙁

Nggak kalah kocak / Credit: Twitter Sarcastichorn via twitter.com

Sebenernya tingkah unik perempuan Asia saat lagi masak itu nggak cuma sekedar petentengan kayak gini lo, ada pula yang lebih absurd kayak misalnya naik dan duduk di deket kompor gas dan semacamnya. Nggak bisa apa ya, kalau masaknya sambil berdiri anteng, kalem, nggak kebanyakan tingkah alias biasa-biasa aja gitu? Tapi mau gimana lagi sih, namanya masak itu juga butuh gaya dan konsentrasi sendiri-sendiri. Setiap orang pun juga nggak bisa disamakan, ibumu pun mungkin juga punya tingkah uniknya sendiri kalau lagi di dapur.

Coba deh, kalau sewaktu-waktu kamu melihat orang rumahmu lagi masak sambil melakukan gaya kocak tersebut, langsung aja ditanyain, “Memangnya kalau masak nggak sambil petentengan kayak gitu bikin masakannya jadi nggak enak apa gimana sih?”. Habisnya bikin penasaran banget, hadeeehh!

52oR9e.md.jpg
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE