Media sosial di Indonesia bukan hanya berfungsi sebagai sarana eksistensi diri dan berkomunikasi. Lebih dari itu, banyak yang menganggapnya sebagai sebuah arena. Nggak jarang, kan, kita menyaksikan keributan, saling mengatai, saling tuduh, bahkan beberapa berakhir di meja hijau hanya akibat jari-jari mengetikkan komentar di media sosial.

Jelang berakhirnya tahun, Hipwee Hiburan bakal ngajak kamu napak tilas tentang keadaan media sosial kita setahun belakangan. Mulai dari keributan, hingga cerita dari utas menarik di Twitter, bisa dijadikan sebuah cerminan sejauh apa media sosial sudah mempengaruhi dunia hiburan kita. Simak deretan kilas balik Twitter berikut!

1. Kasus skandal yang dialami oleh seorang selebtweet ini sempat membuat geger dan menciptakan trending dengan tagar #chatime. Hmm, kamu yang mengikuti pasti tahu, ya, kenapa …

Advertisement

Masih hangat-hangatnya, beberapa warganet bahkan masih memperdebatkan kasus ini. Drama ini terjadi karena sebuah utas yang kini sudah dihapus, yang menceritakan tentang seorang fans dan idolanya. Fans mengaku merasa ditinggalkan setelah dia berhubungan badan dengan sang idola. Tapi akhirnya, ada klarifikasi dari sang idola kok.

2. Seorang warganet tiba-tiba menyalahkan selebtweet dan jadi bulan-bulanan warganet karena sikapnya yang menjengkelkan. Meski kena sleding kanan-kiri, ternyata dia bertahan lo!

Advertisement

Entah apa yang dipikiran warganet satu ini, cuitannya banyak banget yang bernada merendahkan selebtweet dan menyebut dirinya sendiri sebagai ‘Bibit Unggul’. Banyak warganet lain yang kemudian menyerang balik dan menganggapnya panjat sosial. Tapi meski dapat banyak serangan dan rundungan, warganet tersebut kayaknya tetap bertahan dengan pendapatnya.

3. Entah kenapa, topik tentang hubungan gelap seorang cewek dengan bapak-bapak muda yang punya banyak uang juga pernah jadi sorotan. Waduh, jangan ditiru!

Topik tentang sugar daddy banyak dibicarakan setelah utas-utas tentang hubungan gelap remaja dengan sugar daddy diceritakan dalam utas-utas dan viral. Bahkan, topik disewa papah muda ini nggak hanya ramai di Twitter, tapi juga jadi pembahasan umum.

4. Beredar tangkapan layar yang berisi dilema utang-piutang di akun anonim. Yang mau utang lebih galak dan menggemaskan banget~

Soal utang, hmm, semua orang mungkin punya uneg-uneg dan kegeraman tersendiri. Utas yang memperlihatkan bagaimana dua orang sahabat saling berutang ini bikin geregetan. Sahabat yang minta pinjaman uang buat menikah justru kelihatan lebih galak dan memaksa daripada yang mau memberi utang. Parah deh!

5. Utas 17+ yang mengungkap kesalahan-kesalahan remaja di masa SMA ini memang bikin merinding. Duh, perlu prihatin dan banyak belajar dari sini

Sebuah utas yang menceritakan kisah Dimas dan Afis yang terjebak pada homoseksual ini bikin banyak warganet melongo. Selain karena ceritanya yang detail, pesan moralnya juga sangat dekat dengan dunia remaja. Biar ini nggak terjadi, kita bisa mencegahnya dari sekarang, jangan minum-minum, ya!

6. Lagi-lagi soal skandal fans dengan idola. Kali ini diceritakan dengan tajuk Sasa-Zoe

Meski utasnya cukup panjang, namun warganet ternyata punya minat baca yang tinggi terkain skandal. Thread Sasa-Zoe adalah salah satu yang terkenal dan banyak banget dibicarakan. Bedanya skandal kali ini terbungkus begitu rapi dan nggak ketahuan siapa pelaku dan pembuat utasnya.

7. Nggak lengkap kalau nggak memasukkan salah satu utas horor terbaik tahun ini. Hati-hati jangan baca sendirian~

Utas ini menceritakan seorang tour guide yang menyaksikan bagaimana tamu yang dia antarkan berkemah di Gunung Salak berubah jadi pocong. Nggak hanya itu, warga satu desa juga terlibat dengan upaya penangkapan pocong tersebut. Hiiii~

8. Topik soal orang kaya juga selalu menarik perhatian warganet Twitter yang terkenal dengan sebutan sobat misqueeen. Ya, pasti silau gitu bacanya~

Munculnya film Crazy Rich Asian nggak hanya bikin baper orang-orang, tapi juga bikin topik tentang orang kaya populer di media sosial. Banyak bermunculan tagar seperti #CrazyRichIndonesian hingga #CrazyRichSurabayan dan semuanya menarik. Bikin sobat misqueen yang hidup pas-pasan nggak mampu berkata apa-apa lagi, hingga mereka bikin #CrazyRichKosan. Hmmm, yang penting jalani kehidupan dengan ikhlas dan selalu bersyukur, niscaya kita adalah orang yang paling berkecukupan, kan?

9. Sempat juga ada yang perang komentar gara-gara unggahan peringatan BMKG. Hmm, tapi saling merundung nggak baik, ya, orangnya bisa bunuh diri online lo!

Bencana gempa memang sering menimpa negara kita yang berada di lingkaran cincin api. BMKG sebagai badan yang juga turut memantau bencana dan peringatan dini tsunami sering memberikan info seputar gempa. Sayangnya, ada juga orang yang nggak puas dengan kinerja BMKG dan ingin mendapat peringatan gempa jauh sebelum itu terjadi. Akibat komentarnya yang cenderung maksa ke BMKG, banyak warganet yang kemudian menganggap kalau komentarnya nggak beralasan dan terlalu mengada-ada.

10. Terakhir, perdebatan tentang pemboikotan Blackpink jadi pembahasan yang sengit di banyak media sosial. Termasuk di Twitter, rameee!

Masih segar di ingatan kita kalau ada sekolompok orang yang menganggap iklan Blackpink yang tampil di televisi itu kurang pantas, lalu membuat petisi dan mengusulkan pemboikotan. Sebagian lainnya justru beranggapan kalau tindakan pembikotan itu cenderung berlebihan karena iklan tersebut nggak dianggap provokatif. Perdebatan ini berlangsung cukup lama di Twitter. Tapi yang perlu diingat, meski berbeda pendapat, namun harus menghargai satu sama lain, ya. Kalau perdebatannya sudah mentok, nggak perlu dipaksain deh.

Terlepas dari berbagai kontroversi, kisah, dan kekonyolan yang sempat jadi pembahasan seru di Twitter, tentu kita harusnya bisa ambil pelajaran dari semua yang sudah terjadi. Terlibat perang komentar sesekali memang nggak masalah, tapi pastikan lagi jangan terlalu baper dan emosi. Takutnya nanti menguras hari dan pikiran. Media sosial memang susah banget ditaklukan, tapi setidaknya kamu perlu memaklumi kalau keadaannya memang agak kacau. Semoga di 2019 kontroversinya makin berbobot lagi, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya