6 Rekomendasi Film Jepang Slice of Life yang Mengajarkan Berdamai dengan Keadaan

Buat kamu yang suka film atau drama dengan cerita yang dalam dan biasanya memiliki pesan-pesan yang cukup berbobot tentang kehidupan, tontonan bergenre slice of life bisa menjadi pilihan. Beberapa tahun terakhir film-film slice of life memang sangat populer hingga saat ini. Sesuai namanya, slice of life berarti potongan kehidupan yang biasanya menjadi latar cerita.

Advertisement

Biasanya, tontonan slice of life banyak digunakan pada serial atau drama Korea. Namun, film-film Jepang bergenre slice of life juga nggak kalah bagus dan layak ditonton, lo. Berikut ini, Hipwee kasih rekomendasi film Jepang slice of life yang bisa mengajarkan kita berdamai dengan keadaan. Wah, dalam banget nggak tuh~

1. Our Little Sister, empat kakak beradik yang harus tinggal bersama tanpa orang tua dengan segala gejolak batin masing-masing

rekomendasi film jepang slice of life

Our Little Sister | Gambar dari imdb

Film keluarga ini menceritakan tiga orang kakak beradik kandung yang memilih tinggal di rumah warisan sang nenek setelah kedua orang tua mereka becerai. Suatu ketika, sang ayah meninggal dan mereka bertemu dengan adik tiri perempuan yang kemudian diajak tinggal bersama.

Keempatnya tampak hidup rukun, tapi masing-masing memiliki masalah dan gejolak batin sendiri yang nggak bisa diungkapkan pada siapa pun. Cara mereka berdamai dengan keadaan dan menjalani rutinitas bersama akan memberikan pesan yang cukup menyentuh dengan dibungkus apik dalam film ini.

Advertisement

2. Series Little Forest, perjuangan menghidupi diri sendiri di tengah hutan sembari berdamai dengan keadaan

rekomendasi film jepang slice of life

Little Forest: Summer/Autumn dan Little Forest: Winter/Spring | Gambar dari imdb

Little Forest terdiri dari dua film yang menceritakan dua musim yang berbeda, namun tokohnya tetap sama yakni Ichiko. Little Forest: Summer/Autumn dan Little Forest: Winter/Spring jadi film slice of life yang cukup menyentuh, dengan melihat Ichiko menjalani hari-harinya sepanjang musim dengan berjuang hidup sendirian.

Di balik perjuangan itu, Ichiko menyimpan luka masa lalu karena ditinggal pergi sang ibu dan mendapat perundungan di sekolah. Hal ini membuatnya menjadi pribadi keras kepala, dan memegang teguh harga diri. Namun, di balik sikap tangguhnya, Ichiko sering merasa lelah dan sangat terbebani.

3. One Million Yen Girl, perjuangan gadis yang diterpa masalah di lingkungan sosial dan keluarga

rekomendasi film jepang slice of life

One Million Yen Girl | Gambar dari imdb

Advertisement

Film ini memiliki cerita yang cukup mengaduk-aduk perasaan. Mengisahkan seorang perempuan muda yang ditimpa gosip miring di lingkungannya dan konflik keluarga. Ia memutuskan pindah ke tempat asing supaya nggak ada yang mengenalinya.

Ia bekerja keras untuk mengumpulkan uang satu juta yen, kemudian pindah ke daerah lain untuk mengumpulkan satu juta yen berikutnya dan begitulah seterusnya. Banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari film ini, selain berdamai dengan keadaan, ada juga keyakinan dan kerja keras dalam menjalani hidup.

4. Rentaneko (Rent a Cat), belajar berdamai dengan kesepian dari seorang penyewa kucing

rekomendasi film jepang slice of life

Rentaneko (Rent a Cat) | Gambar dari imdb

Film ini menceritakan pekerjaan yang tidak biasa dari seorang perempuan, yakni menyewakan kucing. Bukan tanpa alasan, kucing-kucing peliharaannya itu disewakan untuk mengatasi rasa kesepian para pelanggannya. Si perempuan juga bisa memberi saran kucing mana yang cocok dengan kepribadian penyewa.

Film ini menampilkan banyak karakter penyewa yang berjuang mengatasi rasa kesepian dalam hidup. Jika kamu juga sedang merasa kesepian, film ini cukup menghibur dan memberikan pelajaran bahwa kamu nggak sendirian.

5. The-8 Years Engagement, kisah romantis sepasang kekasih yang harus menghadapi kenyataan salah satunya sakit parah

rekomendasi film jepang slice of life

The-8 Years Engagement | Gambar dari imdb

Film romantis dengan sentuhan slice of life ini menceritakan ketulusan seorang kekasih pada pasangannya. Mereka sedang menyiapkan pernikahan setelah cukup lama menjalin hubungan. Namun, suatu ketika si perempuan divonis mengidap penyakit langka hingga koma selama setahun.

Ujian berat tentu harus dihadapi keduanya saat si perempuan bangun dari koma tapi nggak bisa melakukan apa pun. Ia harus belajar bicara, makan, menulis, dan berjalan. Di sinilah perjuangan ketulusan si pria untuk berdamai dengan keadaan dan ketulusannya dalam menemani sang kekasih membuat penonton ikut terharu.

6. Her Love Boils Bathwater, perjuangan seorang single parent yang tangguh menghadapi cobaan hidup

rekomendasi film jepang slice of life

Her Love Boils Bathwater | Gambar dari imdb

Soal berdamai dengan keadaan bisa kamu pelajari juga dari Sachino, seorang ibu dan orang tua tunggal untuk anaknya. Film ini menceritakan perjuangan Sachino menjalankan bisnis pemandian, mempersatukan keluarga, dan membantu anaknya melawan perundungan di sekolah.

Sesekali Sachino memang kesulitan menjalani hidupnya, tapi ia berusaha tangguh dan tegar. Kamu juga bisa belajar dari pertumbuhan karakter tiap tokoh yang sebenarnya sama-sama berjuang menghadapi masalah hidupnya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi film Jepang slice of life yang siap menghibur sekaligus memberikan pesan moral yang cukup dalam, terutama soal berdamai dengan keadaan. Film-film tersebut bisa ditonton melalui beberapa platfom streaming online ya. Siap-siap perasaanmu akan diaduk-aduk saat menonton film-film ini!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE