Merujuk pada penelitian dari psikolog bernama Bertram Forer, salah satu alasan kebanyakan orang percaya zodiak adalah karena kita cenderung mempercayai hasil-hasil ramalan yang bernada positif. Namanya manusia memang selalu senang mendengar hal-hal positif tentang dirinya ketimbang yang bernada negatif. Itulah kenapa kebanyakan ramalan atau ulasan zodiak mengobral pernyataan-pernyataan yang akan membuat pembacanya merasa unik dan punya banyak kelebihan.

Masalahnya, kita harus adil sejak dalam pikiran. Dalam rangka campaign #kononkatanya, Hipweeingin menguji kecil-kecilan teori Forer di atas dengan membuat seri #GanyangZodiakmu. Saya akan menjelma orang paling jujur dengan lidah paling pedas sedunia, mengungkap sisi negatif dari tiap-tiap zodiak. Kita lihat seberapa batinmu tahan mendengarnya. Sebagian dari kamu mungkin akan muak dan tidak lagi percaya zodiak, ya ndak apa-apa. Untuk yang tetap percaya, mudah-mudahan bisa jadi bahan introspeksi diri.

Advertisement

Sudah separuh zodiak diulas (cek di sini), kali ini kita sampai di Aquarius (Januari 20 – Februari 18). Zodiak satu ini penting nggak penting. Mereka mendapat julukan sebagai aliennya zodiak gara-gara berkelakuan paling ‘aneh’ dan ‘nyentrik’. Harusnya menarik nih dibahas, harusnya sih…

1.Aquarius dikenal dingin, datar, dan seakan tak punya emosi. Ini manusia atau keramik? 

aquarius via me.me

Saat Tuhan bagi-bagi emosi, sepertinya Aquarius hanya dapat sisaan endap-endapannya, karena terlanjur tumpah banyak di Cancer.

Ketidakpekaan terhadap perasaan orang lain membuat Aquarius sering terkesan egois. Itulah kenapa curhat paling tak berfaedah adalah curhat dengan Aquarius. Kemungkinan pertama, mereka hanya akan terbisu, kadang pasang ekspresi sok tertarik yang canggung, dan akhirnya hanya keluar kata-kata standar,”yang sabar ya” atau “yah, namanya juga hidup”.

Advertisement

Kemungkinan kedua, kalaupun si Aquarius ini banyak bicara, seringkali mereka akan mengeluarkan obrolan-obrolan berat yang hubungan antar permasalahannya sungguh LDR. Mereka akan menanggapi masalah cinta beda agama dengan teologi dan sejarah Zoroaster.

2.Semua orang tak ingin terlihat bodoh, tapi Aquarius selalu berusaha tampak seperti cendekiawan

aquarius via ruinmyweek.com

Aquarius adalah zodiak yang paling mewakili para pemikir ide-ide besar. Mereka suka berpikir secara konseptual dan cenderung menikmati pekerjaan yang mengandalkan kreativitas, atau kemajuan teknologi. Siapa kira ini bisa mengesalkan?

Beberapa zodiak lain mahsyur akan kepala batunya, (Taurus misalnya), tapi Aquarius tidak mau kalah karena ia ingin melindungi status intelektualnya. Mengingat mereka cekak perasaan, maka yang paling berharga adalah akal. Harga diri mereka diletakkan di sana.

Nah, sebagian Aquarius berusaha terlalu keras untuk itu hingga membuat mereka tampak sok pintar. Dan seringkali tak pada tempatnya. Mereka suka mengumbar istilah-istilah berat untuk obrolan sekelas meja makan. Bayangkan kalian sedang sarapan lontong sayur sambil disuapi kosakata-kosakata seperti, “politik fiskal”, “dialektika Hegel”, “hermeunetika diktatis”, “estetika konstruktif”, “manifes kebudayaan” dan lain-lain. Padahal kalian paling mentok cuma paham bedanya manicure dan pedicure.

3. Selain itu, mereka selalu berhasrat melanggar aturan untuk menyandang status “indie” dan “rebel”  

aquarius via www.buzzfeed.com

Ketika mendengar sebuah aturan baru, yang pertama menyeruak di kepala Aquarius adalah “bagaimana jika aku tidak mengikuti itu?”

Mungkin kamu punya sosok teman yang entah kenapa selalu ingin jadi minoritas. Kalau yang lain bilang “A”, ia akan melakukan “B”. Dalam suatu acara, yang lain pakai kemeja rapi, ia datang pakai kaus oblong sambil bernyanyi, “Silahkan hina ku sepuasnya. Kalian semua suci aku penuh dosa ~”. Giliran yang lain berdandan kasual, ia datang memakai baju zirah, eh ya nggak juga sih, lebay maaf.

Aquarius punya naluri sebadung itu. Mereka ingin melawan arus utama. Aquarius memang tidak suka rutinitas dan sesuatu yang konstan. Mereka pun jemu dengan standarisasi, karena bagi mereka dunia itu punya kemungkinan yang tidak terbatas.

Makanya, kaum Aquarius biasanya bandel, dan sulit berdamai dengan nilai-nilai konservatif (ala Taurus dan Capricorn). Yah, nggak apa-apa sih, nakal boleh bodoh jangan. Tapi bayangkan jika 1/12 orang di Indonesia tidak mau ikut aturan.

4. Kelakuan Aquarius tidak bisa ditebak (dan ini bukan pujian)

aquarius via ruinmyweek.com

“Aku pengen pacaran, bukan pengen main togel” – suara hati kekasih Aquarius.

Kadang-kadang punya pasangan yang tidak bisa ditebak itu seru dan berkesan. Penuh kejutan. Tapi yakinlah, banyak momen-momen di mana kamu berharap semuanya berjalan sebagaimana mestinya dan lumrah-lumrah saja.

Tidak bisa ditebak bukan cuma “mengejutkan”, tapi juga “merusak” ekspektasi dan rencana. Padahal hidup kita tersusun dari satu rencana ke rencana lain. Kian matang sebuah hubungan, rencana-rencana itu kian berantai, ambil contoh bagaimana hubungan serius menuju pernikahan harus melewati beragam rencana: menabung, menentukan jadwal ini dan itu, menentukan konsep pernikahan, belum lagi masalah komitmen dan pendewasaan.

Sementara Aquarius bisa saja tiba-tiba membeli drone dengan uang tabungan yang ditujukan untuk membayar katering, atau memutuskan untuk fokus lanjut S3 ke luar negeri di saat pasangannya sudah mendata tamu undangan.

Di luar konteks romantika, sama rumitnya. Aquarius sulit bekerja bersama rutinitas dan deadline. Agenda adalah hal yang serasa mencekiknya. Alhasil, hidup Aquarius cenderung tidak teratur, dan kesehatan biasanya jadi salah satu korban utama mereka.

5. Kenapa Aquarius disebut sebagai “alien”-nya zodiak? Simpel, karena mereka aneh dan kita sering tidak paham dengan apa yang mereka bicarakan –

aquarius via me.me

Konon katanya, Aquarius bisa melihat apa yang tidak kita lihat. Bukan, bukan berbakat jadi paranormal. Tapi pola berpikir mereka yang ganjil membuat mereka bisa memikirkan sesuatu yang tidak terpikirkan oleh yang lain.

Tatkala mereka tak sok pintar pun, pada dasarnya Aquarius memang berjiwa eksentrik. Zodiaknya para hipster. Mereka berminat pada hal-hal yang tidak populer.

Seumpama mereka penggemar musik, biasanya adalah tipe yang mengulik lagu-lagu indie Bulgaria yang bahkan tak merilis lagunya di Spotify.

Seumpama mereka penggemar film, mereka akan menceritakan betapa bagusnya film-film pendek eksperimental yang isinya hanya menyoroti tikus mati selama sembilan menit.

Sementara jika mereka penggemar patung, maka mereka…. duh, ini aja udah aneh sih ~

Oiya, Aquarius juga terpikat pada teori-teori konspirasi, Illuminati, versi-versi alternatif soal Holocaust, jenis kelamin Lucinta Luna, pendaratan manusia di bulan, dan lain-lain. Makanya Aquarius juga harusnya adalah zodiak yang paling percaya zodiak.

Karenanya, tak sembarang orang bisa cocok dengan gaya hidup Aquarius ini. Andai kata para perwakilan zodiak berkumpul lalu musyawarah memutuskan satu zodiak yang harus didepak atau dihapus, kita tahu mulai dari mana 🙂

6.  Di antara celotehan Aquarius yang sering absurd, terselip pula ucapan-ucapan bersifat sarkasme 

aquarius via www.buzzfeed.com

Iyes, Aquarius dan Sagittarius adalah dua pemilik lidah paling dihindari di muka bumi. Bila Sagittarius lebih pada kejujuran yang menyakitkan, Aquarius punya lidah yang bermajas.

Sarkasme dalam kamus Merriam-Webster berarti “ungkapan tajam dan sering satir disengaja untuk menyakiti seseorang”. Misalnya, “Maaf lho, bilang kamu bodoh. Lha, kukira kamu sudah tahu..” atau “aku tidak menghinamu, aku hanya mendeskripsikanmu…”

Kadang-kadang itu menghasilkan lelucon yang lucu. Tapi karena Aquarius sendiri tak akrab dengan emosi, mereka tak tahu batas.

Jika pun tahu, mungkin mereka tak peduli juga.

7.Aquarius selalu merasa diri mereka unik dan satu-satunya di dunia

Kalaupun memang zodiak benar adanya, seorang Aquarius rata-rata adalah satu dari tiap dua belas orang. Apanya yang unik sih?

Mau tahu bagaimana zodiak-zodiak lainnya diganyang dan kena cibir juga? Cek di sini!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya