Meski Sering Dibilang Aplikasi Nggak Jelas, ini 5 Alasan Kenapa TikTok Nggak Perlu Diblokir!

TikTok nggak perlu diblokir

TikTok sebagai salah satu aplikasi dan media sosial yang kini ngetren banget di berbagai kalangan masyarakat di Indonesia dari dulu hingga sekarang nggak pernah terlepas dari pro dan kontranya. Pada awal boomingnya aplikasi yang satu ini, TikTok dianggap sebagai platform gagal, nggak jelas, hingga disebut sebagai tempat berkumpulnya orang-orang alay. Bahkan, pada bulan Januari lalu pun pro dan kontra ini semakin mencuat setelah KAMI (Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia) mendesak pemerintah untuk memblokir aplikasi ini dengan alasan mengancam perkembangan budaya Indonesia.

Advertisement

Selain itu, TikTok juga dinilai terlalu banyak membawa dampak buruk dan negatif bagi masyarakat Indonesia luas. Meski sebenarnya hal-hal tersebut juga banyak dirasakan dari berbagai macam media sosial lainnya, namun kayaknya sentimen beberapa pihak terhadap TikTok ini memang lebih tinggi. Sebenarnya mau bermanfaat atau tidaknya suatu aplikasi itu juga tergantung dari pemakainya sendiri lo. Berikut adalah alasan kenapa TikTok nggak perlu diblokir.

1. Banyak konten kreatif yang sebelumnya nggak ditemukan di media sosial lainnya

Ilustrasi konten di TikTok / Credit: Medium via medium.com

Diakui atau nggak, di TikTok itu kita bisa dengan mudah menemukan konten-konten kreatif yang mungkin sebelumnya sama sekali belum pernah ada di media sosial lainnya. Ibaratnya nih, penduduk Instagram terkenal dengan hobinya yang suka pamer, warganet Twitter terkenal dengan nyinyirnya, Facebook terkenal karena masih banyaknya hal-hal random yang ada di sana, dan TikTok ini juga terkenal dengan konten-kontennya yang unik. Nggak percaya? Coba scrolling sendiri deh~

Advertisement

2. Bahkan, kita juga sering banget dapat pengetahuan baru dari sana

Konten skincare / Credit: Lifestyleasia via www.lifestyleasia.com

Selain karena konten-kontennya yang begitu unik, di TikTok kita juga bisa mendapat banyak pengetahuan dalam berbagai hal. Mulai dari tips kehidupan, lifehack, agama, pendidikan, hingga pengetahuan umum lainnya. Sering banget lo para pengguna TikTok itu membahas hal-hal yang acak, tapi berguna banget untuk diketahui.

3. Warganet di TikTok nggak terkotak kotak kayak warganet lainnya~

Ilustrasi pengguna TikTok / Credit: Inc via www.inc.com

Banyak para pengguna media sosial yang nggak begitu menyadari tentang hal yang satu ini. Jika di Twitter kita bisa menemukan circle-circle orang tertentu, di Instagram bisa juga kita temukan kumpulan para selebgram, di TikTok ini rasanya beda banget. Alih-alih punya circle pengguna tersendiri, warganet TikTok ini jauh lebih beragam dan terkesan lebih bisa menjadi satu. Meski nggak semua begitu, tapi jika dibandingkan dengan media sosial lainnya tetap masih jauh kok.

4. Segala hal yang berbau unik lebih cepet viralnya, bahkan sampai tersebar luas di media sosial lainnya

Dulu, TikTok boleh aja dikatakan sebagai media sosial dan aplikasi yang nggak jelas, tapi pernyataan tersebut kalau dikatakan saat ini sepertinya nggak cocok sih. Pasalnya, sekarang banyak banget konten-konten dari TikTok yang akhirnya juga viral di media sosial lainnya seperti Twitter, Instagram, hingga Facebook. Apalagi terkait dengan konten yang unik, menarik, dan khas ala TikTok banget.

5. Lagian kalau alasannya banyak hal negatif, itu mah tergantung dari apa yang sering kita lihat. Algoritma nggak bisa bohong, Gaes~ 🙂

Polemik TikTok / Credit: Sirclo via www.sirclo.com

Sebagian orang geregetan banget pengin pemerintah Indonesia segera memblokir akses TikTok karena dalihnya banyak konten negatif bertebaran. Padahal, konten-konten tersebut munculnya bukan tanpa alasan lo. Biasanya sih rekomendasi yang nongol itu berdasarkan dengan apa yang sering kita lihat. Kalau seringnya nonton yang aneh-aneh, jelas aja yang muncul konten-konten yang semacam itu. Makanya, TikTok selain dipakai buat cari hiburan, dipakai juga buat hal-hal yang bermanfaat dong!

Nah, sekarang daripada nyinyirin TikTok sebagai aplikasi yang nggak jelas, mending dilihat dulu, banyakan mana konten-konten unik dan menariknya dibandingkan dengan konten yang nggak jelas. Ingat, saat ini ada banyak orang juga yang dapat rezekinya dari TikTok lo!

Ikuti Instagram @wolesjon, biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE