5 Tipikal Jenis Pengunjung Perpustakaan, Kamu Paling Sering Ketemu yang Mana?

Tipikal pengunjung perpustakaan

Perpustakaan selalu identik dengan buku, namun nyatanya banyak hal yang bisa kita lakukan di sana. Beberapa perpustakaan memiliki beragam fasilitas yang bisa digunakan untuk pengunjungnya. Nggak selalu muluk-muluk, sesimpel Wi-Fi kencang dan kamar mandi bersih saja sudah bisa membuat pengunjung betah untuk berlama-lama.

Advertisement

Pengunjung yang kebanyakan pelajar dan mahasiswa pastinya akan semakin betah apabila fasilitas semakin lengkap. Kini ke perpustakaan nggak hanya sekedar berniat baca buku, tapi semua itu sah-sah saja, selama nggak mengganggu orang lain. Nah, berikut ini ada jenis-jenis pengunjung perpustakaan yang pastinya sering banget kamu temui. Kalau kamu kira-kira sering bertemu dengan yang mana?

1. Si normal yang menuju ke perpustakaan sesuai dengan stereotype tujuan perpustakaan dibangun. Baca, pinjam, lalu pulang~

Baca, Pinjam, Pulang/ Credit: Pexels by Yan Krukov

Katakanlah seorang pelajar atau para mahasiswa yang perlu buku referensi untuk menyelesaikan tugasnya bisa termasuk dalam kategori ini. Demi tugas yang sempurna mereka rela mencari buku referensi yang bagus, walaupun kadang hanya berakhir dikutip satu kalimat saja dari dalam buku. Mereka ini tipe yang tetap akan mengusahakan yang terbaik untuk tugas-tugasnya.

Namun tak hanya itu, terkadang ada tipe normal lain yang memang berniat untuk mencari-cari sumber bacaan tanpa niat tertentu. Tipe ini bisa dibilang sangat mencintai buku, baginya buku merupakan healing dari penatnya hidup.

Advertisement

2. Fakir internet, mereka biasanya mengincar Wi-Fi kencang di perpustakaan

Mumpung ada Wi-Fi / Credit: Unsplash photo by Edwin Tan

Namanya juga internet, kini seolah menjadi kebutuhan pokok bersamaan dengan sandang, papan, pangan. Karena saking pentingnya, banyak pula pengunjung yang datang ke perpustakaan demi Wi-Fi yang lancar. Mereka biasanya datang dengan seperangkat laptop maupun gadget lain untuk menunjang aksinya.

Si pencari Wi-Fi ini bisa melakukan berbagai kegiatan seperti main game atau hal lain yang membutuhkan internet. Kalau niat banget, mereka biasanya sudah menulis apa-apa saja yang mau dilakukan dan diunduh. Pokoknya well prepared banget deh.

3. Di kamar ngantuk, di kafe nggak bisa konsentrasi. Perpustakaan cocok banget buat si pencari suasana tenang dan kondusif untuk nugas

Advertisement

Mengerjakan tugas / Credit: Pexels Photo by Christina Morillo

Siapa nih yang biasanya seperti ini? Nugas di mana-mana ada aja alasannya, di kamar ketiduran begitu keluar malah nggak bisa konsentrasi. Bagi yang sering seperti itu, perpustakaan merupakan tempat yang nyaman dan pas buat kamu mengerjakan tugas.

Banyak orang dengan urusannya masing-masing membuatmu merasa termotivasi untuk menyelesaikan urusanmu juga. Konsentrasi akan terus terjaga karena di perpustakaan memang biasanya tidak boleh ramai-ramai dan menganggu orang lain.

4. Numpang istirahat dan ngadem, bahkan sampai ada yang ketiduran

Tidur / Credit: Pexels Photo by Yaroslav Shuraev

Ini biasanya terjadi pada perpustakaan yang ada AC-nya. Beberapa pengunjung, biasanya mahasiswa, akan menggunakan perpustakaan sebagai tempat singgah sebelum kelas selanjutnya. Karena terlalu terbawa suasana, nggak jarang ada orang-orang yang sampai ketiduran. Walaupun tidur dengan duduk, tidur saat ngantuk akan terasa nikmat.

5. Dalam perpustakaan yang nggak boleh ramai-ramai, ada juga yang sudah janjian bareng pacar. Niatnya belajar kok, cuma sambil berduaan~

Kencan di perpustakaan / Credit: Pxels Photo by Yaroslav Shuraev

Perpustakaan kadang nggak bisa menjadi tempat diskusi kelompok karena aturan nggak boleh ramai-ramai. Tapi kalau untuk belajar bareng sih tentunya bisa. Sambil menyelam minum air, ada pula yang belajar bareng sama orang spesial. Selain bisa bertambah pintar, golongan ini juga mendapatkan waktu quality time bersama si orang spesial. Berduaan di perpustakaan ini juga bisa lebih ngirit, karena nggak harus makan atau minum seperti di kafe.

Dari sederet tipikal pengunjung perpustakaan di atas tadi, sebenarnya nggak ada salahnya juga. Intinya, perpustakaan adalah tempat yang harus dijaga ketenangan dan situasi kondusifnya. Mau melakukan aktivitas apapun di tempat ini, selalu jaga kelakuan, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE