Banyak kebijaksanaan hidup yang sudah kita tahu, tapi sulit untuk mempraktikkannya. Salah satunya peribahasa “Jangan menilai buku dari sampulnya“. Soal konsep peribahasaa ini, tentu kita semua sudah hafal di luar kepala, tapi entah kenapa kadang kita suka lupa mengamalkannya. Lihat orang pakai baju pink, pasti kamu mbatin, “Nggak laki nih!” Ketemu orang bertato, “Pasti preman nih.”

Disadari atau nggak, kita masih suka suuzan menilai orang dari luarnya. Kita selalu menyematkan cap atau memegang sebuah stigma pada suatu hal. Namun ada yang menarik dari aktivitas maya beberapa hari yang lalu. Sebuah twit viral menampilkan seorang pria lusuh sedang membaca Alquran. Unggahan yang menggugah jiwa warganet.

Sebuah twit yang menampilkan foto seorang pria berpakaian lusuh ini viral. Sekilas biasa aja lo, tapi …

Advertisement

Beberapa waktu yang lalu, ada sebuah twit viral. Unggahan sederhana dari @KhairulAbror1 yang menampilkan seorang pria lusuh mirip seperti seorang tunawisma, menggenggam kantong plastik hitam. Sekilas foto itu biasa aja, tapi jika fokus pada benda dalam plastik, maka hati kita mungkin akan tersentil melihatnya. Ternyata benda tersebut merupakan Alquran yang sedang terbuka.

Dia nampak lusuh di mata manusia, tapi sangat bernilai di sisi Allah.

Advertisement

Dengan bubuhan keterangan di atas, twit tersebut kemudian di-retweet dan disukai sebanyak 23 ribu kali. Rupanya sang pria tunawisma tersebut sedang membaca Alquran.

Unggahan tersebut mendapat banyak atensi. Dari sejumlah komentarnya menyiratkan banyak hati yang tersentil melihatnya

Baca Quran. via twitter.com

Sekilas orang dalam potret tersebut nggak ada bedanya dengan tunawisma yang sering terlihat di emperan jalan Thamrin. Tapi yang bikin istimewa, tentu aktivitas yang sedang dilakukannya. Yap! Pria tersebut sedang membaca Alquran. Aktivitas itulah yang menggugah jiwa warganet. Banyak yang memuji pria tersebut, banyak juga yang seketika berintrospeksi diri.

 Merasa malu sama diri sendiri yg jarang baca al-quran :”(

 Mungkin dia tidak bersih, tp hatinya sangat suci

 Masya Allah.. Dia membungkus Al Qur’an dengan kantong kresek utk menjaga “kesucian” nya. Menjaga nya dari hujan, debu dan kotoran lainnya, selalu siap utk dibaca kapan saja.. Allahu Akbar!

Di antara warganet yang tergugah, ada satu komentar yang penting untuk diresapi, yaitu tentang kebiasaan kita menilai negatif orang nggak dikenal dari tampilannya

Don’t judge a book by its cover! via twitter.com

Dari sekian banyak komentar, barangkali komentar  ini yang paling ngena pada kebiasaan kita sehari-hari. Kita masih sering menilai orang dari penampilannya. Kita masih suka sombong dan nggak adil memperlakukan orang hanya karena penampilannya. Potret pria lusuh ini telah menggugah hati, bahwa yang selama ini kita abaikan ternyata punya sisi baik yang lebih dari kita. Coba deh, kpan terakhir kali kamu membaca kitab suci? 🙂

Potret pria mirip tunawisma itu juga telah membuktikan bahwa siapa pun bisa jadi ‘pencerah’ untuk kita. Bahkan dia bukan pemuka agama lo. Lihat dari apa yang dilakukan, bukan siapa yang melakukan. Gimana, hatimu udah mulai tergugah?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya