Ibarat sedang menyeberang ke jalan raya, kamu harus tetap waspada setiap kali ada seseoang yang mendekat. Bukannya menutup diri, tapi segala macam karakteristik orang yang berpotensi buat deketin kamu, kadang perlu dipilih-pilih. Terlebih lagi sebagai cewek yang mudah tersentuh hatinya, kamu tentu tidak mau berurusan dengan hal-hal emosional. Sudah terlanjur sayang, eh ternyata dia hanya sekadar cari teman karena lagi kesepian saja.

Nah, sebelum kamu terjebak semakin dalam, dan repot menghadapi perasaan yang hanya bertepuk sebelah tangan, kenali dulu tanda-tandanya. Hipwee akan kasih tahu kamu trik-triknya!

1. Dia yang peduli nggak akan muncul dan hilang sesuka hati. Rajin menghubungi di satu waktu, dan menghilang di luar jangkauan di waktu yang lain

Dia tidak datang dan pergi sesuka hati via laughbombclub.com

Dia yang benar-benar peduli tidak akan bersikap datang tak dijemput pulang tak diantar seperti jelangkung. Tiba-tiba muncul menawarkan berbagai ajakan kencan dan menghujani dengan pesan-pesan perhatian, namun tiba-tiba menghilang begitu saja tanpa kabar.

Kamu yang terlanjur terbiasa dengan segala kehadirannya, jadi kelabakan karena dia pergi tanpa penjelasan. Dia yang benar-benar perhatian, akan selalu memberi kabar secara konstan. Bila dia harus pergi dan tidak terjangkau sinyal, dia pun akan menjelaskan terlebih dahulu, bukannya meninggalkanmu dengan berbagai pertanyaan dan rindu.

2. Dia yang peduli akan mendengarkan ceritamu dengan penuh perhatian, tak hanya mendominasi percakapan dengan kisah hidupnya sendiri

percakapan imbang dua arah via thoughtcatalog.com

Dia yang kesepiah butuh teman bicara. Barangkali biasanya ada yang selalu mengiriminya pesan dan mengajaknya ngobrol sampai berjam-jam. Dan ketika itu menghilang, dia merasa harus mencari orang lain untuk diajak bicara. Atau setidaknya mau mendengarkan ceritanya.

Bila kamu bertemu dengan orang ini, dia akan mendominasi semua pembicaraan. Dia akan sibuk menceritakan A, B, C, dan D, kehidupannya. Dia juga tidak akan repot-repot memintamu balas bercerita. Karena, toh, sebenanya tidak tidak benar-benar peduli. Dia hanya butuh seseorang untuk mengobati sepi.

3. Dia yang peduli tak hanya sekadar mengirim pesan ‘Lagi apa?’, tapi juga memberikan info-info yang berguna untukmu. Tanda dia memperhatikan kebutuhanmu

pesannya bukan Cuma ‘lagi apa?’ via reportinglivefromkorea.tumblr.com

“Kamu pengin belajar fotografi kan? Ini lagi ada workshop gratis. Ikut ajaa.”
“Wah serius? Haha inget aja kamu kalau aku pengin belajar fotografi.”
“Inget lah. Sebentar aku copy-in link-nya. Oh iya, aku juga mau ke Sukabumi weekend ini. Kamu mau nitip mochi?”

Pesan ‘Lagi apa?’ sekilas seperti menunjukkan perhatian. Seolah-olah dia ingin tahu banyak tentangmu, termasuk apa yang kamu lakukan saat ini. Tapi pertanyaan itu juga bisa sangat basa-basi, semacam mencari bahan obrolan saat sepi menjelang dan butuh seseorang.

Dia yang benar-benar peduli, tidak akan menghujanimu dengan pertanyaan ‘Lagi apa?’ atau ‘Lagi di mana?’ atau ‘Sudah makan apa belum?’, tapi juga akan mengirimimu berbagi informasi yang kamu butuhkan. Itu bukan lagi sekadar perhatian dan bukti bahwa dia mendengarkan setiap cerita yang kamu sampaikan, tapi juga mendukungmu untuk mengejar impian.

4. Dia yang peduli tak hanya bertemu denganmu dalam momen-momen kebetulan, tapi rela meluangkan waktu untuk sekadar ngobrol berdua, meski tak lebih dari sepuluh menit

Dia akan meluangkan waktu via www.tumblr.com

“Eh aku kebetulan lagi di gedung kantormu nih. Ketemu yuk?”
“Haii. Kamu lagi apa? Mau makan pecel di perempatan nggak? Aku lagi di sini nih, habis meeting sama klien.”
“Eh, halo! Kamu dari mana? Nggak nyangka ketemu di sini. Nonton yuk?”

Meskipun apa yang direncanakan dengan matang belum tentu kejadian, tetapi mulai waspada bila dia hanya mengandalkan momen-momen kebetulan untuk setiap pertemuan. Dia yang benar-benar peduli tentu tak akan merasa cukup dengan segala kebetulan ini dan kebetulan itu. Dia akan meluangkan waktunya, menggeber motor Yamaha New Mio M3 125-nya untuk bertemu denganmu.

Walau kantornya dan kantormu berjauhan, jarak tak akan menjadi masalah yang besar. Fitur paten Blue Core yang dimiliki New Mio M3 125-nya akan buatnya jauh-jauh dari mengeluh menyoal bensin boros. Jangan heran, dia juga tak akan perhitungan untuk transportasi demi bisa bertemu denganmu. Tak harus lama, yang penting kan makna setiap pertemuannya. Itu artinya, kamu bukan sekadar orang yang kebetulan ada untuk diajak jalan, melainkan seseorang yang sudah masuk daftar rencananya.

5. Dia yang peduli akan segera datang saat kamu kemalaman di jalan, bukan hanya sekadar mengirim pesan ‘Hati-hati di jalan’ supaya terlihat perhatian

Tak bisa disangkal bahwa di balik kalimat ‘Duh, pulang kemaleman nih. Semoga masih ada angkot’ yang dikatakan cewek atau sekadar dicurhatkan di media sosial, mengandung makna lebih dari itu. Bisa saja sebenarnya dia butuh bantuan atau butuh tumpangan. Dia yang hanya sedang kesepian, akan segera mengirim pesan ‘Hati-hati di jalan ya, kabari kalau udah sampai rumah’, yang seolah-olah dia super perhatian. Padahal sebenarnya dia enggan direpotkan. Sementara dia yang benar-benar perhatian, dia akan segera datang, menawarimu tumpangan dan mengantarkanmu selamat sampai tujuan.

Dia juga tidak akan ragu-ragu mengantarkanmu ke mana-mana bila keadaan memungkinkan. Tak perlu khawatir dengan kendaraan, karena dia punya  New Mio M3 125 yang memakai teknologi Blue Core, lebih efisien, bertenaga, dan handal. Irit pula. Seberapa siaga motor yang diandalkannya, sedikit banyak menyiratkan seberapa tentang dirinya. Walaupun tidak bisa menemanimu selama 24 jam per 7 hari, paling tidak dengan  New Mio M3 125-nya dia tak akan buang banyak waktu, biaya, dan tenaga untuk bisa sampai di depan rumahmu. Jangan heran kalau dia langsung datang setiap kali kamu butuh bantuan.

Agar tidak terjebak di perangkap ini, kamu harus mengenali setiap ciri-cirinya. Karena hati memang seringnya tidak bisa diatur. Sebelum kamu terlibat lebih dalam dan sudah main perasaan, kamu harus pastikan dulu bahwa dia bukan orang kesepian yang sedang mencari pelampiasan.