6 Alasan Kalian Perlu Punya Aturan Sendiri dalam Hubungan. Biar Tak Terbawa Arus Omongan Orang

Aturan dalam perjalanan hubungan kalian

Pacaran tuh harusnya begini…

Pacaran tuh harusnya begitu…

Advertisement

Pernah nggak sih kamu mendengar kalimat tersebut dalam perjalanan hubungan kalian? Apalagi saat kalian berdua tengah menghadapi suatu masalah besar. Orang lain yang hanya tahu dari luar, lalu memberi kalian beberapa petuah. Mungkin niat mereka murni untuk membantu kalian. Tapi pada akhirnya kalian merasa didikte untuk melakukan berbagai hal yang buatmu dan dia nggak nyaman.

Karena hubungan ini kamu dan dia yang menjalani, sudah saatnya kalian punya aturan main sendiri. Apalagi kalian sudah menjalani hubungan ini selama cukup lama. Sebuah pegangan perlu untuk jadi jalan tengah saat ada masalah. Aturan di dalam hubungan pun biasanya menyangkut banyak hal. Mulai dari yang sepele seperti membalas pesan sampai yang hal sensitif seperti mantan. Buat kamu yang masih ragu untuk memiliki aturan sendiri dalam hubungan, yuk sama-sama direnungkan beberapa alasan ini. Siapa tahu kalian bisa duduk bersama, lalu mulai membuka pikiran dan mata hati untuk hubungan ke depannya.

1. Setiap masalah bisa lebih cepat menemukan jalan keluar. Karena omongan orang yang biasanya membuat masalah nggak kelar-kelar

Masalah bisa cepat kelar via unsplash.com

Semakin banyak kepala, semakin banyak pula suara. Suara yang orang lain berikan ini tak ayal buat kalian kebingungan untuk menentukan langkah. Masalah yang awalnya sepele, bisa berlarut-larut dan nggak cepat selesai. Namun kalau kalian berdua punya aturan sendiri dalam menyelesaikan masalah, mungkin omongan orang nggak akan buat kalian bingung. Sebab kalian udah punya dasar sendiri yang lebih pas digunakan untuk mengurai benang masalah.

Advertisement

2. Punya aturan main sendiri pun bisa memupuk kerjasama kalian. Sebab kamu dan dia punya tanggung jawab atas hubungan

Latihan bekerja sama via unsplash.com

Hubungan tanpa kerjasama itu sama saja dengan bohong besar. Sebab hubungan bukan hanya soal cinta. Tapi tentang bagaimana saling menjaga langkah, di saat salah satu dari kalian mulai merasa lelah. Dengan mempunyai aturan sendiri dalam hubungan, kerjasama ini akan pelan-pelan tercipta. Kamu dan dia akan merasa punya tanggung jawab yang sama atas hubungan. Kalau udah sama-sama punya tanggung jawab begini, bukankah semakin menguatkan ikatan meski kalian tengah dilanda masalah besar?

3. Hubungan kalian jelas minim kesalahpahaman akibat campur tangan pihak lain di luar hubungan

Minim pertengkaran karena pihak luar via unsplash.com

Punya aturan sendiri juga berarti hubungan kalian terjaga dari rasa ingin tahu dari orang luar. Sebab, ada kalanya rasa ingin tahu mereka justru hanya membuat masalah yang ada semakin runyam. Layaknya rumah yang diberi pagar, apa yang kalian tanam bisa terbebas dari gangguan pihak luar. Pun juga ketika masalah terjadi. Campur tangan dari orang lain lebih bisa dibatasi. Pertengkaran kalian berdua pun minim terjadi.

4. Kalian bisa menikmati hubungan tanpa takut terkekang aturan atau omongan orang. Kemana hubungan ini akan dibawa pun tergantung kamu dan dia

Bisa lebih menikmati hubungan kalian via unsplash.com

Omongan orang diam-diam bisa mengekang hubungan kalian. Apalagi yang kalian dengarkan bukan hanya dari satu orang. Kekangan dari omongan orang ini jelas berbahaya. Layaknya tali yang mengikat, hubungan kalian akan sulit untuk berkembang nantinya. Kalau udah terkekang dan sulit berkembang, masa depan yang diimpikan jelas sulit untuk digapai berdua.

Advertisement

5. Dengan punya aturan main sendiri, kamu dan dia bisa jadi lebih nyaman menjalani hubungan

Lebih nyaman jalani hubungan ~~ via unsplash.com

Punya aturan sendiri itu ibarat tinggal di rumah sendiri. Kamu dan dia bisa bebas mengatur sepenuhnya tata letak perabotan di dalamnya. Kalian berdua juga menjadi lebih nyaman karena memang inilah kesepatakan yang dibuat bersama. Lain cerita kalau kalian tak punya aturan sendiri. Layaknya tinggal di rumah mertua, kamu dan dia mau tak mau harus mengikuti aturan yang sudah ada. Rasa kurang nyaman jelas ada.  Kalau sudah terkekang begini, sulit rasanya hubungan ini dikembangkan lagi.

6. Kalian bisa menciptakan relationship goals tanpa perlu meniru. Tapi siapa tahu aturan kalian justru menginpirasi orang lain

Jadi relationship goals tanpa meniru via unsplash.com

Memiliki aturan sendiri berarti kalian sudah benar-benar jalani hubungan yang dewasa dan mandiri. Kamu dan dia mungkin bisa menginspirasi orang lain atas aturan yang kalian bentuk dan jalani ini. Kalau aturan yang kalian buat ini bisa menginspirasi orang lain, bisa jadi kan kamu dan dia justru dijuluki pasangan relationship goals?

Meski tak tertulis, aturan dalam hubungan ini penting untuk kalian berdua miliki. Semoga dengan hal-hal di atas, mampu buat kalian tergugah untuk mulai memikirkan sistematis jalannya hubungan kalian. Biar ke depannya kamu dan dia nggak kebanyakan disetir oleh omongan orang.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Not that millennial in digital era.

CLOSE