Saat mulai serius menjalani hubungan, kamu dan dia lantas berusaha mengenal masing-masing keluarga secara lebih dalam. Salah satunya ya dengan mengenalkan cowokmu pada kedua orangtuamu. Meski sekadar makan malam, momen ini penting buatmu dan dia. Untuk itu kalian mempersiapkan diri dengan matang.

Pada saat momen pertemuan itu tiba, di raut wajah ibumu tergambar jelas rasa sumringah dan penuh gurat bahagia. Namun berbeda dengan ayahmu yang justru mendadak galak, meski dalam keseharian beliau aslinya ramah dan supel. Kamu pun jadi sedikit sebal dengan perubahan sikap ayahmu, hingga berdampak pada pertemuan pertama yang semakin kaku.

Yah, kenapa sih tiba-tiba jadi galak begini?

Sebenarnya kamu tak perlu kamu kesal dengan perubahan sikap ayahmu ini. Berikut beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab perubahan sikap beliau. Yuk dipahami dulu, biar nantinya kamu nggak terlanjur sebal sama ayahmu.

1. Sikap dan muka ayah yang mendadak lebih galak itu menunjukkan bahwa beliau ingin menguji mental calon pendamping putrinya

Kamu serius sama anak saya? via www.unsplash.com

Advertisement

Begitu kamu dan cowokmu datang ke rumah, ibumu menyambut dengan haru dan bahagia. Kamu pun terasa mendapat suntikan semangat akan masa depan hubungan kalian. Lalu keluarlah ayahmu dengan muka datar dan nyaris tanpa senyum.

Apa kabar om?

Pertanyaan dari cowokmu sebagai pembuka pembicaraan hanya dijawab seadanya dan cenderung ketus oleh ayahmu. Mungkin cowok lain akan ciut nyali, tapi berkat genggaman tanganmu, cowokmu terus maju dan berusaha meluluhkan ayahmu. Galaknya ayahmu ini bukannya hanya akting belaka, namun sebagai penguji mental cowokmu. Beliau tak mau putri kecilnya bersama laki-laki yang bermental ciut, sehingga nanti tak mampu menghadapi tantangan dalam kehidupan.

2. Nggak hanya menguji mental cowokmu, beliau juga ingin mengetahui sampai mana keseriusanmu padanya dengan sikap galaknya ini

Menguji keseriusanmu juga via www.unsplash.com

Selain menguji mental cowokmu, sikap galak dari ayahmu ini juga ingin mengetahui sampai mana keseriusanmu menjalani hubungan dengannya. Ayahmu tak mau kamu bermain-main lagi dalam menjalin hubungan, apalagi di usiamu yang sekarang. Jika kamu dan cowokmu dinilai sudah cukup serius, ayahmu tak akan segan untuk melunak. Urusan restu pun bisa lancar kelak.

3. Selain itu, sikap beliau yang jadi lebih galak juga mencerminkan naluri protektif orangtua pada teman dekat anaknya

Nalurinya sebagai seorang ayah via www.unsplash.com

Sebagai seorang ayah, sudah seharusnya beliau melindungi anak-anaknya. Apalagi kamu adalah anak perempuan yang saat ini masih menjadi tanggungjawab ayah dan ibumu. Saat kamu mengajak cowokmu datang ke rumah, naluri untuk melindungimu keluar. Hanya saja, kali ini dengan cara menunjukkan sikap galaknya pada cowokmu.

4. Meski tak terlalu paham dengan hubungan anak muda masa kini, ayahmu tetap ingin terlibat dalam perjalanan kasihmu

Ayahmu juga ingin tahu via www.unsplash.com

Kamu dan ayahmu merupakan dua orang yang hidup di generasi yang berbeda. Mungkin pada zamannya ayahmu tidak mengenal masa pacaran. Melainkan begitu mengenal, langsung dilamar. Namun berbeda denganmu yang hidup di zaman yang wajar-wajar saja untuk pacaran. Melalui pertanyaan-pertanyaan singkat yang ayah berikan untukmu dan dia,  beliau diam-diam ingin terlibat dalam perjalanan cinta kalian. Meskipun cara dan sikap ayahmu terlihat tak seramah dari biasanya.

5. Sosok beliau yang lebih galak itu juga menunjukkan sisi kewibawaannya sebagai seorang ayah

Sosok wibawanya via www.unsplash.com

Sama seperti sosok ayah yang lainnya, ayahmu juga ingin menunjukkan sisi wibawanya. Apalagi kepada cowokmu, seseorang yang kamu harapkan menjadi pendamping hidupmu kelak. Meski dari luar terlihat galak, sebenarnya ayahmu ingin memberikan contoh sosok berwibawa yang bisa memimpin keluarga pada cowokmu. Siapa tahu cowokmu bisa mencontoh beliau dari sisi kewibawaannya itu.

6. Ayahmu mungkin punya pengalaman kurang menyenangkan dengan cowok kakak-kakakmu, dan beliau tak ingin itu terulang

Ayah tak mau kamu kecewa nantinya via www.unsplash.com

Sikap ayahmu yang galak sama cowokmu itu mungkin terjadi akibat beliau mempunyai pengalaman kurang mengenakkan soal cowok-cowok zaman sekarang. Mungkin ayahmu sudah banyak makan asam garam saat menghadapi kelakuan para pacar kakak-kakakmu dulu. Ayahmu jelas tak mau apabila kamu kecewa nantinya.

7. Mungkin ini yang kamu belum tahu, bahwa galaknya ayahmu ini tanda jika beliau belum rela gadis kecilnya punya sosok lelaki lain yang dicinta

Ayahmu mungkin belum rela kamu bakal punya pendamping via www.unsplash.com

Tak perlu sebal apalagi marah dengan sikap ayahmu yang mendadak menjadi galak. Mungkin ayahmu belum rela melepaskanmu pada sosok pria lain yang nantinya akan mendampingimu. Meskipun kamu dan cowokmu masih butuh beberapa waktu lagi untuk menikah, beliau seakan masih ada ganjalan untuk melepaskanmu bersamanya.

Ayahmu yang mendadak galak saat cowokmu datang ke rumah itu wajar adanya. Apalagi jika alasan-alasannya bakal buatmu terharu seperti ini. Untuk itu, kamu sebaiknya tak langsung pasang muka sebal atau marah pada beliau. Pahami dahulu maksud baik di balik galaknya sikap ayahmu ini. Agar hubunganmu dengan ayah tak merenggang setelah pertemuan pertama kalian.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya