Setiap pasangan pasti mendamba hubungan yang awet sekaligus adem ayem. Termasuk kamu dan dia yang udah tahunan bersama. Berbagai cara udah kalian coba sama-sama. Mulai dari belajar saling mengerti sampai menekan ego biar nggak berantem setiap hari. Kalian nggak mau hubungan ini berakhir di tengah jalan. Selain perkara ego, yang seringnya bikin hubungan berhenti di tengah jalan itu juga karena hadirnya hal-hal kecil yang nggak terduga.

Lho, kok bisa?

Bisa aja, lah! Apalagi hal-hal sepele yang hadir nggak diduga seperti berikut ini. Kalau kamu udah pernah mengalami beberapa, fix kamu perlu hati-hati!

1. “Terserah kamu” atau “Aku ngikut kamu aja” adalah kalimat pengantar kandasnya hubungan. Coba dihindari ya!

Terserah kamu deh~ via www.pexels.com

Mau makan di mana?

Terserah.

Lho kok gitu?

Ya udah, aku ngikut kamu aja

Familier dengan percakapan tersebut? Wah kalau iya, kamu wajib waspada. Soalnya dua kalimat “Terserah kamu” dan “Aku ngikut kamu aja” biasanya menjadi pengantar kandasnya sebuah hubungan. Kamu yang sering mengucapkan kedua kalimat tersebut dianggap udah nggak menaruh perhatian dan usaha lagi dalam hubungan. Kalau perihal nentuin tempat makan berdua aja kamu nggak ada usahanya, apa kabar masa depan berdua? Pantes aja pacarmu nggak nyaman dan menyangsikan cintamu padanya.

2. Jarang diajak ketemu keluarga bisa bikin pasangan kamu mikir kamu bukanlah pelabuhan terakhirnya

Jarang dikenalin ke keluargamu via www.pexels.com

Hubungan itu nggak cuma antara kamu dan dia, tapi juga dua keluarga kalian berdua. Nah kalau kamu udah sering diajak ketemu keluarganya tapi kamunya malah sebaliknya, ini bisa menyebabkan hubunganmu nggak bertahan lama. Ya gimana nggak? Kalau dia udah terbuka denganmu soal keluarganya sampai kamu sering diajak kumpul bersama, tapi kamu justru ogah-ogahan melakukan yang sama, jangan salahkan pacarmu kalau dia berpikiran kamu nggak serius dengannya. Malahan dia bisa mikir kalau kamu bukanlah pelabuhan terakhir karena ngenalin ke keluarga masing-masing aja masih mikir.

3. Meneror pasangan saat dia lagi sibuk. Ingat, walaupun dia pacar kamu, tapi dia juga punya kehidupan

Kamu di mana? Dengan siapa? via photo-of-a-woman-watching-a-man-sleeping-2527297

Katanya mau bawa hubungan ini ke pelaminan, masa sampai sekarang dia sibuk aja kamu main terror-teroran? Entah kirim pesan WhatsApp atau bahkan sampai nanyain ke teman-teman kantornya, semua kamu lakukan demi memastikan dia beneran sibuk atau sebaliknya. Hei, kalau kamu mau membawa hubungan ini ke pelaminan, harusnya kamu udah belajar memberikan pacarmu kepercayaan. Apalagi kalian berdua masih dalam status pacaran, yang masing-masing punya kehidupan dan kewajiban yang harus diselesaikan~

4. Maksa untuk selalu cerita tentang apapun. Sesungguhnya tiap manusia juga punya privasi

Aku mau cerita lengkapnya. LENGKAP! via photo-of-woman-wearing-floral-top-2761797

Kok kamu nggak pernah cerita ini sama aku? Trus selama ini kamu nganggep aku apa?

Saat kamu baru tahu soal sebuah hal tentang masa lalu pacar, kamu langsung naik pitam. Kamu marah soalnya kamu berhak tahu A sampai Z soal pacarmu termasuk masa lalunya. Padahal bisa jadi hal itu terjadi jauh sebelum kamu dan pacarmu bertemu. Memaksa pacar untuk menceritakan sesuatu kepadamu itu udah nggak wajar. Justru bisa bikin pacarmu nggak nyaman. Ingat, meski kalian berdua itu pacaran, tapi masing-masing dari kalian tetap punya privasi yang harus saling dihargai. Kalau kamu masih memaksa, coba deh pikir lagi apakah hubunganmu ini bakal punya masa depan bersama? Kamunya aja masih suka maksa-maksa. Itu tanda kalau kamu masih kekanakan soalnya~

5. Sering lupa tanggal anniversary, walaupun terdengar sepele ucapan selebrasi dan memberikan kado kecil itu penting lho

Kamu nggak lupa kan ini hari apa? via unsplash.com

Ini nih salah satu hal sepele yang sering bikin hubungan bubar: momen anniversary! Seringnya sih karena salah satu di antara kalian lupa soal anniversary atau tanggal jadian. Atau udah ingat tanggal anniversary tapi nggak tahu mau kasih apa. Apalagi momen anniversary kalian jatuh di tengah bulan. Duh, kalau beliin barang, kok gajian masih lama. Mau ngajakin dinner romantis tapi kok kantong lagi tiris~

Eits, kamu nggak perlu lagi risau soal momen anniversary ini. Mau di awal bulan, tengah atau akhir bulan, kamu dan pacar tetap bisa merayakan momen istimewa ini berdua. Tenang, nggak akan menguras kantong. Coba deh kasih video ucapan sebagai bentuk selebrasi. Kumpulin aja video-video kalian berdua, gabungin deh jadi satu. Nggak perlu beli kamera canggih apalagi sampai sewa jasa videographer. Toh smartphone sekarang udah canggih-canggih sekali.

Kayak OPPO Reno2 F ini nih yang punya Fitur Video Stabilizer. Smartphone keren ini juga dilengkapi dengan EIS yang bisa ngehasilin video anti shake yang smooth dan lebih stabil seperti video cinematic ala-ala traveler.  Fix, hasilnya kayak diambil pakai kamera mahal!

Nggak cuma itu, OPPO Reno2 F juga dilengkapi fitur Ultra Wide Angle Video dengan sudut lebar hingga 119’. Cocok banget kalau kamu suka merekam video pemandangan alam karena pasti keindahannya bisa tertangkap lebih luas dan pastinya hasilnya jadi jauh lebih sempurna..

Ngomong-ngomong soal kamera, OPPO Reno2 F punya desain 4 kamera yang canggih. Kamera utamanya beresolusi besar 48MP, kamera wide angle 8MP, kamera portrait 2MP, dan kamera monokromatik 2MP.

Terus ya, kamu nggak perlu takut sama lowbatt pas ngambil video bareng pasangan. Soalnya nih, OPPO Reno2 F punya kapasitas baterai 4000 mAh dan didukung pengisian cepat VOOC 3.0. Jadi bisa isi baterai dari 0% sampai 51% modal waktu 30 menit aja. Video ucapan untuk selebrasi anniversary kalian pun dijamin nggak akan gagal!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya