Berpisah sementara karena jarak bagi sebagian orang memang menjadi momok yang menakutkan, berbagai prasangka buruk yang belum tentu terjadi kerap bersemayam dalam pikiran banyak pasangan. Entah takut diselingkuhin, takut bosan dan takut tidak bisa mengatasi rindu. Padahal nyatanya, ada banyak pasangan yang terbukti berhasil melewati masa-masa LDR dengan kekasih dan berujung di pelaminan. Sebenarnya semua tergantung sekuat apa perasaan yang saling kalian miliki.

Padahal hubungan jarak jauh punya banyak keuntungan juga lho, nggak melulu menakutkan dan menyiksa. Itu semua tergantung bagaimana kita menghadapinya, terpisah jarak ratusan kilometer dan tangan pasangan yang tidak bisa digenggam secara nyata memang bukan hal yang menyenangkan. Tapi setidaknya, kalian yang mengahadapi hubungan jarak jauh jadi lebih pintar menghargai pertemuan. Kalian sudah bisa berdamai dengan hubungan jarak jauh kalau sudah paham mengatasi 6 hal ini.

1. Rindu yang datang tiba-tiba dan menggebu bukan lagi ancaman, sebab kamu sudah punya cara sendiri untuk mengatasinya

Advertisement

Rindu yang kian hadir tak membuat kalian menyerah pada jarak, justru karena jaraklah rindu itu tercipta. Hubungan tanpa rindu, ibarat rumah tanpa jendela. Beringsang dan tak indah. Meski rindu bisa tiba-tiba hadir dan membuatmu risau, tapi kalian selalu punya cara sendiri mengatasi rindu, seperti mencium parfum khas pasanganmu, pergi ketempat yang pernah kalian kunjungi, menyibukan diri, menulis, bahkan memasak masakan kesukaan pasanganmu. Apapun itu, asal kau merasa dekat dengannya.

2. Meski salah paham sesekali ada, tapi urusan berkabar atau komunikasi nyatanya lancar-lancar saja

Kalian jelas mempunyai kesibukan masing-masing. Namun nyatanya, kesibukan tak menjadi penghalang harmonisnya komunikasi kalian berdua. Sapaan selamat pagi, yang sederhana terasa istimewa. Hal tersebut seakan membangkitkan energimu seharian. Mengirimkan foto atau video singkat kegiatan kalian membuat pasangan akan mengerti kesibukanmu seperti apa. Setelah kalian masing-masing selesai dengan hari yang melelahkan, saat-saat quality time meski hanya dengan video call atau telepon seakan melunturkan rasa lelah dan menutup harimu dengan senyuman merekah.

3. Pertengkaran dalam jarak memang terasa menyulitkan, tapi kamu selalu yakin bisa menyelesaikannya

Hubungan yang dekat saja pasti pernah tak bisa menghindari pertengkaran, apalagi yang jauh. Ketika emosi membara yang tidak bisa diredakan dengan usapan lembut ditangan atau tatapan mata yang meluluhkan. Hubungan jarak jauh memang punya banyak potensi untuk bertengkar. Entah itu karena salah paham yang sulit dijelaskan dengan via telepon atau cemburu berlebihan atau karena rindu yang membuat kalian lebih sensitif. Namun jika hal itu sudah khatam kalian rasakan dan sudah paham apa yang harus kalian lakukan kalau-kalau pertengkaran sedang dihadapi sehingga hal tersebut bisa terselesaikan dengan baik, tandanya kalian memang sudah berdamai dengan jarak.

4. Bagi kamu, tak ada yang perlu dicemaskan. Karena prinsip percaya sudah kalian genggam erat

Advertisement

Hubungan yang dewasa tak mungkin menjerat berlebihan, karena harusnya kalian paham dengan urusan dan kepentingan masing-masing yang tak mungkin bisa dibatasi hanya demi keberlangsungan hubungan. Kalau pun kamu memberi batas belum tentu pasanganmu tidak keluar batas mengingat kamu yang jauh disana tidak mungkin selalu tahu di mana saja dia berada. Tapi kamu tidak mudah cemburu dan takut berlebihan karena sudah saling menggenggam erat kepercayaan.

5. LDR memang rawan hadirnya orang ketiga, namun kamu atau dia tak mudah tergoda akan hadirnya orang lain

Pernyataan “yang ngajak makan akan kalah dengan yang cuma ngingetin makan” memang benar adanya. Tapi itu semua tergantung bagaimana kamu menyikapinya. Percaya saja, konsep aksi-reaksi itu jelas nyata. Kalau kamu berbuat curang, pasanganmu juga akan begitu dengan atau tanpa sepengetahuanmu. Kalau kamu setia dan mempercayai pasanganmu, kamu juga akan diperlakukan begitu. Ketika tak jarang orang lain hadir mencoba menyentuh hatimu, kamu selalu ingat di sana ada dia yang menjaga kesetiaannya dan dia yang juga sedang berjuang memperbaiki diri untukmu. Kesetiaanmu terlalu mahal untuk dipertaruhkan.

6. Justru dengan adanya jarak, kalian bisa punya waktu menggali potensi diri

Jika kalian bisa melihat sisi positif hubungan jarak jauh, kalian tak akan lagi merasa takut dan khawatir dengan hubungan ini. Sebaik-baiknya cara mengatasi jarak dan rindu adalah dengan menyibukan dirimu sendiri dengan hal-hal yang bermanfaat, dan itu adalah waktu untukmu menggali potensimu. Kalian adalah pasangan muda mudi yang berkualitas, saling memperbaiki diri di zona kalian masing-masing tanpa harus selalu berdua bersama.

Kalian yang terpisah jarak ratusan atau bahkan ribuan kilometer, cara terbaik mencintai adalah mendoakan. Meski raganya tak nyata di sampingmu tapi doanya akan selalu ada untukmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya