Mencari pasangan hidup memang nggak semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan kalau kata orangtua zaman dahulu, kamu perlu tahu bibit, bebet, bobotnya biar nggak kecewa. Hal ini pula yang menjadikan banyak orang mempunyai kriteria tertentu saat mencari pasangan yang kelak hidup bersama di masa depan. Kriteria dalam memilih pasangan ini ternyata nggak hanya cewek yang punyai. Cowok pun diam-diam mempunyai beberapa kriteria yang nyatanya berubah dari waktu ke waktu.

Di era millenials ini, Hipwee telah berhasil mengumpulkan pendapat cowok-cowok tentang kriteria calon istri idaman versi mereka. Pendapat dari para cowok ini pun beraneka macam. Dari yang masih nyerempet fisik sampai yang berhubungan dengan kemandirian. Buat kamu yang penasaran, yuk dibaca pelan-pelan. Siapa tahu kriteria cowokmu juga mendekati yang seperti ini. Lumayanlah untuk siap-siap menjadi calon istri idaman si pacar nanti.

1. Meski zaman sudah semakin modern, punya pasangan dengan keyakinan yang sama itu wajib hukumnya

Satu keyakinan via unsplash.com

Advertisement

Di tengah zaman yang semakin gila, punya pasangan yang seagama itu wajib hukumnya. Buat gue, agama adalah pilar utama. Jadi kalau dari pilarnya saja sudah nggak sama, sulit untuk bisa bersatu ke depannya. Satu lagi, dia bisa menerima gue dan keluarga dengan tangan terbuka. Maksudnya bisa sayang ke keluarga gue layaknya dia menyayangi keluarganya.

O, penikmat tembakau yang belum move on dari Big Ben dan London Eye

2. Cewek mandiri dan punya pikiran terbuka. Dia pasti bisa mendukung keluarga dengan caranya sendiri

Mandiri dan open minded via unsplash.com

Buatku dia harus good looking. Eits, tapi bukan good looking yang cuman bisa dandan. Tapi dia perlu perhatian sama dirinya sendiri dan nggak malu-maluin pas dibawa jalan. Selain itu mandiri dan punya pikiran yang terbuka. Apalagi di zaman yang semakin modern ini.

Burhan, si pekerja keras asal Semarang

3. Kalau dia punya rasa ingin tahu yang tinggi, kelak hubungan nggak akan sepi. Sebab kalian akan tenggelam dalam obrolan yang nyaman sekali

Nyaman diajak ngobrol via unsplash.com

Satu kriteria yang harus dipunya calon istriku nanti. Dia perlu banget untuk punya rasa ingin tahu. Soalnya cewek yang punya rasa ingin tahu tinggi biasanya nyaman diajak ngobrol. Ini bukan tuntutan ya. Soalnya dari jauh-jauh hari aku juga udah berusaha jadi cowok yang asik dan nyaman kalau diajak ngobrol.

Harits, pejuang LDR beda pulau

4. Kriteria calon istri idaman itu nggak mutlak. Kalau kebetulan dikasih yang mendekati atau lebih, pasti bersyukur lah…

Soleha dan enak dibawa kemana-mana via unsplash.com

Advertisement

Buatku kriteria calon istri idaman itu cukup SCM. Soleha, cantik, dan mandiri. Tapi kalau dikasihnya yang mendekati kriteria itu, aku udah bersyukur banget. Kalau dikasih yang lebih dari itu, nggak tahu deh gimana senengnya nanti.

Rio, Alhamdulillah udah lulus dan siap halalin dia

5. Cewek dengan kemampuan manajemen keuangan yang bisa diandalkan. Biar kelak urusan rumah tangga terhindar dari keborosan

Kemampuan manajemen keuangan via unsplash.com

Secara aku doyan makan, aku berharap banget bisa dapet istri yang jago masak. Nggak perlu jago deh, bisa masak aja aku udah syukur. Oh iya satu lagi, jangan sampai dapet yang boros. Soalnya dia nanti bakalan jadi menteri keuangan di rumah. Kalau boros, bahaya kan?

Denny, bukan manusia ikan

6. Jago masak dan pintar dandan itu bonus. Tapi yang paling utama, dia bisa menghargai pasangan tanpa menuntut

Menghargai pasangan tanpa menuntut via unsplash.com

Wah, udah lama nih nggak ditanya hal beginian. Istri idaman buat aku tuh yang bisa menghargai tanpa menuntut. Terus kalau bisa seseorang yang pandai menikmati setiap perjalanan kehidupan berdua. Jago masak dan pinter dandan itu bonus sih menurutku.

Dhani Gara, cowok yang menikmati hidup di perantauan

7. Sosok yang bisa jadi madrasah bagi anak-anak kami. Karena masa depan mereka sebagian besar berada di tangan sosok yang satu ini

Madrasah pertama bagi anak-anak kalian via unsplash.com

Nggak muluk-muluk, harapannya bisa dapet seseorang yang suka anak kecil. Soalnya dia nanti bakalan jadi madrasah pertama. Masa depan anak-anak kali sebagian besar ada di tangan dan pikirannya. Kalau urusan masak sih tenang aja. Cukup aku yang jago masak, hahahaha

Rachman, suka makan masakannya sendiri

8. Setidaknya dia mirip ayah dan ibu. Punya wawasan luas kayak ayah. Punya sifat penyayang tapi nggak manja seperti ibu

Sifatnya sedikit mirip ayah dan ibu via kristenvota.com

Nggak muluk-muluk sih. Kriteria calon istri idaman versi gue adalah yang punya wawasan luas. Hampir miriplah sama ayah gue yang asyik kalau diajakin ngobrol. Satu lagi dan wajib dipunyai. Kalau bisa dia punya karakter yang mirip ibu gue. Penyayang tapi nggak lembek dan manja. Penyabar tapi punya pendirian. Duh, anugerah banget kalau gue sampai dapet calon yang kayak gini!

Kay, penikmat kursi sinema 

9. Bisa masak atau nggak, yang penting buatku dia perlu siap untuk menjadi seorang istri dan ibu buat anak-anak kita

Siap jadi stri dan ibu via unsplash.com

Buatku, calon istri idaman itu adalah seseorang yang bisa jadi istri sekaligus ibu. Soal bisa masak atau nggak, bukan hal utama. Toh aku kalau nggak pilih-pilih kalau makan. Apalagi kalau ngomongin jago dandan. Halah, yang penting bisa merawat diri dan menyesuaikan aja.

Ade, sedang berjuang menuntaskan pendidikan S2

Dari 9 pendapat cowok di era millenials tersebut, hampir semuanya nggak mempermasalahkan cewek harus jago dandan atau pintar memasak. Sebagian dari mereka menginginkan sosok yang punya kemandirian serta wawasan yang luas. Perihal keyakinan yang sama, masih menjadi fokus dari beberapa cowok di atas. Ada pula yang mempunyai kriteria mirip orang-orang terdekat seperti ayah dan ibunya. Hal itu berarti orang-orang di sekitar mereka turut mempengaruhi cara pandang mereka terhadap sosok yang kelak menjadi madrasah pertama bagi anak-anak kalian nanti.

Kalau kriteria calon istri idaman versimu bagaimana nih?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya