Menemukan jodoh yang tepat boleh dibilang keinginan semua orang. Tapi tentu saja prosesnya nggak semudah kayak di aplikasi tinder –tinggal swipe kanan, lalu match dengan pengguna lain yang disebut ‘jodoh’mu. Mencari jodoh dalam dunia nyata jauh lebih sulit dari sekadar geser kiri, geser kanan. Seperti halnya nasihat orangtua zaman dulu, kriterianya perlu dilihat dari bibit, bebet, dan bobotnya.

Sebelum memilih, setiap orang punya kriteria sendiri atas siapa yang layak untuk jadi pendamping hidupnya. Dan dibading cowok, agaknya cewek lah yang lebih matang mempersiapkannya. Seperti cewek di era milenial yang telah Hipwee rangkum pendapatnya ini. Penasaran kira-kira apa saja kriteria suami idaman versi mereka? Simak yuk! Siapa tahu sesuai dengan personamu.

1. Di zaman sekarang cowok yang punya pengetahuan tentang agama punya nilai lebih dibanding kriteria lainnya

Agamanya bagus via taiwanhalal.com

Advertisement

“Idaman (calon suami) itu yang pekerja keras tapi tetep sayang keluarga dan nggak buta soal agama intinya, karena bagaimana pun juga dia yang kelak akan bertanggungjawab dan harus membawaku ke arah yang lebih baik.”

–Nadia Zahra, berbadan gesit dan hobi jalan-jalan

2. Yang namanya pemimpin rumah tangga mesti tangkas. Jangan malas gerak, sukses kan butuh kerja keras

Sregep gercep via www.pexels.com

“Kocak, jail, tampang badboy, tapi pas diajak serius bisa. Harus goodlooking lah biar ngangenin. Tapi yang paling utama adalah yang nggak mageran. Kesel gua sama cowok mageran.”

–Ayeng Ayeyeng, menurutnya “karnaval bikin macet”

3. Suami idaman itu yang gentlemen. Bisa menghargai dan memperlakukan perempuan sebagaimana mestinya

Tahu cara memperlakukan cewek via www.pexels.com

“Nggak muluk-muluk sih, dia yang bener-bener cowok aja. Maksudnya dia menghargai perempuan, nggak main tangan, sama agamanya bisa diandelin. Soalnya kan mau jadi pemimpin keluarga kan nanti..”

–Arintya, sedang sibuk mengurus komunitas

4. Cowok dengan sikap asik dan lucu itu seru dijadikan pasangan. Agar kelak hubungan yang terjalin nggak membosankan

Nggak ngebosenin via www.unsplash.com

Advertisement

“Mandiri, bisa menempatkan diri atau nggak kaku, selera humor nggak menghawatirkan, nggak gengsian, dan mendominasi bukan yang cupu nurut-nurut aja. 🤣 Soalnya aku cerewet. Nggak mau aku cerewet sendiri.”

Ridha, gadis manis berdarah sunda

5. Dia yang selalu punya cara untuk bikin kagum setiap harinya adalah sosok yang pantas untuk dinanti-nanti

“Yang cerdas, bertanggung jawab, setia, bisa diandalkan, ‘nakal’ dalam arti nggak kaku, luwes ngejalanin hidup, bisa diajak diskusi. Idaman versi gua; selalu punya cara buat bikin gua kagum dan ngefans sama dia setiap hari. Baik dari yang keliatan maupun enggak.”

Regina, jago nyanyi, main musik, dan akting

6. Sikap yang romantis bisa jadi nilai plus bagi para cowok di mata cewek untuk dijadikan suami

Romantis via www.unsplash.com

“Yang pertama dia harus bertanggung jawab, sama Tuhan-nya, istri, orangtua dan saudaranya. Kedua, berwawasan luas biar kalau ditanya apapun tau, minta pendapat atau bisa diskusi banyak hal. Ketiga, bisa membimbing dan melindungi istri dan keluarga. Keempat, tegas tapi nggak kasar. Terakhir, perhatian dan romantis bakal jadi nilai plus banget”

Normalita, fresh graduated

7. Suami idaman itu dia yang bisa menjadi contoh yang baik bagi calon istri dan anaknya nanti. Jadi Atittude-mu mesti diperhatikan sekali

Panutan via www.pexels.com

“Dewasa dalam meyikapi masalah, baik attitude-nya agar bisa dijadikan contoh anak nanti, lucu biar nggak ngebosenin, imannya juga harus bagus.. kalau dia sama Tuhannya aja nggak taat gimana nanti sama keluarganya.”

Rifa, wanita karir

8. Selain bisa membimbing, suami juga mesti mendukung cita-cita dan mimpi pasangannya

Asal mau berubah via www.pexels.com

“Karena emang sifatku keras ya, aku harus dapet suami yang bisa membimbing sama mengimbangi kerasnya aku gitu. Terus aku juga kan pengen jadi wanita karier ya, aku pengen punya suami yang selalu support dan percaya cita-cita dan mimpi-mimpiku..”

Inesa Isabella, ingin jadi wanita karir

9. Nggak ada yang sempurna. Asal sudah ada tekad berbenah, cewek nggak akan bisa menerima masa lalu pasangannya

Support via www.pexels.com

“Aku pengen yang satu frekuensi sama aku, nggak cuma nyambung kalau diajak ngobrol tapi ngerti gitu yang diomongin apa. Terus dia juga bisa manage duit.. at least dia bisa punya pasive income buat investasi masa depan. Nggak sholeh banget nggak apa-apa, yang penting bisa berubah ke arah lebih baik bareng-bareng.”

–Rizka Virli, gadis periang suka dandan

10. Cewek itu cuma butuh kenyamanan, kesetiaan dan kepastian. Asal itu sudah terpenuhi, maka mereka siap ke pelaminan

Nyaman, setia, komitmen via www.unsplash.com

“Kebanyakan wanita cari suami idaman itu yang mapan dan tampan. Tapi menurutku itu masih kurang kalau nggak beriman. Kalau beriman, dia pasti paham harus gimana sama pasangannya, nggak neko-neko.. wanita butuhnya kenyamanan, kesetiaan, dan kepastian.”

Dinda Rizkyta, ingin menikah muda

Sungguh menarik mengetahui dari 10 pendapat di atas, nggak ada yang mempermasalahkan ketampanan. Begitu pula soal kemapanan, hanya sedikit yang menyinggungnya. Ini membuktikan bahwa dalam memilih calon suami, cewek lebih mementingkan sifat dibanding fisik maupun materi.

Kalau kamu gimana? calon suami idaman versimu seperti apa?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya