Panik. Takut. Semangat. Deg-degan. Ini memang beberapa hal yang akan kamu rasakan kalau akan pergi jalan - jalan sendiri atau solo travel. Traveling sendiri pertama kali akan membuat kamu merasakan semua rasa yang enggak enak dan kamu harap ini hilang seketika. Pikiranmu akan mulai kemana - kemana, kata "tetapi / jika" bakal mencoba menghalangi kamu menjalankan misi kamu. Tidak akan ada orang yang memberi tahu mengenai perasaan ini. Hingga kamu harus berhadapan langsung dengan tiket pesawat dan tas backpack yang sudah siap untuk pergi. Jadi, setelah sibuk mencari informasi online/ offline, baca buku travel, sering bertanya sama temen yang pernah ke negara tersebut, dan akhirnya percaya kalau informasi yang kita dapat sudah cukup. Akhirnya..inilah yang perlu kamu lakukan:

 

1. Cek semua akun sosial media dan blog yang ada.

banyak pilihan yang bisa dicoba

banyak pilihan yang bisa dicoba via https://thelincblog.com

Cari semua info gak hanya dari website formal, nah coba cek blog lokal dan akun sosial media mereka. Terkadang kamu akan menemukan hidden gem / hal unik yang gak bakal ditemukan di tempat lain. Selain, itu terkadang situs pemerintah tidak se-update blog - blog yang ada. Umumnya tiap blog ada kontak mereka -- blogger - blogger ini juga mau kenalan dengan kalian loh.. Jadi, jangan malu! coba email atau hubungi mereka dan tanya saran terbaik tentang daerah yang ingin kamu kunjungi.

2. Jangan malu. Udah..langsung kenalan saja.

Heeyy !

Heeyy ! via http://pixabay.com

Halo..boleh kenalan?

Kalimat mudah tapi sangat sulit dilakukan. Hal yang pasti terjadi sebelum kamu mulai bilang "Halo " akan ada banyak skenario berputar di kepalamu. Ayo lupakan itu segera! ingat, semua orang disana -terutama solo traveler lainnya - juga mencoba mencari teman. Jangan takut untuk memulai duluan dan memperkenalkan diri. Kamu akan menyadari hal kecil ini akan memberikan banyak hal seru dan tak terduga di petualangan kamu.

3. Bawa barang yang ringkas.

Paling enak bawa barang sedikit.

Paling enak bawa barang sedikit. via http://pixabay.com

Aduh baju ini ok banget buat difoto nanti!

Sepatunya apalagi. Pas banget nanti #ootd kita.

Kalau bosen ngapain dong? bawa gadget apa aja ya..

Ini adalah beberapa hal yang tidak akan bisa kamu tinggalkan saat bepergian. Pada awalnya kamu akan sangat senang semua barang ini masuk di tas kamu. Tetapi, pada akhirnya kamu akan menyesal perlu membawa ini di pundakmu kemana - mana kamu pergi. Untuk menghindari membawa semua barang yang tidak penting ini, coba kemas isi tas-mu dengan ringkas. Cek informasi dulu cara men-pack tas backpack yang benar. Informasi cuaca, harga, akses listrik - ini penting karena colokan listrik Indonesia tidak sama dengan negara lain. Bila kamu sudah mendapatkan semua informasi terpenting, mulai packing dengan ringkat. Hanya bawa barang yang penting agar selamat dan aman di negara itu. Tinggalin barang yang berat dan gak jelas kegunaanya buat apa nantinya.

4. Bawa Notebook dan Bolpen. Mulai tulis manual lagi semua hal seru dari perjalananmu

Siapa sih yang gak pernah pakai ini ?

Siapa sih yang gak pernah pakai ini ? via http://pixabay.com

Memang disaat gadget memudahkan kita komunikasi dan chat sama teman. Rasanya aneh banget kalau mulai pake notebook lagi. Malah mungkin karena sudah lamanya kita tidak tulis tangan, akan kaget dengan tulisan kita yang mendadak jadi jelek banget.

Kemudahan untuk langsung menyimpan informasi lewat hp / ipad memang tidak tergantikan. Tetapi, coba ingat bila tiba - tiba gadget kamu mati baterainya atau rusak. Nah, bingung bukan. Namun, bila kamu selalu membawa notebook kamu tidak akan kesulitan mencatat ide seru yang datang, gambar saat kamu sedang bosan, atau buku itu cukup menjadi jurnal atau diary perjalanan kamu.

5. Go with the flow!

Tiba - tiba lihat ada ritual pernikahan di jalan. Siapa yang gak mau sih?

Tiba - tiba lihat ada ritual pernikahan di jalan. Siapa yang gak mau sih? via http://www.wondertripper.com

Selalu mengikuti jadwal kemanapun pergi memang ok untuk beberapa orang. Tapi ini bisa menyusahkan kita juga loh. Coba kamu pikir bahwa yang paling penting bukanlah banyaknya tempat yang kamu kunjungi tetapi pengalaman dan momen yang kamu dapatkan saat mengunjungi satu tempat. Saat kita tidak fleksibel ini bisa berdampak negatif pada kita karena kita menutup semua kemungkinan hal seru yang terjadi (seperti ada festival seru di kota tersebut!) Coba kamu masukin waktu luang di rencanamu dan dijamin banyak hal - hal unik,aneh, dan keren banget yang terjadi.

 

6. Ayok Berani! Coba semua hal baru.

Coba semua hal baru. Jangan menutup diri.

Rasa takut memang selalu ada saat traveling sendiri. Ini saatnya kamu hilangkan pikiran aneh dan ketakutan ini dan jadilah berani. Pasti ada kan rasa penasaran gimana bungee jumping atau coba makanan paling eksotis di negara itu. Walaupun saat mencoba ada kemungkinan akan menyesal, tapi kamu tidak akan menyesal bahwa kamu bisa mengalahkan rasa takut yang ada di pertama kalinya.

7. Simpan Semua kontak mereka.

simpan kontak. Terus jangan lupa foto - foto deh

simpan kontak. Terus jangan lupa foto - foto deh via http://pixabay.com

Orang - orang yang kamu temui saat jalan - jalan akan menjadi temanmu selamanya. Biasanya interaksi antara kalian tidak akan lama. Lah, kamu mau melanjutkan pergi ke kota lain atau balik ke negara-mu pasti langsung lost contact. Jadi, pastikan kamu menyimpan semua kontak mereka. Simpan email atau paling tidak akun sosial media mereka. Kamu pasti mau melakukan ini. Terutama kamu tidak tahu kapan bisa bertemu mereka lagi. Alih - alih bisa mengunjungi negara mereka dan party bareng lagi.

 

8. Berperilaku baik. Tapi jangan kebaikan sampai kamu bisa dibohongi.

Tuh, hati -hati sama duitmu. Mau orangnya sekeren apapun tapi dia orang baru loh.

Tuh, hati -hati sama duitmu. Mau orangnya sekeren apapun tapi dia orang baru loh. via http://sheknows.com

Kamu bisa jadi orang baik. Tentu saja semua orang pasti baik. Buat teman baru yang seru untuk party bareng. Namun, kamu harus ingat dimana kamu berada. Yaitu di negara baru dimana kamu tidak mengerti norma dan kebiasaan di kota itu. Walaupun kamu berusaha membuka diri tetapi jangan sampai kamu terlena dan menurunkan barrier kamu. Di semua negara, paling kerenpun seperti di benua Eropa tetap akan ada yang namanya pencuri, jambret, atau semacamnya. pastikan semua dokumen, uang, dan paspor aman kamu simpan.

9. Fotokopi semua dokumen yang dibawa.

Wajib banget fotokopi semua dokumen.

Wajib banget fotokopi semua dokumen. via http://pixabay.com

Beberapa negara umumnya mau menerima hasil reservasi kamu via HP. Tapi, tidak semuanya begitu. Umumnya mereka mau kita print dokumen tersebut. Hal lain yang musti kamu ingat adalah memiliki semua fotocopy dokumen penting kamu: pasport, kartu kredit, print reservasi hotel, jadi saat dokumen ini apes dicuri kamu masih punya fotokopinya. Ingat saat keadaan darurat seperti ini akan sangat memudahkan hidupmu saat lapor polisi.

10. Kamu tidak sendiri.

Teman baru memang seru banget!

Teman baru memang seru banget! via http://pixabay.com

Traveling itu sangat seru, menegangkan, dan wow banget. Ada banyak komunitas atau solo traveler yang ingin bertemu dengan kamu, untuk memberikan tips atau saran, dan membantu saat kamu kesulitan. Traveling sendiri terkadang bisa terasa menakutkan tapi kamu perlu tahu bahwa banyak yang kayak kamu diluar sana. Pergi dan menjelajahi kota baru akan sangat menyeramkan tapi ini perasaan yang sangat normal. Ingat, saat kamu balik dari jalan - jalan kamu akan punya banyak cerita, momen seru dan bahagia, dan cerita yang mau kamu pamerkan ke teman dan keluargamu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya