“Minggu depan presentasi, jadi saya harapkan tiap kelompok mempersiapkan semua dengan baik. Dan semua hal yang dibutuhkan saat presentasi harus sudah siap setidaknya 5 menit sebelum kelas dimulai”.

Perang… dimulai!

Bisa jadi untuk beberapa siswa, presentasi akan menjadi hal yang sangat menyenangkan, di samping dapat menjelaskan dengan caa yang lebih jelas dan lengkap, namun tidak banyak juga siswa yang merasa sebaliknya. Bak badai harus berlalu, kita harus tetap bertahan sebelum si badai pamit pulang.

Ini dia! Jeng jeng jeeeng! Untuk lebih mempermudah presentasimu di kelas, kamu bisa lakukan hal-hal sederhana yang akan dibahas di bawah ini, baik itu untuk presentasi dalam bahasa Indonesia, Daerah atau asing sekalipun, cek yuk!

1. Kamu Hanya Butuh 3M (Matter, Method, Manner)

3M Presentasi via http://google.com

Memang sudah terdengar umum, namun nyatanya jika hal ini benar-benar diterapkan pada persiapan yang paling awal sebuah presentasi, dijamin deh presentasi kamu akan lanca. Baik dalam segi kepadatan dan bobot materi, komunikasi kamu dengan audience karena kamu memiliki metode yang baik dalam penyampaian, dan juga gestur yang mendukung!

2. Materi Bisa dimulai dengan Pemahaman Definisi Terlebih Dahulu

Definisi via http://google.com

Dengan seperti itu, kita akan memperoleh materi yang solid hanya dari penjabaran definisi. Tapi dalam hal ini kita juga harus mengasah skill kita dalam hal analisa materi, banyak referensi, ditambah rajin membaca dan sharing.

3. Siapkan Materi Berpola

Advertisement

Skema Materi Presntasi via http://google.com

Siapkan materi dan poin-poinnya dengan pola atau kerangka yang berurutan, ini bertujuan untuk mempermudah dalam hal penyampaian materi itu sendiri. Jangan sampai materi yang sudah baik kamu persiapkan tidak terpaparkan dengan baik hanya karena lupa poin.

4. Siapkan Bahan Presentasi yang Seimbang

Bahan Presentasi via http://google.com

Ilustrator presentasi jangan lebih lebay dan heboh dari pada materi yang mau disampaikan dan dikuasai. Bisa juga menyiapkan alat peraga langsung agar tidak monoton. Termasuk menyiapkan key paper kalau kamu belum pede harus presentasi tanpa “pegangan”.

5. Baca Kamus!

Kamus untuk Presentasi via http://google.com

Apa funsinya? Untuk menambah perbendaharaan kata dan juga modulasi. Jangan lupa pakai bahasa yang baik dan benar. Boleh sesekali menggunakan bahasa yang tidak formal (slang) dalam konteks tertentu.

6. Kuasai Materi dan Berlatihlah di depan Cermin!

Berlatih Presentasi via http://google.com

Cari juga referensi gestur dan mimik wajah yang baik digunakan. Hindari gerakan yang kurang bermakna atau bahkan mengandung arti tidak baik. Contohnya, tolak pinggang, menaruh tangan di saku celana dalam jangka waktu yang lama, bisa memberikan kesan arogan untuk presenter.

7. Cobalah Untuk Menggunakan Metode Baru

Metode baru presentasi via http://google.com

Seperti dalam hal membuka presentasi contohnya. Kamu bisa coba menaruh salam setelah kamu melakukan perkenalan. Atau sebagai pembuka, kamu bisa memberi sedikit ulasan tentang definisi atau garis besar materi presentasi yang akan kamu bawakan, lalu disambung salam dan mempekenalkan presenter.

8. Komunikasi dan Interaksi

Komunikasi Presentasi via http://google.com

Jagalah interaksi antara pembicara dan pendengar. Ajaklah seolah-olah kamu yang sedang memberikan materi, turut mengajak pendengar berpikir.

9. Tempo dan Ritme Bicara

Ritme Presentasi via http://google.com

Jagalah stabilitas nada bicara, jangan sampai terlalu cepat atau lambat. Tapi dalam hal intonasi, kamu bisa sedikit memolesnya dengan penekanan (emphasizing), misalnya dalam penyampaian poin materi, kamu bisa menyampaikan kalimatnya dengan cara sedikit menyentak atau diulang.

10. Jangan Lupa Berlatih ya!

Berlatih Presntasi via http://google.com

Ini diperlukan untuk pembiasaan saat presentasi nanti. Kamu bisa melakukannya di manapun! Terutama di kamar mandi, untuk mengasah materi, dan di depan cermin untuk mengevaluasi performance. Oh ya! Dan menurut beberapa penelitian, membaca pada 10 menit sebelum tidur, lebih efektif untuk mengingat materi yang dibaca. Itu berarti akan mempermudah dalam penguasaan bahan presentasi kamu.

Selamat mengaplikasikan!