Saat ini usia bukanlah batasan bagi seseorang untuk bisa memulai meniti karirnya sendiri sesuai apa yang ia inginkan. Karena sadar diri, semakin dewasa seseorang bukanlah jaminan bahwa sebuah lapangan pekerjaan selalu ingin memakai jasanya untuk jangka yang lebih lama lagi.

Maka dari itu, memulai berwirausaha selagi ada kemauan dan niat untuk serius menjalankannya adalah hal yang bisa dilakukan mulai dari hampir semua kalangan. Seperti halnya yang menjadi kebutuhan sehari – hari hampir dari banyak kalangan yang menyukainya adalah minuman cepat saji. Karena secara alami manusia memerlukan air setiap hari untuk menjaga stabilitas kinerja organ tubuh dan menjaga kebugarannya. Dan sampai sekarang ini, banyak bermunculan bisnis café dari yang berkonsep sangat sederhana dengan harga yang merakyat hingga konsep café yang benar – benar menonjolkan kualitas minuman mereka dan sangat profesional dalam proses pembuatannya. Tentunya hal itu akan berbayar dengan banderol harga minuman yang cukup menguras kantongmu sesuai tingkat kesulitan pembuatan dan kualitas bahan dasar minuman yang digunakan.

Seperti halnya kopi, hampir sebagian banyak kalangan tidak menolak bahwa secangkir kopi hangat atau kopi yang disajikan menggunakan es mempunyai cita rasa dan kenikmatannya tersendiri. Selain caffeine yang terkandung dalam secangkir kopi bisa meningkatkan stamina dan mood seseorang seketika, kopi juga memiliki banyak varian biji kopi yang sangat diminati para pecinta kopi. Untuk konsumsi lain dari para food photographer pun juga sangat instagramable. Jadi inilah alasan banyak dari pemilik bisnis café menyediakan menu kopi sebagai menu utama bahkan menu andalan dari café mereka. Seringkali ketika bisnis sudah berjalan, tidak semudah dan semulus yang direncanakan di awal adalah dilema tersendiri bagi para pebisnis. Dan itulah mengapa evaluasi dan perencanaan beberapa strategi pemasaran adalah hal penting yang harus selalu diperhatikan oleh para wirausahawan.

Berikut beberapa alasan mengapa sebuah cafému bisa selalu ramai pengunjung.

1. Harga Menu

cafe menu

cafe menu via https://pexel.com

Jangan pernah beranggapan jika café adalah standar yang lebih untuk memasang tarif menu yang tinggi jika kamu tidak mempertimbangkan lokasi usaha cafemu berdiri. Hal ini sangat penting karena kesalahan besar jika kamu mendirikan sebuah usaha café di lokasi yang kemampuan ekonominya tidak sebanding dengan mahalnya bahan baku serta anggaran yang kamu keluarkan untuk operasional usaha cafemu. Sebaiknya amati dulu ketika kamu baru memulai bisnis café dengan budget yang tidak terlalu banyak. Karena pada kenyataannya, brand – brand café yang sudah terkenal dan banyak digandrungi para cafetarian dengan banyak franchise yang tersebar hampir di berbagai negara tidak memulainya dengan budget yang fantastis tanpa riset dan selalu menjaga kualitas menu yang mereka sajikan. Setelahnya baru usaha untuk membuat beberapa inovasi menu adalah langkah jitu untuk menambah keuntungan. Maka harga yang bersahabat akan menjadi magnet utama padi bisnis cafemu.

2. Kualitas Menu

Advertisement

Yang kedua adalah soal urusan kualitas menu yang kamu sajikan entah itu berupa makanan atau minuman. Bahan dasar dengan kualitas terbaik adalah setengah porsi dari jaminan bahwa menu itu mempunyai kualitas rasa yang nikmat. Selanjutnya bergantung pada teknik pengolahan yang tepat dimana kamu bisa memastikan menu yang kamu sajikan kepada para pengunjung sama enaknya saat kamu mencicipinya. Karena memastikan rasa itu penting, pembeli tidak akan menolerir dan bisa merasa kapok karena kesalahan rasa yang ada pada menu yang kamu sajikan, walaupun sebagus apapun penampilannya. Setelahnya kamu bisa menaikkan harga secara perlahan ketika menu yang kamu sajikan banyak yang meminatinya dan mengaku puas dengan kualitas rasanya. Jika kamu baru memulai sebuah bisnis café, ada baiknya jika kamu tetap berusaha menjaga kualitas menu minuman atau makanan namun dengan budget pengeluaran yang tidak terlalu besar.

3. Design Interior Cafe

Tidak semua pembeli datang ke cafemu hanya untuk melepas dahaga atau lapar mereka, namun ada alasan mengapa mereka juga ingin bersantai dan menyalurkan hobi fotografi mereka selagi menikmati menu yang mereka pesan. Salah satunya adalah design interior café yang kamu dirikan, pembeli akan merasa nyaman dan betah berlama – lama di cafemu dengan kemungkinan menambah lagi sejumlah menu yang ia pesan. Sesuaikan design interior yang seramah mungkin dan warna cat atau design yang tidak terlalu membuat mata para pengunjung bosan melihatnya.

Karena penataan futniture atau design hiasan tembok serta kesalahan pemilihan warna cat yang tidak sinkron dengan warna lampu akan membuat rasa tidak nyaman pada para pengunjung dalam waktu yang lama. Design yang simpel namun dengan penataan yang rapi saja dan bersih saja sudah cukup membuat banyak orang tertarik untuk datang ke cafemu. Atau jika kamu mempunyai budget lebih, kamu bisa menyediakan ruangan roof top atau bertingkat dua yang bisa lebih menjadi daya tarik bagi cafemu.Bisa juga jika kamu ingin menyediakan ruangan luas di belakang ruangan utama, dengan konsep outdoor. Karena tidak setiap pengunjung menikmati suasana ruangan tertutup dan monoton, kadang mereka juga ingin mengambil foto selfie yang instagramable dan juga untuk berganti suasana cafe yang lain.

4. Tentukan Konsep Cafemu

Cafe concept

Cafe concept via https://www.google.com.ua

Advertisement

Design interior yang sudah kamu rencanakan hanyalah finishing dari kesempurnaan café yang kamu inginkan. Ada baiknya jika kamu memiliki suatu konsep café yang terkesan unik namun tidak lebay yang nantinya banyak orang tertarik untuk datang ke cafemu. Banyak dari pemilik café yang men-design cafenya ala kadarnya saja, sehingga tidak terlalu menarik minat calon pengunjung yang melewatinya. Konsep café yang unik dan punya ciri khas adalah magnet yang ampuh untuk menarik para pembeli.

5. Aktiflah Mempromosikannya di Media Sosial

social media

social media via https://www.google.com.ua

Di era globalisasi ini banyak orang lebih banyak mengandalkan jejaring sosial untuk melihat sesuatu yang baru daripada mereka menyempatkan diri langsung untuk mendatangi sebuah tempat. Seperti halnya usaha bisnis café, akan sangat menguntungkan jika kamu giat mempromosikannya di akun berbagi foto dan video seperti di instagram. Media sosial ini terkenal paling “worth it” untuk media promosi sebuah usaha bisnis seperti café. Dan selanjutnya proses getuk tular yang sudah termodernisasi oleh kecanggihan berbagi di jejaring sosial seperti beberapa media sosial yang paling banyak penggunanya seperti path, whatsapp, twitter, facebook akan lebih menguntungkan. Biasanya secara otomatis para pengunjung yang merasa nyaman berkunjung ke cafému atau menikmati menu yang disajikan, secara otomatis mereka akan membagikannya di media sosial sekaligus dengan alasan tetap menjaga ke eksisannya sebagai generasi kekinian. Dengan pengembangan fitur location, media sosial sekarang bisa dikatakan sangat mendukung banyak orang untuk mudah menenmukan atau menandai lokasi sebuah tempat yang banyak orang juga mencarinya.

6. Pelayanan yang Super Ramah

Kamu tidak bisa menyepelekan jasa pelayan café dalam urusan kepuasan pelanggan selama berkunjung di cafemu. Bagaimanapun pembeli adalah raja dalam urusan bisnis penyedia jasa minuman dan makanan. Seseorang tidak mudah puas dan bisa kapok datang ke cafemu ketika kamu memiliki pelayan yang ogah – ogahan dan moody ketika melayani pelanggan. Yang perlu kamu ingat adalah pembeli juga manusia yang lebih senang diperlakukan dengan baik dan dari mereka pun pendapatanmu bertambah. Instruksikan kepada para pelayanmu untuk menjaga cara memandang pelanggan yang kurang sopan semisal dengan sorot mata yang tajam seakan pelayanmu menunjukkan kesan tidak welcome kepada para pembeli. Karena ada tipe pembeli yang tidak suka diperhatikan terlalu lama ketika ia sedang menikmati makanan atau minuman yang disajikan.

7. Menambahkan Fitur Wifi

Banyaknya pengguna gadget di jaman sekarang ini dengan koneksi yang semakin dipermudah untuk jangkauan yang lebih luas adalah kesempatanmu untuk menyediakan jasa berbagi koneksi melalui fitur wifi di tempat café yang kamu rintis. Meskipun banyak operator yang semakin mempermudah para pelanggannya untuk memilih jumlah kuota internet sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna melalui pembuatan beberapa paket, tidak semua orang selalu berlangganan internet dan juga kebanyakan hanya menggunakan keperluan internet seperlunya untuk keperluan yang mendadak. Dan sebagai nilai plus selain kenyamanan dan kualitas menu, biasanya, café yang menyediakan fitur wifi akan lebih diminati banyak orang.

8. Kebersihan

clean cafe room

clean cafe room via https://www.google.com.ua

Bagi setiap tempat makan, kebersihan adalah salah satu harga mati yang mempengaruhi kepuasan pelanggan saat makan di tempat makan, terutama bagi kamu yang meringkas konsep tempat makan itu senyaman dan sesantai café. Ada baiknya jika kamu sebagai pemilik untuk mengintstruksikan kepada para pelayan yang bekerja ditempatmu untuk selalu membersihkan meja makan maupun area café setiap saat, jangan sampai ada pengunjung yang merasa tidak nyaman karena ada beberapa sampah di lantai, noda yang belepotan di meja makan, atau bau tidak sedap dari sampah yang berada di sela – sela ruang cafemu jika kamu menggunakan konsep café yang menggabungkan kesan elegan dan lebih natural dengan beberapa hiasan tanaman dalam bentuk pot mini ataupun ada space tanah yang diselaraskan dengan lantai café.

9. Terima Kritik dan Saran Dari Pembeli

giving opinion

giving opinion via https://www.google.com.ua

Pelanggan adalah ibarat ladang emas bagi kamu yang ingin cafému selalu ramai didatangi pembeli – pembeli baru yang akhirnya akan berakhir dengan setia berlangganan, karena mereka menilai cafemu menyediakan layanan yang memuaskan hati pelanggan ketika mereka menikmati menu ringan yang disajikan disana, dan juga mereka bisa menularkan pengalaman mereka ketika berada di cafemu dengan menu-menu yang promotable. Ketika suatu waktu mereka sedang mengajakmu yang kebetulan berada di meja kasir untuk membayar tagihan dari menu yang mereka pesan, terimalah dan saring dengan seksama saran dan kritik yang mereka berikan kepadamu. Kadang ketika menanyakan menu minuman yang tidak ada di daftar menu cafemu dan menyarankan bahwa ada menu enak yang banyak diminati ketika ia mencoba menu di café di kota lain itu juga akan semakin menambah opsi jitumu untuk meningkatkan pendapatan dan meraup sebanyak – banyaknya pelanggan setia.

Namun soal pertimbangan, seluruhnya berada di tanganmu yang bisa memperkirakan sebatas mana kamu bisa membagi budget untuk menu yang sudah ada di cafemu dan menu baru yang kamu perkirakan tidak terlalu menghabiskan budget bulanan cafemu.

10. Memberi Fasilitas Musik

music speaker

music speaker via https://www.google.com.ua

Jika kamu ingin menambah kesan nyaman dan cozy di usaha cafe yang sedang kamu rintis, ada baiknya jika kamu menambahkan fasilitas musik yang dijamin bisa membuat betah para pelanggan yang mampir ke cafemu. Atau bisa juga mereka malah ingin menambah pesanan menu karena masih sayang rasanya jika cepat – cepat beranjak sembari menikmati suasana. Asalkan kamu masih bisa menyesuaikan genre musik yang easy listening dan tidak terlalu keras di telinga baik musik atau liriknya saja sudah cukup. Karena musik yang lebih hits atau umum disukai banyak orang akan lebih bisa diterima pengunjung mengingat mereka juga menginginkan sisi kenyamanan dibanding sisi kenyang.

Itulah dia beberapa tips agar cafemu ramai pengunjung dan pengunjung terpuaskan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya