Film yang baru saja memuncaki tangga box office kali ini adalah sebuah film ber-genre horor yang sebenarnya adalah versi remake dari film horor dengan judul yang sama pada tahun 90-an.

Sebagian dari kalian yang sudah nonton film ini, pasti nggak akan kebingungan lagi dengan judul film horor yang dimaksud. Ya, film bergenre horor yang diangkat dari novel terkenal karya Stephen King dengan judul “It” ini sudah mampu merebut hati jutaan penggemar film horor di berbagai penjuru dunia. Film yang bercerita tentang seorang badut penari berjuluk Pennywise ini kata si pengarang novelnya sendiri adalah sebuah makhluk dari planet Macroverse yang hanya muncul setiap 30 tahun sekali untuk mengganggu manusia. Pennywise bukan hanya mengganggu, tapi juga bisa melukai dan menawan para korbannya untuk dijadikan sandera dimana rasa takut dari para korban yang kebanyakan anak kecil inilah yang kemudian diserap dan menjadi sumber kekuatannya untuk tetap hidup di dunia manusia.

Karakter badut sadis bernama Pennywise ini identik dengan balon merah yang digunakannya untuk merayu para anak kecil agar mereka mau mendekat dan tidak menyadari bahwa mereka sedang dalam bahaya. Riasan make-up pada wajah Pennywise sendiri juga tidak terkesan lucu dan malah terkesan seram dengan gigi kelincinya yang bisa berubah menjadi sejumlah gigi tajam untuk memangsa korbannya. Tokoh ini diperankan oleh aktor bernama Billy Skarsgard yang dinilai oleh sang sutradara lebih mempunyai kesan angkuh pada mimik wajahnya. Bahkan si aktor juga sempat berbagi pengalaman pribadinya ketika berlatih dalam memerankan si Pennywise ini, sampai – sampai ia sering bermimpi buruk dan terbayang – bayang sosok Pennywise.

Karakter badut pembunuh ini sebenarnya terinspirasi dari seorang badut pesta ulang tahun di Amerika, yang mempunyai julukan badut Pogo dimana badut ini juga mengincar banyak anak kecil untuk menjadi korban pelecehan seksual dan juga pembunuhan. Mengenai sosok badut yang berubah menjadi sosok yang seram, pandangan ini ada dalam buku karya Ben Radford yang berjudul Bad Clowns yang di rilis pada tahun 2015. Menurut Ben, dalam budaya badut populer, badut selalu menjadi sosok karakter yang ambigu. Dimana badut tidak pernah benar-benar baik, sehingga tidak akurat untuk menanyakan kapan badut berubah menjadi sosok yang jahat. “Dan mereka tidak pernah mengklaim menjadi baik.” Kata Ben pada The Guardian.

Ngomong-ngomong soal sosok badut yang alih-alih terkesan lucu dan bersahabat malah mempunyai sisi kejam, berikut sosok “Bad Clowns” yang ada di dunia nyata maupun karakter yang ada dalam sebuah film.

1. Cold Case Clown

tonic.vice.com via https://www.google.com.ua

Kasus tentang teror badut jahat pertama kali terjadi di wilayah Wellinton, Florida Amerika Serikat. Saat itu, seorang wanita bernama Marlene Warren membukakan pintu ketika ia mendengar seseorang mengetuk pintu dari luar. Ketika pintu sudah terbuka, tak disangka ternyata yang berada di hadapannya adalah badut berhidung bulat dan berwarna merah memegang sebuah bouquet bunga berwarna merah dan putih, lalu dua buah balon di tangan satunya.

Salah satu balon yang dibawanya ditempeli sebuah gambar putri salju. Lalu si badut dengan tiba-iba memukul si Marlene tepat pada wajahnya dengan keras dan akhirnya Marlene tumbang tak sadarkan diri. Setelah dua hari menjalani perawatan di rumah sakit, Marlene meninggal dunia. Keterangan dan kesaksian ini diperoleh polisi dari anaknya, yang ketika itu sempat melihat si badut kabur dan tak ditemukan lagi keberadaannya. Dan Menurut keterangan kepolisian di wilayah West Palm Beach, suami Marlene yang bernama Michael Warren adalah saksi kunci yang demi sedikit bisa mengurai benang kusut yang menjadi motif pembunuhan oleh si badut. Ternyata setelah diselidiki lebih lanjut, Michael Warren sedang ada dalam suatu hubungan tertentu dengan karyawan perempuannya dan ada sedikit motif kecemburuan didalam aksi teror ini.

Dan lebih lanjut ternyata ditemukan bukti pembelian bunga dan balon di dekat apartemen si karyawan sebelum bunga dan balon itu dikirimkan ke rumah Marlene Warren. Lalu salah seorang penjaga toko baju di tempat ia membeli kostum badut ikut membenarkan setelah dimintai keterangan, bahwa si badut ternyata adalah karyawan perempuan di tempat Michael Warren bekerja. Sayangnya kasus ini hanya menemui titik buntu dalam penetepan dan penahanan tersangka yang dikarenakan pihak kepolisian kesulitan dalam melacak si karyawan wanita yang hilang entah kemana.

2. Klutzo The Clown

Advertisement

empireviralterkini.com via https://empireviralterkini.com

Fakta lainnya tentang teror sosok badut jahat terjadi pada bulan Oktober 2007. Saat itu pihak pengawas di bandara San Fransisco meminta kamera digital miliknya untuk diperiksa, setelah ia menjadi DPO (Daftar Pencarian Orang) terkait kecurigaan pihak kepolisian mengenai tersangka pedofilia saat ia sering terlihat bersama anak laki-laki saat ia melakukan tur pertunjukkannya di House of Joy Orphanage, Filipina.

Saat itu pihak pengawas bandara menemukan foto-foto anak laki-laki yang sedang bermain, mandi, dan duduk tanpa mengenakan sehelai benang pun namun tanpa menampakkan bagian intimnya. Menurut pembelaan A. Paul Carlorck Jr nama asli dari tokoh badut Klutzo clown yang diperankannya, ia mengaku bahwa si anak laki-laki memang seorang anak laki-laki miskin yang tidak mampu membeli satu pun pakaian dan memang itulah kesehariannya.

Keterangan mengejutkan lainnya didapat saat 3 anak laki-laki yang masih polos yang dicurigai sebagai korban si Paul Carlorck mengatakan bahwa mereka saat itu sempat terbangun dari tidur mereka dan menyadari Carlorck sudah tidak ada. Mendengar hal itu, pihak kepolisian di wilayah Springfield, Illinois langsung memeriksa kediaman Paul Carlocrk dan menemukan 21 video porno anak-anak. Dalam jejak rekam yang didapat pihak kepolisian terhadap latar belakang dirinya, Paul Carlorck memang selalu bekerja di tempat yang mempunyai ruang untuk bertemu dengan anak-anak seperti di sekolah, Illinois Department of Public Health’s Child Health Division, pernah menjadi seorang relawan di Big Brothers Big Sisters, dan pernah berakting sebagai sosok karakter detektif dalam sebuah police department.

Pada akhirnya ia meninggal pada bulan November 2007, saat masa percobaan penahanan dan meninggal setelah 39 hari mengalami komplikasi penyakit serta luka yang ia dapat karena melawan sipir penjara.

3. Bandes de Clown

allocine.fr via https://www.google.com.ua

Kali ini sosok “Bad Clown” berasal dari negara Perancis, dimana pada Oktober 2014 pihak kepolisian dari Mediterranian port in the South of France menahan 14 orang yang diduga sebagai peneror berkostum badut yang sering tiba – tiba mengejar para warga kota dan juga mengeluarkan suara tertawa yang aneh. Teror lainnya yang terjadi adalah seorang laki – laki berumur 35 tahun tiba – tiba dipukul dengan tongkat besi dan membuatnya jatuh tersungkur tak sadarkan diri. Di kota lain, seorang pelajar di kota Besancon harus terluka tangannya karena berusaha menahan pisau yang dilayangkan ketika si badut mencoba menyerangnya.

Lalu 4 orang berkostum badut juga tiba-tiba mengeroyok seorang pelajar di kota Lievin. Kemudian setelah rentetan kejadian ini, pemerintah Perancis melarang para warga negaranya menggunakan kostum badut pada bulan November 2014. Terkait aksi teror badut ini, pihak kepolisian menyalahkan badut peneror di kota Wasco, California yang juga sempat terjadi aksi teror serupa disana.

Menurut keterangan pihak kepolisian Perancis, rumor tentang teror badut ini mulai beredar sejak pertengahan Oktober melalui video yang diunggah di Youtube oleh dua orang berkebangsaan Italia di Channel DM Pranks. Video yang sempat viral pada tahun 2014 itu diberi judul “Killer Clown Scare Prank” yang sudah ditonton lebih dari 527 juta netizen. Dan menurut si pengunggah video, sebenarnya ini hanyalah bahan bercandaan ketika ia ingin mengerjai temannya dengan mengenakan kostum badut dan membawa kayu yang dibentuk menyerupai jempol like di Facebook. Dan pemuda itupun akhirnya ditahan karena melakukan teror kepada warga kota dengan menggunakan kostum di kota Bethune, walaupun ia bukanlah pelaku penyerangan sebenarnya yang juga ikut ditahan pihak kepolisian disana.

4. Wasco Clown

Yang satu ini kembali terulang dari negara Amerika, dimana teror badut yang menyerang warga kota terjadi di kota Wasco dan Bakersfiled, di wilayah California. Kejadian ini berawal dari sebuah pasangan di kota Wasco yang mengunggah sebuah foto ketika mereka menggunakan sebuah kostum badut yang mengerikan untuk sebuah project kesenian tahunan. Namun kostum itupun menjadi viral dan banyak yang membuat kostum sama persis dengan yang mereka unggah. Menurut pihak kepolisian di Bakersfield, seperti yang disampaikan The Reuters dan dikutip oleh Nypost, para badut ini tersebar dimana-mana dari yang menenteng senjata api sampai membawa pisau dapur kemudian memanjat genteng rumah.

Untungnya ada satu orang pemuda yang tertangkap oleh pihak kepolisian ketika ia terlihat sedang menakut-nakuti seorang warga dengan mengenakan kostum badut. Menurut penelusuran yang dilakukan oleh pihak kepolisian, sejumlah akun media sosial dari Facebook, Twitter, Instagram yang mengunggah foto dan mengklaim bahwa diri mereka adalah para badut peneror sudah tidak aktif lagi sejak tersebar kabar penangkapan pemuda itu. Dan hanya tersisa satu akun media sosial yang terlacak dan belum sempat dihapus oleh si pemilik akun.

5. Pogo The Clown

abcnews.go.com via https://www.google.com.ua

Badut peneror sekaligus pembunuh yang berada dalam rating teratas adalah badut berjuluk “Pogo” yang mempunyai nama asli John Wayne Gacy, yang merupakan salah satu badut pesta ulang tahun dan juga banyak diundang untuk menghibur anak-anak yang sedang sakit. Kelainannya pertama kali mengenai kasus sodomi yang semakin mengubah dirinya menjadi psikopat menurut keterangan data kepolisian setempat adalah perilaku menyimpangnya yang ia lakukan pada anaknya yang berusia 15 tahun dan menyuruhnya melakukan oral seks.

Dalam keputusan hakim, Gacy dijatuhi hukuman 10 tahun masa hukuman, namun atas bukti perlakuan baiknya ia diberikan kekurangan penahanan yaitu selama 12 bulan. Setelah masa penahanannya Gacy ditinggalkan istrinya dan mengalami perceraian. Setelahnya ia tinggal di wilayah Illinois pada tahun 1970 dan dimulai dari situ ia menikah lagi dengan seorang wanita dan memulai bisnis kontraktor yang menjadi cikal bakal juga ia membuat karakter Pogo sebutan bagi badut yang ia tampilkan dalam acara pesta ulang tahun anak-anak.

Setelah ia bercerai dengan istri keduanya pada tahun 1975, menurut yang dituliskan oleh NY post ia sudah melakukan berbagai tindakan kriminal seperti penganiayaan, pemerkosaan,dan pembunuhan lebih dari 33 anak laki-laki. Akhir dari ceritanya adalah ia dieksekusi dengan hukuman mati berupa suntikan mati yang mengakhiri hidupnya pada tahun 1994, tepatnya pada tanggal 9 Maret 1994.

6. Pulcinella

pullcinellapasta.wordpress.com via https://www.google.com.ua

Kali ini bukanlah seorang badut peneror atau pembunuh yang menjadi sosok menyeramkan, melainkan ini adalah karakter dalam pertunjukkan teater yang menggunakan riasan seperti badut dengan hidung panjangnnya yang khas dan wajah berwarna hitam gelap,ia memiliki karakteristik yang jahat, licik, dan pura-pura bodoh untuk mengalahkan musuhnya . Ia juga adalah orang yang muncul dalam beberapa diksi yang merupakan karakter dalam beberapa drama fiksi modern yang tertuang juga dalam sebuah novel berisi “Life Expectacy” karya Dean Koontz. Ada anggapan yang beredar juga, bahwa ia adalah nenek moyang dari badut yang mempunyai sisi jahat dan psikopat.

7. Doink

cagesideseats.com via https://www.google.com.ua

Kali ini juga bukan sosok karakter pembunuh melainkan ia juga sosok badut jahat yang pernah ikut dalam suatu acara gulat yang dulu bernama WWF atau singkatan dari World Wrestling Federation yang sekarang lebih dikenal dengan SmackDown. Yang menjadi ciri khusus dari badut Doink yang menggunakan riasan badut berwajah seram adalah ia selalu berakting memecahkan balon dengan cerutu, menyemprotkan air ke penonton, dan juga menggunakan jurus andalannya dengan tangan palsu untuk menyerang penonton. Terlebih, musik yang digunakan untuk menyambut kedatangannya ke arena gulat dimulai dengan alunan musik sirkus yang juga secara tiba-tiba berubah menjadi nada yang terkesan seram layaknya sebuah musik pengisi dalam sebuah film horor

8. Killer Clown

Selanjutnya masih tentang karakter badur yang jahat namun kali ini ia berasal dari karakter sebuah film yang bercerita tentang sekelompok badut pembunuh yang berasal dari planet lain dan mendaratkan dirinya di Bumi. Karakter killer clown ini pandai dalam menyamarkan diri, dikarenakan saat mereka menampakkan diri pada manusia sangat rahasia dan juga lebih terkesan rapi dengan pesawat luar angkasa mereka yang menyerupai kubah sirkus, sampai-sampai orang-orang di kota tidak menyadari bahwa mereka adalah sekelompok badut pembunuh yang sangat berbahaya. Senjata mereka pun cukup unik, seperti pistol laser yang terlihat seperti mainan anak, boneka pembunuh, dan juga anjing pelacak yang berbentuk seperti balon.

9. Payday Clown Mask

payday.wikipedia.com via https://www.google.com.ua

Walaupun bukan sosok badut yang menggunakan riasan khas ala badut pesta ulang tahun anak-anak, namun mereka adalah sosok badut yang juga kejam dalam melakukan perampokan bersenjata dengan pembunuhan. Mereka adalah spesialis perampok bank, yang sangat kejam dan sadis ketika menampilkan sisi lucu dari topeng badut yang dimilikinya. Mereka beraksi dengan senapan otomatis yang juga kerap tak kenal ampun pada orang-orang yang dianggap menghalangi aksi mereka maupun yang tidak bersalah sekalipun.

10. Joker

walldevil.com via https://www.google.com.ua

Tentu karakter ini sudah taka sing lagi bagi kalian yang pernah menonton film Batman, khususnya film Batman yang berjudul “The Dark Knight”. Joker adalah seorang psikopat yang pernah mengalami gangguan jiwa dan dikurung di rumah sakit jiwa yang diberi nama Arkham Asylum di kota Gotham. Awalnya ia mengalami masa lalu yang kelam, karena semasa ia kecil, ia pernah mengalami perampokan di rumahnya ketika saat itu ayah dan ibunya dibunuh lebih dulu oleh sang perampok. Kemudian untuk membungkan si Joker yang masih kecil, sang perampok tega menyayat mulutnya dari sisi pipi kanan melewati sisi mulut dan berlanjut ke sisi kiri pipi. Sayatan di mulutnya yang melebar lebih dikenal dengan sebutan “Chelsea Smile” dan ia berjanji tidak akan pernah bersedih lagi dengan sayatan itu yang menyerupai sebuah senyuman.

11. Pennywise

themarysue.com via https://www.google.com.ua

Ini adalah karakter fiksi bersifat antagonis dalam sebuah film horor klasik yang diangkat dari novel Stephen King. Film ini juga sempat dijadikan sebagai sebuah serial tv, dimana ia juga menceritakan seorang badut berwajah seram dengan rambut ikalnya yang berwarna merah dan giginya bisa berubah menjadi tajam saat ia sedang ingin menyerang, terutama korban yang paling disukai adalah anak-anak yang diliputi dengan ketakutan saat melihatnya. Menurut Stephen King yang membuat karakter badut Jahat bernama Pennywise ini, Ia adalah badut yang berasal dari planet Macroverse, sebuah planet fiksi dan ia hanya datang ke bumi untuk meneror anak-anak kecil setiap 30 tahun sekali.

Namun dalam film “It” yang sekarang ini sukses menembus tangga film box office ini, dibuat versi remake-nya dengan riasan yang masih ada kesan lucu namu juga sekaligus menyeramkan. Ditambah dengan dua giginya yang menonjol seperti sebuah gigi kelinci dan selalu membawa balon merah. Si Pennywise dapat merubah bentuk menjadi bentuk lain seperti sosok zombie atau hantu bermuka dan berbadan lonjong. Namun anehnya, korban-korban dari si Pennywise ini akan mengambang setelah aura ketakutannya diserap oleh si Pennywise untuk tetap bertahan di bumi.

12. Zombie Clown

Blumhouse.com via https://www.google.com.ua

Karakter badut yang satu ini ada dalam sebuah film horor berjudul Zombie Land, yang menceritakan sebuah kota yang secara tiba-tiba diserang oleh sekelompok Zombie yang kemudian bagi mereka yang tergigit oleh Zombie, akan mencari mangsa lainnya dan akhirnya sampai seluruh kota dijangkiti virus Zombie. Mereka yang masih bertahan harus menaiki sebuah truk untuk kabur dari kota sembari menerobos kerumunan zombie yang masih haus untuk mencari mangsa lagi. Kemudian ada seorang badut yang juga ikut terinfeksi virus Zombie, setelah ia tergigit oleh Zombie dalam usaha pelariannya dari kota.

13. Cult Clown

horrorfreaknews.com via https://www.google.com.ua

Karakter fiksi lain dari badut jahat yang juga memiliki kecenderungan untuk bisa membunuh, adalah sosok badut yang berada dalam serial horor di sebuah channel tv berlangganan dengan Judul American Horror Stories. Cult sendiri diceritakan sebagai sebuah badut menyeramkan yang tidak bisa mati, yang juga menyerang anak-anak sebagai mangsanya. Ia sangat terobsesi untuk membunuh anak-anak yang masih polos. Karakter badut Cult ini ada dalam American Horror Story Season 7 dengan ciri khas bunga mawar lusuh di bagian dadanya, gigi tajam, sorot mata dan riasan yang seram, dan juga topi bundarnya.

Menurut kamu mana yang lebih serem?