Suasana Halloween seringkali berkaitan dengan dekorasi, aksesoris, dan pernak - pernik seram. Seperti halnya rumah bernuansa seram juga menjadi sebuah lokasi yang cukup menarik. Tapi lain dengan suasana Halloween, rumah-rumah berhantu adalah rumah yang menyimpan kesan horor di dalamnya. Tak jarang juga, orang yang melewati rumah kosong, tak terawat, dan terkenal angker akan bergidik saat melewatinya.

Dalam film horror pun juga demikian, kebanyakan rumah kosong dan tidak terawat adalah lokasi munculnya karakter hantu. Namun bukan dalam cerita film saja, dalam dunia nyata pun demikian. Biasanya sih, rumah kosong yang terkenal angker dan tidak terawat adalah bekas lokasi pembunuhan. Itulah yang menjadikan para calon pembeli rumah berpikir dua kali untuk membelinya. Padahal tidak semua rumah bekas lokasi pembunuhan seperti itu juga. Dan seperti cerita horor yang beredar, biasanya ditambah dengan cerita-cerita mistis semisal seringnya terlihat sebuah penampakan di rumah itu.

Ngomong-ngomong soal rumah angker, berikut 13 rumah angker di Amerika.

1. The Whalley House

whaleyhouse.org via https://www.google.com

Sebuah rumah yang berlokasi di San Diego, sebuah wilayah Amerika terdapat rumah kosong yang terkenal dengan keangkerannya lewat roh penasaran yang bernama James atau "Yankee Jim". Menurut cerita, yang beredar The Whalley House, anak perempuan dari si pemilik rumah bunuh diri di rumah ini pada tahun 1885. Namun sekarang, rumah ini dijadikan sebagai museum dan sebuah situs sejarah California.

2. The Ammity Horror House

curbed.com via https://www.google.com

Rumah angker lainnya, adalah The Ammityville Horror House. Rumah angker ini terkenal dengan cerita Ronald J Defeo Jr yang membunuh semua anggota keluarganya di rumah mereka yang berada di Long Island. Pembunuhan ini dilakukan di kasur kamarnya pada tanggal 13 November 1974. Sejumlah pemilik yang tertarik untuk membeli rumah ini kabarnya juga banyak ditemui hal-hal berbau mistis di dalam rumah.

3. Menendez Murders Home

Cerita lebih seram lagi berasal dari dua bersaudara Menendez, mereka berdua adalah pelaku pembunuhan sadis kedua orang tua mereka di wilayah Beverly Hills tempat kediaman mereka. Nama keduanya adalah Eric dan Lyle Menendez, anak dari Jose dan Kitty Menendez. Hal yang membuat banyak orang tidak habis pikir adalah tujuan mereka membunuh kedua orang tuanya adalah untuk mendapatkan kesan jahat dan kejam.

Kejadian ini bermula ketika mereka berdua membeli dua pucuk senjata jenis shotgun di toko Big 5 Sporting Goods, di wilayah San Diego pada 18 Agustus 1989. Pada tanggal 20 Agustus 1989, mereka melepas tembakan sebanyak 15 kali ke arah kedua orang tua mereka, saat kedua orang tuanya sedang duduk di sofa sembari menonton program televisi.

Sadisnya aksi mereka diakui oleh Erik yang menembak lebih dulu di bagian belakang kepala ayahnya, dan dilanjutkan oleh Lyle yang menembakkan peluru shotgun tepat di wajah sang ibu. Kedua bersaudara yang berusia 21 dan 18 tahun ini selanjutnya menonton film Batman di bioskop.

Lalu mereka mengganti pucuk shotgun yang sudah digunakan dengan pucuk shotgun baru dan mengganti baju mereka dengan yang baru sebelum mereka kembali ke rumah dan menghubungi polisi dengan berpura-pura seseorang telah membunuh kedua orang tuanya di rumah. Anehnya mereka tidak ditahan setelah pembunuhan itu dan polisi tidak menaruh curiga. Setelahnya uang kedua orang tua mereka dihabiskan untuk berfoya-foya dengan berpesta, travelling, dan berbelanja jam dan mobil mahal dengan total pengeluaran mencapai 1 juta Dollar Amerika.

4. The JonBenet Ramsey House

flickr.com via https://www.google.com

Rumah angker ini terkenal dengan cerita pembunuhan anak kecil yang masih berusia 6 tahun di rumahnya, Colorado. Cerita tentang pembunuhan sadis ini semakin berkembang tiap tahunnya walaupun tidak ada yang tau, siapa pihak yang menempati rumah itu saat ini.

5. The Lalaurie House

roadtrippers.com via https://www.google.com

Rumah besar dengan design bangunan kuno ini berlokasi di New Orleans. Angkernya rumah ini akibat dari kasus pembunuhan pada beberapa pembantu rumah tangga dari si pemilik rumah. Sang pemilik rumah terkenal sebagai seorang sosialita kaya bernama Madame Marie Delphine Lalaurie. Kejadian ini terungkap setelah beberapa tetangganya mendatangi rumah Marie ketika mendengar suara letusan. Marie ditangkap saat aksi pelariannya ke Paris.

6. The Villisca Ax Murder

youtube.com via https://www.google.com

Rumah bercat putih yang terdapat di jalanan sepi Villisca, di Iowa ini adalah rumah dengan bekas lokasi pembunuhan pada 10 Juni 1992. Seseorang membunuh Josiah Moore dan seluruh anggota keluarganya ditambah dua orang tamu yang sedang berkunjung ke rumah itu. Para turis yang ingin menjajal suasana seram rumah Villisca ini kabarnya sering mendengar dan melihat dan terkesan seperti bergerak di bawah atap rumah.

7. Myrtles Plantation

en.wikipedia.org via https://www.google.com

Pada tahun 1976, seorang pembantu rumah tangga membunuh anak dari pemilik perkebunan yang ada di halaman rumah besar Myrtles. Saat itu ia dikabarkan meracuni anak perempuan Judge Clark Woodruff. Anehnya sekarang tempat ini dijadikan sebagai tempat penginapan bagi para turis. Namun kesan angkernya masih terasa, saat para turis dan pemilik penginapan melihat penampakan dari Chloe, si anak perempuan yang terbunuh. Sampai – sampai sang pemilik penginapan menulis sebuah buku yang berjudul The Myrtles Plantation : The True Story of America's Most Haunted House pada tahun 2005.

8. The Winchester Mystery House

seawolfliving.com via https://www.google.com

Kisah rumah hantu Winchester ini bermula dari sosok Sarah Winchester sebagai pewaris produk senapan Winchester yang merasa dihantui oleh para korban yang dibunuh oleh senjata dari bisnis keluarganya ini, yang dibeli oleh sejumlah konsumen. Untuk menenangkan arwah penasaran yang selalu menghantuinya, akhirnya Sarah Winchester mengubah lahan ladang peternakannya untuk dibangun sebuah rumah besar di wilayah San Jose, California ada tahun 1822. Kabarnya rumah yang dijadikan sebagai tujuan turis untuk mengunjungi situs rumah berhantu di Amerika masih sering menunjukkan penampakan-penampakan seram.

9. Joshua Ward House

salemma.history.org via https://www.google.com

Rumah bekas lokasi pembunuhan sadis dengan design batu bata kuno ini berlokasi di jalan Washington. Sang pemilik rumah bernama Sherrif Corwin yang berjuluk "The Strangler". Ia adalah seorang Sherrif berpangkat tinggi di Essex County Massachusetts. Namun ia juga terkenal kejam, dengan mengikat leher para korbannya dengan tali hingga kaki dengan cara digelindingkan sampai darah keluar dari mulut dan hidung mereka. Kemudian ia ditahan setelah membunuh sejumlah pria dan wanita. Namun pada usia ke – 30nya, Corwin meninggal karena serangan jantung. Pihak keluarga menyimpan mayat Corwin di bagian basement rumah ini untuk mencegah mayatnya dimutilasi oleh pihak – pihak yang ingin membalas dendam.

10. Franklin Castle

crypticplanet.com via https://www.google.com

Rumah tua berukuran besar yang masih terbuat dari batu bata kuno ini terletak di bagian Cleveland, Ohio, Amerika Serikat. Kabarnya rumah ini banyak menyimpan kisah sadis dan seram pembunuhan menggunakan kapak, pembantaian sejumlah korban jiwa oleh Nazi, dan ditemukannya tulang-tulang bayi.

11. The Lemp Mansion

riverfronttimes.com via https://www.google.com

Rumah ini adalah milik dari William J. Lemp. Cerita angker dari rumah ini adalah kisah William J. Lemp Jr yang tewas bunuh diri, dan Williamp Lemp III yang meninggal karena serangn jantung, dan saudaranya yang bernama Charles tewas bunuh diri di rumah ini denga sepucuk pistol.

12. The Kreischer Mansion

youtube.com via https://www.google.com

Rumah besar dan berhantu ini adalah bekas lokasi sejumlah pembunuhan juga, yang terjadi pada tahun 2005. Ada kabar yang berhembus juga bahwa sang pemilik mengalami kebangkrutan pada bisnis yang dijalankannya.

13. The Lizzie Borden House

en.wikipedia.org via https://www.google.com

Cerita seram dari rumah ini dan menjadikannya sebagai rumah yang terkenal angker adalah kisah Lizzie Borden yang membunuh ayah kandung dan ibu tirinya menggunakan kapak pada tahun 1892. Rumah ini berlokasi di Fall river, Massachusetts. Sekarang rumah ini dijadikan situs museum dan penginapan dengan melakukan beberapa renovasi.

Beberapa paranormal dan tamu yang datang kabarnya merasakan hal – hal aneh seperti merasakan kedatangan sosok arwah dalam rumah ini.