Kesibukan bekerja membuat tubuh tak lagi bersemangat. Ketika kamu mulai merasa cepat pegal dan bosan, mungkin sudah saatnya kamu merencanakan sebuah liburan yang menyenangkan. Kalau otakmu gak mampu lagi mengeluarkan ide-ide segar itu artinya kamu butuh untuk merelaxkan pikiranmu. Pergilah keluar dan manjakan dirimu dengan liburan-liburan yang menyenangkan.

Dan apabila kamu sudah atau sedang merencanakan sebuah liburan yang asik dan menyenangkan? Coba lihat lagi! Apakah 5 + 2 Tips dan Trik berikut ini sudah kamu lakukan?

Jangan sampai liburan yang sudah kamu rencanakan jadi berantakan atau mengecewakan karena kamu lupa mempertimbangkan tips dan trik berikut ini.

1. Memilih Tempat Liburan Yang Sesuai Dengan Kesukaan Kamu

Back to nature juga oke...

Back to nature juga oke… via https://web.facebook.com


Tempatnya gak asik, tau gini gua ke tempat lain…

Advertisement

Gua gak suka disini, ga ada pusat perbelanjaan, Cuma ada pasar tradisional aja.. Kalo kayak ginimah ga usah liburan jauh-jauh…

Ahhh… barang disini mahal, duitnya ga cukup 🙁


Tempat yang menjadi tujuan liburan haruslah sesuai dengan keinginan kamu, bukan hanya keinginan sih, seharusnya juga disesuaikan dengan passion kamu. Supaya kamu gak nyesal atau bingung mau ngapain sampai disana. Kamu cowok atau juga cewek dan suka hunting foto tentunya gak mungkin kamu memilih liburan di tempat yang jargonnya seputar kuliner. Sekalipun semua tempat ada kulinernya tetapi ada tempat-tempat tertentu yang menyiapkan lebih banyak tempat hunting dibanding untuk makan-makan. Jadi kamu perlu jeli dan teliti tentang keistimewaan tempat yang akan kamu kunjungi jangan sampai kamu malah melewatkan hal yang istimewa dari tempat itu karena kamu belom searching tentang tempat tujuan kamu berlibur.

Advertisement


Katanya di Jakarta kalo belom ke Monas, artinya belom ke Jakarta

Katanya di Sumatera kalo belom ke Danau Toba, artinya belom ke Sumatera

Katanya di Jogja kalo belom makan Gudeg artinya belom ke Jogja


Selain supaya kamu juga bisa menikmati keunikan dari tempat liburanmu, kamu juga bisa mengatur rute jalan-jalanmu. Biar liburanmu gak hanya habis di penginapan saja. Contohnya…


  • Kalau kamu tipe yang suka belanja, pergilah ke tempat dimana semua barang-barang murah. Pilihlah untuk berlibur ke Batam disana banyak barang murah dan bagus. Pergilah ke Surabaya ada Pasar Turi. Pergilah ke Jakarta ada Tanah Abang dan Pasar Ular.

  • Kalau kamu suka kuliner dan suka menikmati makanan cobalah ketempat dimana makanannya murah dan hampir semua jenis makanan ada disana; Jawa Tengah boleh jadi tujuan yang menyenangkan.

  • Kalau kamu si pencinta alam dengan tema liburan back to nature, menyukai wisata dan menikmati pemandangan yang asri cobalah pergi ke tempat yang lebih jauh dimana alamnya masih perawan. Saya tidak menyarankan Bali, gimana kalau kamu mencoba pergi ke Daerah NTT ke Pulau Komodo, menikmati Indahnya Danau Toba dan alam sekitar Sumatera, atau di daerah NTB ada Kepulauan Gili yang juga indah bisa dijadikan tempat berlibur yang tenang.

  • Masih banyak pilihan lainnya, kamu bisa sesuaikan dengan keinginanmu, kamu bisa sesuaikan dengan apa yang jadi kesukaan mu untuk mengisi liburanmu.

2. Menentukan Lamanya Bepergian Dan Daftar Tempat Yang Perlu Dikunjungi

Indonesia itu istimewa...

Indonesia itu istimewa… via https://web.facebook.com

Lama bepergian juga perlu untuk kamu tentukan, selain berkaitan dengan budget, tentu kamu gak maukan kalo diamuk si bos dan apalagi dipecat. Alih-alih mau refresing malah tambah mumet isi kepala.

Menentukan berapa lama waktu liburanmu akan berkaitan dengan destinasi mana saja yang akan kamu kunjungi.

Memanfaatkan setiap waktunya untuk jalan-jalan. Tentu kamu gak maukan kalo waktu liburanmu hanya habis dengan duduk bengong gak jelas di penginapan.

Kecuali tujuan kamu bepergian adalah untuk Check Up, kalo untuk ini sih disarankan agar kamu jangan kemana-mana.

3. Menentukan Jenis Transportasi dan Akomodasi

Nginap di hotel???

Nginap di hotel??? via https://web.facebook.com

Ini juga tidak kalah penting. Tentu kamu gak maukan mengalami kerugian karena budget yang sudah kamu persiapkan kurang, lantaran kamu lupa memperhatikan jenis transportasinya.

Perhitungkah kenaikan harga tiket baik itu pesawat, bus, kereta api atau apapun. Jangan lupa untuk airport tax, walaupun sekarang sudah jarang dan bahkan ga ada lagi airport tax. Jangan lupa untuk memperhatikan anggaran untuk Taxi, Angkot, Kereta Api atau bahkan Becak sekalipun.


Jangan remehkan pengeluaran kecil karena akan berakibat fatal


Penginapan juga akan sangat mendukung liburan kamu. Kamu mau nginap di rumah sodara atau teman (lumayan mengurangi biaya makan), atau kamu mau nginap di hotel. Haruslah kamu pilah dengan baik dan kamu harus ngecek harga penginapan. Sudah banyak aplikasi yang bisa kamu pakai untuk negcek harga penginapan mulai dari yang pake tikar sampe springbed. Semua pilihan ada di tangan kamu dan isi dompet kamu. Pilih sesuai dengan kebutuhan dan kekuatan budget kamu.

Kecuali kamu yang berencana back to nature dan mau camping di alam, tetap kamu harus perhatikan hal-hal lainnya.

4. Membuat Perencanaan Anggaran Sampai Sedetail Mungkin

Rencanakan supaya bisa shooping...

Rencanakan supaya bisa shooping… via https://web.facebook.com

Biasanya kita akan kecolongan di bagian makan. Karena untuk mereka yang suka berwisata kuliner, mereka akan mengalami yang namanya lapar mata, semuanya pengen dimakan tetapi perut udah gak bisa nampung lagi. Akhirnya banyak makanan terbuang-buang alias mubazir.

Kalau kamu menyewa kendaraan, jangan lupa buat perencanaan untuk bahan bakarnya. Yang jelas kamu mau liburan, bukan olahraga dorong kendaraan mogok kan??

Oleh-oleh sudah jadi ciri khas orang Indonesia, gantungan kunci sekalipun perlu kamu perhitungkan. Kadang karena harganya murah, lalu kamu beli sebanyak-banyaknya. Ternyata setelah kembali, kamu baru menyadari bahwa kamu hanya memiliki sedikit sekali teman kantor yang perlu mendapatkan oleh-oleh. Tetapi jangan pelit-pelit amat.

5. Kamu Suka Pergi Sendiri Dengan Teman, Keluarga Atau??

Liburan Bareng Teman.. asikkkk...

Liburan Bareng Teman.. asikkkk… via https://web.facebook.com

Jujurlah pada dirimu. Kalo kamu lebih nyaman liburan sendiri jangan sesekali ngajak orang lain untuk liburan bareng terutama teman kerja, karena kamu akan merasa tidak nyaman dan berujung pada makan hati. Karena kamu harus menyesuaikan keinginanmu dan keinginannya. Apalagi kalo kesukaan kalian berbeda.

Nah, kalo kamu suka liburan yang rame sama teman atau keluarga, jangan coba-coba kamu liburan sendirian. Nanti kamu akan terlihat seperti anak ayam kehilangan induk. Selain itu kalo kamu tipe yang pemalu atau gak berani maka pergilah bersama teman atau keluarga agar kamu lebih nyaman dan gak serba ketakutan.

Yang terakhir kalo kamu mau pergi sama pasangan, buatlah kesepakatan diawal agar jangan ada perkelahian disana dan akhirnya liburanmu berujung pada duka dan airmata. Kesepakatannya bisa soal destinasi wisata, tempat menginap dan lamanya liburan. Saling menghargai itu penting.

6. Memilih Waktu Liburan Yang Menguntungkan

Pilih hari kerja dan hari libur...

Pilih hari kerja dan hari libur… via https://web.facebook.com

Waktu liburan yang tepat adalah sesuai dengan waktu libur kamu atau waktu cuti kamu dan harus sesuai dengan kekuatan dompet kamu. Jangan ikut-ikutan teman-teman liburan sementara kamu belum benar-benar siap untuk liburan.

Kalau untuk seasonnya pilihlah waktu dimana harga tiket lagi murah, terutama bagi kamu yang akan pergi jauh dengan pesawat, yaitu saat tidak liburan sekolah atau hari raya. Selain harga tiket murah, kamu tidak perlu berdesak-desakkan untuk check in, ngambil bagasi ataupun desak-desakan di kereta ekonomi.

Keuntungan lainnya adalah tempat-tempat wisata lagi sepi, HTM (Harga Tiket Masuk)nya juga murah. Kalo kamu liburan ke pulau, selamat deh.. kamu akan merasakan bahwa pulau tersebut diciptakan untumu seorang.

7. Menabung Dalam Jangka Waktu Tertentu

Tabung koin per koin..

Tabung koin per koin.. via https://web.facebook.com

Liburan itu biasanya direncanakan tapi tak jarang juga dilakukan mendadak untuk memperbaiki badmood bisa jadi pasca putus.

Bagi kamu yang sudah merencanakan untuk liburan, sudahkah kamu membuat tabungan khusus?

Tips untuk menabung:


  • Kamu bisa membuka sebuah tabungan khusus yang diperuntukkan bagi liburanmu. Kamu bisa secara konsisten menyetornya tiap bulan dengan jumlah tertentu.


Gaji : 3.5000.000,-

Kos : 500.000,-

Tabungan Liburan: 500.000,-

Bayar Ketring Bu Atik: 600.000,-

Uang bensin dan ganti oli: 400.000,-

Nabung buat nikahin pacar: 1.000.000,-

Lain-lain: 500.000,-



  • Kamu bisa menyesuaikan jumlah tabungan bulananmu, kamu bisa pakai jasa Bank tertentu dengan program Tabungan Berencana atau Tabungan Berjangka. Uang yang kamu sisihkan untuk liburan bakal aman.

  • Kalau kamu tidak suka berurusan dengan Bank karena bunga bank dll, kamu bisa membuat arisan bersama teman kerjamu.

Liburan itu untuk dinimati bukan untuk disesali.. oleh sebab itu rencanakan dengan sebaik-baiknya ya…

Selamat berlibur…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya