Travelling sepertinya sudah mulai ambil bagian di tengah-tengah padatnya aktivitas manusia super sibuk di era modern ini. Selain dapat melepas penat untuk rehat sesaat dari hiruk pikuk pekerjaan yang tak kunjung selesai, travelling bisa dijadikan sebagai quality time bersama orang-orang terkasih. Namun perlu diingat, berkenaan dengan travelling bukan saja tujuan destinasi yang dipikirkan tapi jenis transportasi dan barang-barang bawaan pun wajib diperhitungkan agar ringan di kantong, nyaman, dan ringkas.

Maka, travelling jalur darat pun hingga kini masih menjadi pilihan favorit yang 'merakyat', selain lebih murah, momen kebersamaan di sepanjang perjalananlah yang mahal harganya dan yang paling dinanti-nanti selain travelling itu sendiri. Mulai dari mobil pribadi, bus hingga kereta bisa jadi pilihan.

Di luar barang-barang wajib pada umumnya yang memang harus dan mesti dibawa, seperti: handphone, dompet beserta uang tentunya, pakaian, peralatan mandi, dan lain-lain. Lima barang alternatif berikut wajib juga kamu bawa pada saat melakukan travelling jalur darat. Yuk disimak!

1. Koyo

Koyo ini bermanfaat bukan hanya sebagai pereda nyeri lho! Bagi kamu yang suka mabuk perjalanan, apalagi travelling jalur darat butuh waktu berjam-jam, wah… pastinya bikin kamu mual kan? Nah, koyo bisa jadi solusinya.

Ketimbang kamu minum obat mabuk perjalanan yang pemakaian dalam jangka panjang tentunya nggak baik buat kesehatan kamu atau konsumsi permen berlebih yang bakalan ngerusak gigi kamu juga meningkatkan kadar gula darah, mending coba ini deh. Koyo, pilih yang biasa ya, jangan yang hot atau cabe, lalu tempelkan pada pusar. Ini resep pribadi aku, boleh di coba, ya! Tapi ingat, jangan lebih dari 8 jam pemakaian karena lagi-lagi harus sesuai aturan pakai biar nggak mengganggu kesehatan.

2. Panty kertas

Advertisement

Salah satu barang terpenting namun juga merangkap sebagai barang terberat untuk kebutuhan travelling adalah pakaian. Setuju nggak? Untuk menghemat ruang di tas atau koper sekalian mengurangi beban bawaan, sekarang ada solusinya nih. Panty kertas! Yaitu pakaian dalam (CD, untuk wanita dan pria. Ada yang berbahan kertas, semacam kain tisu, ada yang berbahan nilon. Beda merek beda bahan) sekali pakai langsung buang. Nggak perlu repot lagi ke mana-mana mesti bawa pakaian dalam kotor. Panty kertas sudah tersedia di supermarket-supermarket, jadi sudah bukan barang asing lagi dan kamu nggak akan kesusahan untuk menemukannya. Asik kan!

3. Tisu basah

Tisu basah banyak manfaatnya, kalau kamu lagi malas mandi misalnya karena travelling jalur darat akan mampir di toilet-toilet umum yang nggak jamin kebersihannya apalagi air dalam bak atau ember yang tersedia. Selain sensasi dinginnya yang kamu dapat dari efek alkohol yang terkandung, dengan tisu basah secepat kilat kamu akan langsung wangi tanpa perlu repot-repot. Selain itu, khususnya untuk wanita, perlu nih memberikan perhatian lebih pada miss v. Travelling akan membuatmu sering bolak-balik toilet karena AC yang dingin.

Dengan tisu basah, lap dulu bagian toilet yang akan kamu gunakan. Tentunya bagian yang akan secara langsung menyentuh kulit kamu ya. Ketika akan membasuh miss v, gunakan tisu basah khusus organ kewanitaan atau tisu basah khusus untuk bayi. Kenapa tidak tisu basah sembarangan? Karena miss v sensitif, serat tisu basah harus pilih yang halus, dengan demikian pilih tisu basah yang sesuai, ya!

4. Balmut

Balmut yaitu bantal selimut, cocok banget deh buat kamu yang akan melakukan travelling jalur darat. Benda dwi fungsi ini ringkas dan sangat bermanfaat menemani juga menjaga kesehatan kamu sepanjang perjalanan. Bagaimana tidak? Pada saat lelah, kamu bisa menggunakannya untuk mengganjal pinggang atau sebagai bantal yang bisa menyangga leher dan kepala.

Di saat lain, pas kerasa AC kendaraan mulai dingin dan badan kamu sudah tidak bisa mentoleransi lagi, tinggal buka resletingnya, berubahlah bantal kamu jadi selimut yang siap memberikan kehangatan. Mudah dan praktis!

5. Folded bag

Travelling rasa-rasanya kurang afdol kalau pulang dengan tangan hampa. Untuk itu, bersiaplah menyisakan tempat yang cukup luas di tas atau koper yang kamu bawa untuk memborong oleh-oleh. Tidak cukup? Atasi dengan folded bag. Folded bag ini tidak lain adalah tas lipat. Tas lipat ini merupakan tas tambahan yang bisa kamu jadikan tempat untuk membawa oleh-oleh hasil perburuan kamu.

Selain oleh-oleh, tas ini bisa juga digunakan untuk menyimpan pakaian kotor kamu atau digunakan untuk kegiatan sehari-hari pun tak masalah, untuk berbelanja misalnya. Jadi, folded bag ini bisa dikatakan serba guna. Selesai travelling, tetap bisa kamu gunakan, so kayaknya nggak ada rugi buat beli folded bag. Apalagi sekarang sudah bertebaran tuh folded bag lucu-lucu yang bisa sekalian dijadiin gantungan kunci. Bisa sebagai penghias tas juga!

Gimana pembaca Hipwee? Semoga bermanfaat ya dan happy travelling!