Bulan suci Ramadan yang telah ditunggu-tunggu oleh kaum muslimin kian mendekat. Hadirnya bulan ini diikuti dengan munculnya tradisi-tradisi yang hanya ada pada Bulan Ramadan. Pasar Ramadan, mudik lebaran, buka bersama, halahbihalal, sahur, sampai sangu lebaran pun mulai marak terjadi dimasyarakat. Tak hanya itu, kaum muslimin berlomba untuk memperoleh pahala sebanyak-banyaknya. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan masing-masing individu.

Pada saat terjadinya puncak ramadan, di mana hari kemenangan itu tiba, maka banyak perantau yang berbondong-bondong kembali ke kampung halamannya. Tak terkecuali para pekerja yang berada di ibu kota. Demi merealisasikan rencananya untuk mudik lebaran, banyak dari perantau yang menyisihkan waktunya untuk sekadar membeli tiket di stasiun terdekat.

Namun, jumlah perantau yang ingin kembali ke kampung halamannya membeludak, maka hal ini berpengaruh terhadap proses pembelian tiketnya. Antrean pembelian tiket akan panjang dan tidak sedikit orang yang tidak mendapatkan tempat duduk. Nah, apa saja ya kira-kira cara yang ampuh dalam menanggulangi rasa bosan saat mengantre tiket mudik?

1. Bermain gadget

pexels.com/rawpixel

pexels.com/rawpixel via https://www.pexels.com

Menyibukkan diri dengan cara bermain gadget menjadi hal yang lumrah dikalangan masyarakat sekarang. Tidak hanya mengalihkan rasa  bosan, bermain gadget juga dapat menjadi sarana refreshing dari penatnya pekerjaan di kantor. Dengan berbagai fitur-fitur yang bervariasi dapat meminimalkan rasa bosan yang melanda. Namun, harus dipastikan bahwa baterai gadget terisi dan memiliki paketan data agar dapat membuka aplikasi-aplikasi online lainnya.

2. Mendengarkan lagu

pexels.com/Burst

pexels.com/Burst via https://www.pexels.com

Advertisement

Mendengarkan lagu menjadi opsi lain untuk mengalihkan rasa bosan. Antrean tiket mudik yang panjang tak membuat jiwa seorang perantau surut dalam merealisasikan untuk bertemu keluarganya. Meskipun dengan antrean tiket mudik yang panjang sekalipun akan tetap dilaluinya. Mendengarkan lagu dapat membuat otak menjadi lebih rileks. Dengan mendengarkan lagu, diharapkan antrean panjang dirasan cepat berkurang sehingga segera mendapat gilirannya.

3. Mengobrol

pexels.com/LinkedInSalesNavigator

pexels.com/LinkedInSalesNavigator via https://www.pexels.com

Pada umumnya, dengan mengobrol dapat membuat waktu terkesan berjalan lebih cepat. Hal ini ampuh apabila lawan bicara yang diajak mengobrol bisa menyambung dengan kita. Apabila kebetulan beli tiket sendiri, maka cobalah untuk mengobrol pengatre lainnya yang berada di depan maupun belakang Anda.

Hal ini juga berdampak positif karena dapat menambah relasi atau kenalan baru.namun, pastikan anda tidak kehabisan bahan bicara atau topik pembicaraan agar tidak terjadi suasana canggung.

4. Gerak-gerik atau gestures

pexels.com/rawpixel

pexels.com/rawpixel via https://www.pexels.com

Advertisement

Kemungkinan terburuk apabila anda tidak membawa telepon genggam dan kenyataan bahwa anda seorang yang introvert dapat dialihkan dengan gestures atau gerak-gerik anda. Hal ini dilakukan untuk mengalihkan rasa bosan saat menunggu antrean tiket yang panjang. Cobalah hal-hal kecil seperti menggerakan tangan maupun kaki.  Apabila masih terasa bosan, cobalah untuk menggerakkan tubuh anda agar tidak kaku karena mengantre panjang.

5. Berbicara di telepon

pexels.com/Kaboompics

pexels.com/Kaboompics via https://www.pexels.com

Menerima telepon dapat mengalihkan rasa bosan yang melanda. Menelepon seseorang dapat membuat waktu terkesan berjalan lebih cepat. Dengan begitu, giliran kita pun terkesan lebih cepat pula. Kunci utama untuk menghilangkan rasa bosan adalah kita memiliki suatu kegiatan atau beraktivitas. Dengan adanya aktivitas kecil sekalipun kita akan terlihat sedang melakukan apa-apa dan secara otomatis rasa bosan yang melanda akan teralihkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya