5 Cara Ampuh untuk Mempermudah Menghafal Al-Qur’an

Fastabiqul Khoirot

Oke, di sini kita bisa mempraktekkan 5 cara ampuh ini untuk mudah menghafal Al-Qur’an. Kita bisa mengisi hari-hari kita dengan kegiatan yang bermanfaat menghafal Al-qur’an salah satunya kegiatan yang sangat bermanfaat dan tidak akan merugikan diri kita dan orang lain. Selamat mencoba!

1. Niat dalam hati

niat dalam hati

niat dalam hati via https://www.bing.com

Niat hal yang paling penting untuk melakukan kegiatan apapun, dan niat ini harus ada dari diri kita sendiri, bukan dari orang lain. Dan niat ini pun tidak boleh bersifat pemaksaan, karena jika kita melakukan kegiatan dengan pemaksaan pasti kita yang menjalankannya akan males karena itu bukan keinginan kita sendiri.

2. Menumbuhkan rasa percaya diri dan penuh keyakinan

seorang rasa percaya diri

seorang rasa percaya diri via http://https

Selain dengan niat dalam diri kita, kita juga harus menanamkan rasa percaya diri dan yakin bahwa kita bisa melakukannya. karena dengan percaya diri dan yakin pasti kita akan merasa bahwa kita disupport oleh diri kita sendiri dan pasti kita bisa. Selain itu kita juga harus sabar tentunya, tenang usaha tidak akan mengkhianati proses.

3. Menentukan target

contoh target

contoh target via http://https

Wajib hukumnya bagi para penghafal untuk menentukkan target yang akan digapai. karena ini salah satu bentuk support tersendiri, dan dengan adanya target ini kita tidak mudah patah semangat. 

4. Sering-sering mendengarkan hafalan al-quran

mendengarkan lantunan ayat

mendengarkan lantunan ayat via http://https

Dan tak boleh ketinggalan juga untuk para penghafal agar sering-sering mendengarkan lantunan ayat suci al-qur'an karena agar terbiasa mendengarkan tartil bacaan yang benar. dan tujuan lain agar kita terhindar dari kesalahan membaca ayat al-qur'an dan kita dapat mengkoreksinya.

5. Murojaah (Mengulang)

membaca al-quran

membaca al-quran via http://https

Dengan seringnya kita murojaah atau mengulang kita tidak akan lupa dengan apa yang telah kita hafal dan apa yang kita pelajari. Cara ini cara penting untuk mempermudah pada saat kita akan menghafal al-qur'an. Dan semua apa yang telah kita lakukan percaya pasti allah akan memudahkannya selagi itu masih dijalan Allah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini