Banyak orang yang menjadikan blog sebagai hobi untuk menyalurkan bakat menulis saja, tetapi sebenarnya kita bisa lakukan lebih banyak hal daripada sekedar menyalurkan hobi saja. Salah satunya bisa jadi sumber penghasilan, jika dikelola dengan baik.

Namun, untuk mendapatkan penghasilan dari blog itu tidak gampang, diperlukan pengorbanan waktu serta konsistensi dalam menjalankannya. Tak jarang para blogger pensiun dini karena tujuannya dalam mencari uang di blog tidak tercapai, yang membuat mereka merasa frustasi dan akhirnya menyerah.

Jika Anda ingin serius dalam dunia blogging sampai bisa menghasilkan uang, ada banyak cara yang bisa ditempuh. Saya rasa sudah banyak yang membahas soal step by step tentang pembuatan blog sampai menghasilkan, Anda bisa cari referensinya sendiri. Namun, yang ingin saya bahas kali ini adalah menganai hal apa saja yang bisa kita lakukan agar blog bisa menjadi mesin uang.

1. Menjadi publisher iklan

Google AdSense Logo

Google AdSense Logo via https://www.pexels.com

Advertisement

Hal pertama yang paling banyak dilakukan para blogger dalam menghasilkan uang ialah dengan bergabung bersama perusahaan periklanan. Sederhananya, Anda hanya perlu menampilkan iklan yang disediakan oleh perusahaan periklanan tersebut pada blog Anda.

Salah satu perusahaan besar yang paling banyak peminatnya adalah Google AdSense. Selain membayar cukup tinggi para publishernya, Google AdSense juga menampilkan iklan yang tidak mengganggu pengunjung, sehingga pengunjung tetap akan betah lama-lama di blog Anda.

Kunci kesuksesan dalam menjadi publisher periklanan adalah mempunyai blog dengan traffic yang tinggi. Semakin banyak penayangan, semakin banyak pula peluang pengunjung untuk klik iklan yang tampil, sehingga pemasukan pun semakin bertambah.

2. Review produk

Review Produk

Review Produk via https://www.centovininyc.com

Advertisement

Banyak blogger yang belum menyadari bahwa dengan mereview suatu produk mereka akan dapat penghasilan. Peluang ini sebenarnya cukup bagus sebagai tambahan pemasukan untuk blog. Sudah banyak blog besar yang menerima tulisan untuk review produk.

Tetapi, agar blog banyak dapat tawaran untuk review suatu produk memang tak gampang, paling tidak blog Anda harus sudah populer terlebih dahulu.

3. Menerima tulisan tamu

Guest Post

Guest Post via https://pixabay.com

Banyak orang yang hobi menulis tapi tak punya wadah (seperti blog) untuk menulis. Nah, ini bisa jadi kesempatan buat Anda untuk menawarkan blog Anda sebagai wadah untuk mereka menulis.

Selain itu, Anda juga bisa menjadikan blog sebagai tempatĀ untuk content placement, yaitu di mana suatu produk atau blog lain dapat menampilkan tulisannya disertai link menuju ke arah blog tersebut. Tujuannya untuk mendapatkan pengunjung dari blog kita.

Lagi-lagi, untuk mendapatkan tawaran ini, Anda memerlukan traffic yang cukup tinggi dan blog yang cukup aktif.

4. Menjual produk

Dengan memiliki sebuah blog atau website, sebenarnya bisa jadi tempat untuk promosi gratis bisnis Anda. Dengan catatan, Anda sudah mempunyai usaha sebelumnya.

Jika Anda belum punya blog, maka Anda harus buat blog terlebih dahulu. Temanya bisa seputar bisnis yang Anda geluti. Jadi, isi blog tersebut mayoritas tulisan-tulisan yang berhubungan dengan bisnis Anda, dan diakhir artikel, sisipkan bahasa promosi disertai dengan link aktif yang menuju sales page Anda.

Selain bisa menampilkan usaha Anda sendiri, Anda juga bisa membuka peluang untuk orang lain memajang dagangannya di blog Anda. Anda bebas menyesuaikan tarif.

5. Memasang iklan mandiri

Opsi yang satu ini juga terbukti bisa menghasilkan uang dari blog. Anda bisa menerima pemasangan iklan mandiri berupa banner yang diletakkan pada sidebar atau di mana pun tempat yang bagus untuk space iklan.

Biasanya, harga yang ditetapkan untuk iklan mandiri ini bervariasi, mulai dari angka ratusan ribu hingga puluhan juta Rupiah per bulannya. Semua bergantung pada kualitas blog dan jumlah traffic yang dimiliki.

Perlu Anda ingat, semua cara yang tertulis di atas kunci kesuksesannya adalah traffic atau kunjungan yang memadai. Gampangnya, semakin ramai blog Anda, semakin ramai pula tawaran dan pada akhirnya bisa menjadi sumber penghasilan untuk Anda.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya