Pada era globalisasi seperti ini, masyarakat di usia produktif akan tentunya lebih fokus kepada pekerjaan mereka dan menjadikannya sebagai prioritas. Terutama masyarakat di kota Jakarta yang harus berbagi waktu untuk kemacetan, jam kantor yang padat, rapat sana-sini seharian menjadikan mereka sangatlah sibuk dan sulit membagi waktu untuk hal lain. Apakah anda sadar bahwa sebagian dari mereka merasakan tekanan seperti stress dan lelah dikarenakan hal ini? Solusi untuk mengurangi tekanan seperti itu adalah dengan melakukan olahraga. Bagi mereka yang tidak memiliki waktu, mereka dapat berolahraga di kantor tetapi olahraga apa saja sih yang dapat dilakukan? Yuk intip!

1. Menggunakan transportasi umum pergi dan pulang kantor

Sehat dengan transportasi umum

Sehat dengan transportasi umum via https://goo.gl

Bagi kalian yang tidak mempunyai waktu untuk olah raga, kalian bisa banget nih menggunakan transportasi umum ketika kalian berangkat atau pulang dari kantor. Karena dengan itu, kalian dapat menuju halte atau stasiun dengan berjalan kaki yang di mana otot kaki kalian kurang lebih akan bergerak setiap harinya. Bandingkan jika kalian selalu berada di dalam mobil, jelas otot kaki akan kurang bergerak. Selain itu, dengan transportasi umum kalian juga dapat menghindari kemacetan kota.

2. Menggunakan tangga di kantor

Naik turun menggunakan tangga

Naik turun menggunakan tangga via https://goo.gl

Advertisement

Jika posisi kantor kalian hanya dua sampai tiga lantai bertingkat, kalian bisa menggunakan tangga sebagai sarana untuk naik turun sehingga kaki kalian dapat bergerak setiap harinya. Contohnya ketika makan siang, kalian bersama kerabat kerja dapat menghampiri tempat makan sekitar dengan turun menggunakan tangga. Dengan banyak berjalan setiap hari, hal ini bisa membantu memperkuat tulang dan mencegah cairan di persendian kita mengering, sehingga arthritis dapat dihindari.

3. Squat di kantor

Squat depan meja kerja

Squat depan meja kerja via https://goo.gl

Nah, jika kalian lagi sibuk mengerjakan tugas kantor kalian dan tidak sempat untuk olah raga, kalian dapat menggeser kursi kalian dan melakukan squat di depan meja kantor sehingga kalian dapat olah raga dan menggerjakan tugas kantor dalam waktu yang bersamaan. Dengan melakukan squat, peregangan otot yang terjadi akan memperlancar peredaran darah, mengencangkan otot, dan membakar lemak selulit pada bagian bokong, pinggul, paha, dan perut loh guys!

4. Push up meja

Push up di meja kantor

Push up di meja kantor via https://twitter.com

Berdiri depan meja kerja kalian, luruskan tangan sambil menggengam pinggir meja lalu miringkan badan sehingga badan kalian berada diagonal pada lantai dan jajakkan kaki semantap mungkin di lantai. Lakukan gerakan seperti layaknya push up sebanyak kurang lebih 10 kali. Dengan itu, selain untuk menggerakan otot tangan, bagian pinggang, bahu, dan perut juga dapat ikut bergerak.

5. Peregangan seluruh bagian tubuh

Contoh bentuk peregangan otot

Contoh bentuk peregangan otot via https://goo.gl

Advertisement

Nah, untuk kalian yang sama sekali tidak ada waktu untuk melakukan hal – hal di atas karena kesibukan kalian, setidaknya kalian wajib melakukan hal ini yaitu melakukan peregangan (stretching) di seluruh bagian tubuh anda seperti leher, pundak, lengan, pinggang, dan kaki. Lakukan peregangan kurang lebih dua kali delapan (2×8) pada setiap bagian tubuh. Dengan itu, setidaknya otot di tubuh kalian masih digerakkan dan bekerja. Hal ini wajib karena peregangan merupakan salah satu olah raga atau pemanasan termudah yang dapat dilakukan di mana saja dan sesibuk apa pun kalian, kalian tetap dapat melakukan hal ini setidaknya 5 menit.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya