Apa sih kesan pertama yang terbesit dalam pikiran kamu ketika mendengar kata Karimunjawa? Mungkin buat sebagian orang, kata itu masih asing di kepala. Ya, memang, karena letak pulau ini lumayan jauh dari keramaian kota. Terletak di utara pulau Jawa, khususnya di utara provinsi Jawa Tengah, Karimunjawa memiliki luas daratan hingga 15 ribu hektar. Karimunjawa juga telah menjadi “Taman Nasional” dengan 400 lebih jenis spesies fauna dan 240 lebih jenis ikan hias.

Keragaman hayati dan indahnya pemandangan bawah laut menjadikan Karimunjawa sebagai lokasi diving yang wajib dikunjungi oleh para pehobinya. Nah, kira-kira nih, tempat mana saja ya yang bisa kamu kunjungi saat ke Karimunjawa? Hipwee sudah merangkumnya, cek yuk!

1. Tanjung Gelam, pantai yang indahnya tiada dua!

Pemandangannya mempesona!

Pemandangannya mempesona! via https://www.flickr.com

Tanjung Gelam ialah pantai dengan keindahan yang tiada duanya. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dengan tekstur yang lembut, dan tentunya bersih. Ketika kamu berkunjung ke sini, kamu akan disambut oleh deretan pohon kelapa di bibir pantai, dengan sajian pemandangan indah dan sunset ketika sedang beralih menuju senja.

2. Spot diving di Pulau Tengah yang terlalu indah untuk dilewatkan

Wajib foto di sini ya!

Wajib foto di sini ya! via https://www.yuktrip.com

Pulau Tengah menjadi lokasi yang wajib dikunjungi oleh mereka yang suka diving. Karena, di sini terdapat hard coral, sea anemone, dan ikan laut yang lucu serta menggemaskan, yakni clown fish. Pulau ini terbilang cukup luas, dengan luasan mencapai 4 hektar.

3. Sedang di Karimunjawa? Mampir ke Pulau Cilik sekalian yuk! View di sini mantap loh!

Asri dan masih terjaga!

Asri dan masih terjaga! via https://www.flickr.com

Advertisement

Pulau Cilik terletak di sebelah barat pulau utama Karimunjawa. Pulau ini juga menyajikan keindahan bawah laut dengan lokasi yang lebih sempit dari Pulau Tengah. Ketika ingin berkunjung ke sini, kamu butuh waktu 30 menit dari Pulau Karimunjawa. Sesampainya di sana, kamu akan disambut pemandangan yang masih asli dan terkesan asri.

4. Tak puas dengan Pulau Cilik? Datang saja ke wilayah Cemara! Tak kalah indah!

Airnya sangat bening dan indah ya?

Airnya sangat bening dan indah ya? via https://www.yuktrip.com

Seperti namanya, di sini terjejer pohon cemara dengan ukuran besar dan kecil. Selain itu, di sini juga menawarkan keindahan bawah laut yang tak kalah dengan Pulau Cilik. Kamu bisa menemukan terumbu karang yang indah ketika menyelam ke bawah. Plus, di sini kamu juga akan menemukan suasana yang sunyi dan masih asri.

5. Ingin berfoto dengan Hiu? Ke Pulau Menjangan Kecil saja! Bisa foto sepuasnya!

Kapan lagi bisa berfoto dengan Hiu?

Kapan lagi bisa berfoto dengan Hiu? via https://www.flickr.com

Lokasi menuju ke Menjangan Kecil, ialah dari pulau utama ke arah barat selama kurang lebih 20 menit. Sama seperti tempat-tempat sebelumnya, lokasi ini juga sangat cocok untuk dijadikan lokasi diving. Terdapat terumbu karang beserta Ikan Hiu yang jinak. Pengunjung bisa berfoto-foto dengan Ikan Hiu, meski terkadang agak menyeramkan.

Advertisement

Nah, itulah sederet tempat wisata di Pulau Karimunjawa. Dari kelima tempat tadi, kamu ingin segera pergi ke mana?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya