Kesalahan di masalalu membuat kita sering tertekan. Satu-satunya langkah yang kita ambil adalah berusaha untuk melupakannya dan mengubah diri agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Terkadang proses untuk mengubah diri perlu usaha keras, perlu waktu yang tidak singkat pula. Si pemalu yang mengubah dirinya menjadi lebih agresif dan percaya diri. Si penyendiri yang mencoba berbaur dengan yang lainnya. Atau ada juga Si pendosa yang mencoba bertaubat dan beranjak membenahi prilakunya. Hmm mungkin juga ada yang lagi bersusah payah move on dari Si masa lalunya. Proses itu bukanlah hal yang mudah. Tetapi proses itu akan hancur begitu saja oleh cibiran atau tanggapan terhadap dirinya.
Ada saja manusia yang susah untuk melihat perubahan pada diri kita. Hal seperti itu seringkali membuat diri kita down. Kemudian memutuskan untuk menyudahi perjuangan. 

Sebenarnya kita jangan dulu risau akan hal itu. Karna kita perlu mengenali beberapa type orang yang tidak suka akan perubahan kita. Belum tentu juga mereka yang salah. Bisa jadi kesalahannya ada pada diri kita. Ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan untuk mendukung proses perubahan pada diri kita. 

1. Memperkenalkan diri kita yang baru

men hanging out via http://www.google.com

Kebanyakan orang yang mencibir atau tidak begitu suka dengn perubaan kita itu dikarnakan mereka hanya belum terbiasa dengan diri kita yang baru. Kita perlu action untuk mengenalkan diri kita kepada mereka. Nantinya mereka sendiri yang akan berusahan menerima dan menyesuaikan diri terhadap perubahan yang ada pada diri kita.

2. Ingatkan bahwa kita tidak akan meninggalkan mereka

best friends via http://www.google.com

Why?

Advertisement

Orang membicarakan perubahan kita bisa karna mereka takut ditinggalkan. So kita perlu jelaskan mengapa kita berubah. Prioritaskan kepada orang yang lebih dekat dengan kita. Karna tidak semua orang perlu tahu jugakan?

Memang ada perubahan yang mengharuskan kita untuk meninggalkan mereka. Sekiranya mereka adalah faktor utama yang menyebabkan kita untuk berubah. Tapi kekhwatiran ini akan berkurang kalau kita memberitahukan kepada orang terdekat. Orang yang dekat dengan kita akan mengerti dan mereka akan memberimu suport serta nasihat baik lainnya.

3. Abaikan dan fokus kepada perubahanmu

It’s Time to Change Your Life via http://www.google.com

Bila kita merasa sudah melakukan hal-hal terbaik untuk mereka. Teteapi tetap saja mereka tidak menerima diri kita yang baru. Kita harus berlaku jujur terhadap diri kita sendiri. Karna perubahan yang kita lakukan adalah untuk kebaikan kita. Maka abaikan saja perkataan mereka seputar diri kita yang baru.

"Setiap penonton gulat menginginkan kemenangan dari jagoannya, sedangkan mereka tidak merasakan sakitnya serta sulitnya untuk menjadi pemenang"

4. Temukan tempat baru

Memang sulit untuk berubah dan rasa itu akan menjadi begitu sulit ketika harus memperkenalkan diri kita yang baru. Tidak semua orang dapat menerimanya. Tapi ada satu langkah penting yang perlu kita lakukan untuk menghibur diri kita sendiri. Bila memang orang-orang tetap tidak bisa menerima atas perubahan pada diri kita. Maka temukan tempat baru dimana kita bisa diterima di sana.

5. Positif thinking & senyumin aja

Smile Nature via http://www.google.com

Terakhir, berfikirlah positif dan jangan menimpali mereka -senyumin ajah. Jangan juga meresponnya dengan balas membenci atau mencibir mereka. Jadikanlah omongan miring mereka sebagai kritikan agar kita lebih baik lagi dalam memperbaiki diri.

"Berubah bukan berarti tak ada masalah."