Setiap orang pasti memiliki keinginan dari mulai beli mobil sampe beli rumah, atau mungkin membeli sebuah handphone versi baru, tapi keterbatasannya penghasilan yang didapat membuat semua harapan tertunda karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi. Maka dari itu, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba berinvestasi.

Investasi sendiri diartkan sebagai proses dimana kamu menyimpan uang atau membelanjakan uang dengan harapan mendapatkan sebuah keuntungan dimasa depan, tapi ingat investasi berbeda dengan menabung, karena investasi membutuhkan waktu agar bisa berkembang. Namun ternyata tidak semua investasi itu perlu peran orang ketiga atau memainkan saham dari perusahaan orang lain loh, investasi yang sudah dikenal pada zaman dulu sampe sekarang adalah investasi emas.

Tapi investasi emas di sini bukanlah investasi emas pada perhiasan melainkan investasi pada logam mulia. Investasi emas saat ini mulai banyak dikenal dan diminati oleh berbagai kalangandengan alasan keamanan dan keuntungan yang dijanjikan kalo kamu mau mulai berinvestasi kamu juga harus update harga emas hari ini. Oke dibawah ini kamu bakalan tau apa saja sih alasan orang-orang milihi investasi emas atau menabung emas.

1. Aman (Security)

Pilih Mana: Investasi Logam Mulia ANTAM atau Perhiasan Emas ya ? via https://www.google.com

Kenapa orang-orang beriinvestasi emas, karena salah satu jenis emas yang dianjurkan dalam berinvestasi yaitu jenis emas logam mulia, memiliki sertifikat yang diakui di mancaneggara dan dikeluarkan oleh PT. Aneka Tambang (ANTAM). Jadi investasi kamu akan aman, karena investasi di logam mulia sertifikatnya sudah diakui oleh negara dan secara global. Investasi emas juga memiliki tingkat privasi yang cukup tinggi jadi, orag lain tidak bisa mengetahui berapa banyak emas yang kamu punya.

2. Menguntungkan (Profitable)

Cara Berinvestasi Emas dengan Berkebun Emas, Ya atau Tidak? via https://www.google.com

Menguntungkan karena, harga emas ditentukan oleh nilai emas itu sendiri dan ditentukan oleh harga pasar internasional. Karena kestabilan ini, harga emas cenderung naik setiap tahunnya, terlihat pada bulan Januari 2016 hingga Agustus 2016, harga emas meningkat mencapai 27%. Berbeda dangan investasi saham yang fluktuatif dan risikonya pun tinggi. Untuk investasi jangka panjang, emas memilliki potensi untuk memberikan keuntungan buat kamu.

Advertisement

FYI, emas merupakan satu-satunya investasi yang terhindar dari pajak karena logam mulia termasuk dalam kategori bahan baku, berdasarkan keputusan Dirjen Pajak No.15/PJ/2011. sehingga berapapun jumlah meas yang kamu punya, tidak akan ada terkena pajak.

3. Risiko Rendah (Low Risk)

Pilih Investasi Logam Mulia Bersertifikat atau Emas Lokal (Cukim) ? via https://www.google.com

Pada Saat kamu menabung di Bank, pasti akan ada biaya-biaya tambahan lainnya seperti biaya administrasi atau biaya transfer uang jika berbeda bank, biaya ini secara lamban tentu saja akan mengikis uang dari rekening bank yang kamu punya. Namun hal itu tudak akan terjasi pada investasi emas.

Jika inflasi meningkat mungkin uang pada tabungan pun akan berkurang nilainya, tetapi akan terjadi sebaliknya pada emas semakin inflasi meningkat maka meningkat pula hara emas jadi kamu tidak perlu cemas akan risiko terjadinya inflasi. Selain inflasi, kamu juga tidak perlu kuatir risiko harga emas yang fluktuatif akibat goncangan ekonomi. oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa emas memiliki risiko yang cukup rendah.

4. Tidak Memerlukan Dana Besar

Harga Emas Hari Ini via https://www.google.com

Emas yang dijual di pasaran sangat beragam dan dimulai dari berat yang cukup ringan yaitu 1 gram hingga 1.000 gram, ini berarti jika emas dijual dengan harga Rp 540 ribu – 600 ribu setiap gramnya, kamu bisa mulai menabung dan berinvestasi emas dengan uang Rp 540 ribu saja. Dana yang cukup rendah membuat investasi emas dapat dilakukan oleh berbagai macam kalangan termasuk kamu.

5. Kepemilikan dan Pengelolaan Sendiri (Ownership & Stewardship)

Jangan Menyisihkan Penghasilan untuk Ditabung dan Diinvestasikan] via https://www.google.com

Investasi emas menawarkan kepemilikan aset oleh diri kamu sendiri tanpa ada orang ketiga. Hal ini berarti kamu memiliki kuasa penuh atas aset (emas).Kamu juga bisa dengan mudah menggunakan emas itu baik untuk menjualnya kembali (transaksi) atau membuat emas menjadi sebuah perhiasan.