Menjadi istri idaman merupakan hal yang selalu diharap oleh kaum hawa. Jangan disangkal, wanita memiliki kebutuhan yang tak tertulis dan selalu diinginkan, entah itu dari sesama wanita atau lawan jenis. Keinginan tersebut antara lain pemenuhan perasaan selalu disayangi, dibanggakan dan merasa kehadirannya dibutuhkan. Namun, wanita juga mudah memiliki perasaan minder tidak percaya diri pada kemampuannya. Apalagi kini sering muncul meme atau guyonan mengenai wanita yang kadang bikin sedikit tersinggung dan akirnya nyerah untuk berkembang.

Jangan pesimis dulu dan ingat bahwa wanita dapat disebut membanggakan, patut disayang dan selalu dibutuhkan apabila setidaknya mengusai satu kemampuan dasar wanita. Nih beberapa kemampuan dasar wanita idaman yang patut kamu perhatikan. Coba, kira kira kamu paling unggul di bidang mana?

1. Nggak perlu berlebihan, bisa menyediakan dan memasak masakan sehari-hari sudah bisa menjadi bahan pertimbangan

"Cantik sih. Tapi kira kira bisa masak nggak, ya ?"

Pertanyaan yang kadang ditanyakan calon mertua waktu kamu diajak main kerumah pasanganmu. Jangan salah perkara memasak digunakan sebagai alasan untuk menolakmu sebagai calon menantunya. Ledekan moderennya modal cuma cantik aja nggak cukup, apa mau dikasi makan gincu sama bedak anak dan suamimu kelak. Nah, gimana?

Advertisement

Gampang, di era yang sangat modern kayak gini nggak usah takut nggak tahu bagaimanan cara masak. Banyak banget resep-resep yang tersedia di internet beserta video tutorialnya. Masih bingung? Bumbu Instan juga banyak lho. Buat kamu yang masih ragu buat memasak sekali kali mainlah ke dapur. Kenalan sama penggorengan, kukusan dan panci.

Bisa memasak bukan berarti semua wanita harus bisa meyajikan masakan rumit atau bergaya Eropa, bisa membuat tumisan sayur aneka gorengan, memasak masakan kesukaan keluarga itu sudah sangat cukup. Hey, kecipratan minyak panas itu nggak sakit kok. Lebih sakit kalo diragukan pasangan atau ditolak calon mertua. Ups!

2. Meski bukan ahlinya, bisa memantaskan diri dengan berdandan juga kadang diperlukan

hobby dandan itu nggak salah via https://pexels.com

Ini nih yang sering jadi kontroversial. Terus dikaitkaitkan sama kemampuan memasak. Sering pasti denger atau baca pernyataan kalau cewek jaman sekarang cuma bisa bedain lipstick, lip tint, lip cream. Sedangkan merica sama ketumbar masih sering binggung, apalagi bedain kencur, jahe,kunci dan kunyit. Buatmu yang suka berias tapi belum bisa memasak jangan keburu emosi.

Advertisement

Ada kalimat anonim yang dapat dijadikan sebagai pembelaan, coba pahami. "Lebih baik cantik meski nggak bisa memasak. Jadi jikalau nggak bisa masak bolehlah makan diluar atau pesan catering tapi kalau cuma pinter masak dan nggak menarik parah parah suami tidur di luar sama yang cantik lainnya".

Memakai makeup, beraroma wangi dan berpenampilan rapi itu penting. Bukan hanya sekedar untuk menaklukan hati para lelaki melaikan untuk membuat seorang wanita percaya diri dan dihargai oleh oranglain. Tidak percaya? Buktikan sendiri. Semua orang pasti tertarik dengan sesuatu hal yang menarik jadi jangan salahkan wanita yang gemar berdandan.

Dandan bukan berarti membohongi lho, itu upaya wanita untuk lebih menonjolkan kecantikannya. Sekarang kalau nggak dandan rugi. Karena mayoritas wanita sekarang menggunakan make-up maka yang tidak berdandan akan dianggap kurang medarik bahkan tidak dilirik. Yuk lah yang sekarang masih gengsi untuk memakai make-up atau belum bisa berdandan. Minimal gunakan lipstick dan bedak untuk diri sendiri. dan untuk yag sebenernnya bisa dandan tapi minder karena sering dihinadina mulailah bangga dengan pilihan dan kemampuanmu.

3. Asah sikap perhatian dan ramahmu mulai sekarang! Ini penting, demi peranmu sebagai istri di masa depan

cinta itu perhatian via https://pexels.com

Karena wanita ingin selalu dimengerti. Alasan itu yang juga yang mengharuskan seorang wanita menjadi pribadi yang ramah dan perhatian. Bukan hanya untuk pasangan. Wanita harus selalu perhatian terhadap keluarga, teman bahkan lingkungan sosial. Tidak hanya sekedar menuntut dan emosi melaikan sosok yang membantu dalam segala kondisi. Kehadiran wanita seperti ini, senyumnya saja bagaikan tetesan embun pagi. Menyegarkan. Pada prinsipnya menuntutlah bila kamu juga telah memenuhi kewajipanmu. Kalau mau dimengerti ya mengertilah dulu kondisinya. Berilah dukungan dan bahagialah bersama.

4. Istilah, ‘Ibu cerdas juga akan melahirkan anak-anak cerdas’ memang benar adanya. Kalau kamu gimana?

wanita cerdas via http://i2.wp.com

Kepandaian bukan diukur berdasarkan IPK saat kuliah, berasal dari lulusan mana dan apakah berpendidikan tidaknya. Kecerdasan yang dimaksud yaitu sebagi seorang wanita mampu menepatkan diri, memahami situasi, dapat memgambil keputusan, memahami pengetahuan atau informasi terkini mengenai kesehatan dan lain lain. Kaum hawa pada akhirnya yang memiliki kodrat menjadi seorang ibu dan seorang istri.

Dengan kata lain, seorang wanita harus pintar agar dapat memberikan ilmunya dan mendidik anaknya dengan benar. Menjadi sosok pemimpin sementara untuk mengambil keputusan apabila suami tidak ada, menjaga rumah tangga dari penipuan yang sering terjadi saat ini serta sebagai istri yang mampu mengelola harta suami. Jadi menjadi cerdas merupakan sesuatuyang absolut bagi perempuan.

5. Memiliki tutur kata lembut, penyabar dan penyayang pun perlu kamu tanamkan sejak dini

Wanita Penyayang via http://islamlib.com

Wanita dikenal sebagai mahluk Tuhan yang rapuh, lembut dan penuh kasih. Maka bila kamu merasa merasa kurang berbakat memasak berdandan dan kurang pintar jadilah wanita penyayang, lembut atau penuh kasih. Dengan cara ini bukan hanya mendapat perhatian dari lawan jenis semua orang pasti menyayangimu. Jangan menodai, karakter indah yang diberikan kepada perempuan dengan perilaku kasar, anti sosial bahkan merasa wanita yang penuh dosa tapi tidak berusaha menjadi yang lebih baik. Berikanlan kasih sayang kepada semua orang bahkan kepada hewan dan lingkungan bukan hanya karena kebutuhan.

Manusia memang tiada yang sempurna. Tapi, selagi kita bisa mengupayakannya, mengapa tidak? Selamat memantaskan diri ya, Mbak-Mbak!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya