Buat kamu-kamu yang sudah memasuki usia kepala dua, pernah nggak sih berpikir bahwa masa-masa bermainmu sudah lewat? Mungkin sebelumnya kamu masih sering hangout, nongkrong bareng teman-teman di kafe, ketawa-ketiwi, menghabiskan uang pemberian orangtua dengan mudahnya, dan sederet kegiatan senang-senang lainnya. Kalau saat ini usia kamu mau masuk atau bahkan sudah mencapai kepala dua, mending pikir-pikir lagi deh menghabiskan waktu dengan hal-hal kurang bermanfaat. Sekarang saatnya kamu untuk memikirkan masa depan, biar nggak menyesal nantinya. Apa saja yang harus dipikirkan? Ini dia.

 

1. Lulus kuliah dengan IP Cumlaude

Siapa sih yang nggak bangga dapat predikat cumlaude?

Siapa sih yang nggak bangga dapat predikat cumlaude? via http://www.tccd.edu

Buat kamu yang masih kuliah, daripada hangout nggak jelas ngobrol ngalor-ngidur berjam-jam, mending fokus belajar supaya bisa lulus dengan IP cumlaude. Orangtua mana sih yang nggak bangga anaknya lulus dengan predikat cumlaude? Yaa, kalau tidak cumlaude setidaknya hasil yang akan kamu terima tidak akan jauh dari target. Terus, sisihkan deh jatah bulanan kamu untuk membeli buku atau barang-barang yang menunjang kegiatan perkuliahanmu. Jauh lebih bermanfaat.

2. Setelah Lulus, Langsung Kerja Atau Lanjut Kuliah Lagi?

Kuliah atau kerja yaaa?

Kuliah atau kerja yaaa? via http://barrydahl.com

Ada baiknya kamu mulai memikirkan masa depan. Setelah lulus nanti apa yang akan kamu kerjakan? Mau langsung mengaplikasikan ilmu kuliah dengan kerja, atau justru lanjut kuliah ke jenjang yang lebih tinggi? Atau, kamu malah ingin lanjut kuliah sambil kerja? Itu terserah kamu. Asal jangan menambah angka pengangguran di Indonesia yaa.

3. Ingin Jadi Pegawai Atau Memulai Usaha?

Jadi karyawan atau entrepreneur?

Jadi karyawan atau entrepreneur? via http://www.123rf.com

Dari sekarang sudah harus dipikirkan apakah  kamu ingin bekerja di sebuah perusahaan ternama atau justru ingin menjadi seorang entrepreneur? Coba tengok kapasitas dan sifat dalam diri, apakah kamu tipe orang yang  hidup secara teratur dan tidak suka dengan sesuatu yang terikat? Lebih suka rutinitas kerja kantoran berangkat pagi pulang petang atau kerja dengan waktu fleksibel? Semua kembali ke kamu.

4. Target Menikah di Usia Berapa?

Kapan rencananya kamu akan menikah?

Kapan rencananya kamu akan menikah? via http://www.thebridesofoklahoma.com

Jangan salah, salah satu yang juga harus dipikirkan saat usiamu beranjak ke angka 20-an adalah target menikah. Kenapa? Biar kamu dapat mempersiapkan segala sesuatunya. Misal, target kamu menikah di usia 24 tahun dan saat ini usia kamu 20 tahun. Berarti masih ada waktu empat tahun untuk memantaskan diri. Kamu bisa lanjut kuliah sambil kerja. Setelah lulus, kamu bisa bekerja dan mengumpulkan pengalaman-pengalaman dan tetap berkarya. Terus, kamu juga bisa sambil belajar memasak, mencoba berbagai macam menu masakan, kue, dan sebagainya.

5. Jodohku, Kamu Dimana?

Masih setia menanti. Jodoh.

Masih setia menanti. Jodoh. via http://hdwallpaperbackgrounds.net

Nah, ini yang terpenting, sambil merencanakan target usia kamu menikah, memikirkan calon yang akan mendampingimu di pelaminan juga tidak kalah penting. Nggak mungkin sendirian kan berdiri di pelaminan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya