5 Hal yang Harus Kamu Ingat Ketika Sedang Berusaha Mengikhlaskan Sesuatu

Dalam hidup, ada yang datang dan ada yang pergi itu sudah biasa

Dalam hidup, ada yang datang namun ada pula yang pergi. Semua yang kita miliki sesungguhnya hanyalah titipan dari Tuhan. Oleh karena itu, apa yang datang patut disyukuri dan apa yang pergi patut diikhlaskan saja.

Ikhlas nggak semudah bicara, tapi akan selalu ada beberapa hal-hal yang sebaiknya kita lepaskan. Ketika kamu kehilangan suatu barang atau orang tersayang, entah apa pun itu, berikut lima hal yang harus kamu ingat saat sedang berusaha mengikhlaskan.

Advertisement

1. Jika tak ikhlas, hidup tidak akan tenang

Photo by Pietra Schwarzler via https://unsplash.com

Photo by Pietra Schwarzler via https://unsplash.com via https://unsplash.com

Jangan terlalu larut dalam kesedihan. Jangan terlalu lama menangisi apa yang telah hilang. Sebab, jika kamu nggak ikhlas, bagaimana hidupmu bisa tenang? Ikhlaskan saja dan tanamkan pikiran positif agar batinmu bisa lebih berdamai dengan kesedihan.

2. Rencana Tuhan jauh lebih indah

Photo by Alex Jones via https://unsplash.com

Photo by Alex Jones via https://unsplash.com via https://unsplash.com

Tuhan tahu apa yang terbaik untukmu. Jika kamu kehilangan suatu barang, mungkin saja barang itu memang tidak menghadirkan manfaat untukmu atau bisa saja dapat mecelakakanmu. Jika kamu kehilangan seseorang yang teramat kamu sayangi, mungkin Tuhan tahu dia bukan yang terbaik untukmu. So, ikhlaskan saja!

Advertisement

3. Semua sudah sesuai takdir dari Tuhan

Photo by Andrew Neel via https://unsplash.com

Photo by Andrew Neel via https://unsplash.com via https://unsplash.com

Seberapa pun usahamu dalam menjalani hidup, tetaplah libatan Tuhan di dalamnya. Begitu pula saat kamu mengalami kehilangan suatu hal, ingatlah mungkin itu sudah sesuai takdir dari-Nya. Jadi berusaha dan berdoa saja. Lagipula nggak semua hal yang kita ingin harus kita dapatkan.

4. Tuhan pasti akan menggantinya dalam bentuk lain

Photo by freestocks via https://unsplash.com

Photo by freestocks via https://unsplash.com via https://unsplash.com

Siklus hidup itu sederhana. Ada yang datang dan ada yang pergi. Ada yang merobek hati, tapi akan ada yang merajutnya kembali.

Tidak usah khawatir dan memusingkan apa yang pergi darimu. Biarkan saja! Percayalah Tuhan pasti akan menggantinya dalam bentuk lain yang lebih kamu butuhkan. Mungkin nggak sama, tapi apa yang kamu dapat memang apa yang lebih pantas untukmu.

Advertisement

5. Tinggalkan dan sambut yang baru

Photo by Soragrit Wongsa via https://unsplash.com

Photo by Soragrit Wongsa via https://unsplash.com via https://unsplash.com

Ayolah, jangan menyiksa diri dengan diam di tempat. Jangan biarkan sesuatu yang hilang menjebakmu dalam jeruji kesedihan. Move on adalah jalan terbaik untukmu. Jadi tinggalkan yang sudah usang dan bersiaplah untuk menyambut hal baru yang akan datang.

Berusaha mengikhlaskan memang tidak semudah meneguk air, tetapi ingat lima hal di atas agar jalanmu untuk ikhlas bisa lebih mudah. Siap move on?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind (Tyler Joseph)

CLOSE