Semakin sempitnya lapangan pekerjaan sudah pasti lama kelamaan akan membuat satu per satu orang sadar akan betapa besarnya potensi untuk bisa mendapatkan uang tanpa harus melamar pekerjaan. Ya, dengan cara berbisnis sendiri! atau berwirausaha.

Mendengar kata “bisnis” biasanya kebanyakan orang akan langsung berpikir akan resiko, modal, untung, rugi dan lain sebagainya. Akhirnya tidak jadi berbisnis sendiri karena takut akan segala resiko yang akan ada.

Namun ide bisnis dibawah ini tidak demikian, ide bisnis berikut sangatlah cocok untuk kamu yang ingin “belajar” berbisnis atau dalam artian masih pemula, dimana belum punya modal yang besar, tapi ingin mencoba menekuni dunia bisnis, bukankah semua hal besar diawali dengan hal kecil?

Selain itu, untuk kamu yang masih muda juga pada dasarnya memang sangat disarankan untuk berani mencoba hal hal baru, salah satunya adalah dengan berbisnis. Penting juga untuk kamu para mahasiswa yang mungkin ingin mencoba mendapatkan uang bulanan sendiri tanpa harus membuat repot orang tua, yang notabene makin hari kebutuhan makin besar dan banyak, masa iya mau terus-terusan minta ke orang tua?

1. Di era digital seperti sekarang ini, kamu wajib cobain deh bisnis dari online shop!

bisnis online shop? via https://sovlex.com

Kalian yang masih muda pasti melek dengan yang namanya internet ataupun media sosial kan? Jika kalian mau kreatif dan mau mencoba, ini akan menjadi lading kesuksesan kalian dimana sekarang ini media internet atau media sosial mulai dari facebook, twiter, instagram dan sebagainya sangat potensial untuk dijadikan ladang kalian dalam mendapatkan pundi pundi uang, kalian bisa jual produk mulai dari produk kecantikan, elektronik dan produk lain dengan mudah TANPA harus mendirikan toko. Kamu juga tidak perlu repot repot memiliki dan membuat produk sendiri, karena kamu bisa menjual produk orang lain, atau istilahnya “Reseller”. banyak sekali orang yang sudah sukses hanya dengan menjadi reseller

2. Banyak Anak muda yang hobi selfie atau photography, kamu bisa sewakan kameramu ke mereka!

ide bisnis sewa kamera via https://www.ukmriau.com

Budaya selfie kini sangat menjadi trend di berbagai kalangan mulai dari anak muda bahkan sampai anak kecil dan orang dewasa sekalipun. Mereka pasti butuh banget yang namanya kamera yang kualitasnya bagus. Untuk kamu yang punya kamera seperti DSLR dan sebagainya, bisa jadikan ini ide bisnis, sewakan kameramu ke mereka, hasilnya lumayan untuk penyewaan kamera dalam seharinya, kamu bisa mulai dengan menyewakan ke teman teman kamu sendiri.

3. Kamu bisa mencoba bisnis laundry, terutama jika rumahmu dekat dengan kos kosan ataupun kampus kampus.

Advertisement

ide bisnis laundry via http://google.com

Jangan salah lho ya, bisnis laundry sekarang sangat potensial banget, coba deh kamu lihat sekeliling kamu, jasa laundry ada di mana mana. Secara tidak langsung itu mengartiken betapa hebat dan besar akan potensi dari bisnis laundry tersebut. Terutama untuk kamu yang rumahnya mungkin dekat dengan kos kosan ataupun dekat dengan kampus? Pasti banyak deh pelanggannya! Kamu juga tak perlu repot dan bayar mahal untuk bikin dan sewa sewa kios sendiri.

4. Sekarang anak muda pada suka nongkrong di kafe, kenapa kamu tidak coba untuk bisnis kafe sendiri?

bisnis kafe yang menjanjikan via http://google.com

Mungkin kedengarannya bisnis ini terlalu berat untuk kamu yang mungkin terbatas dananya, terlebih bagi kamu para mahasiswa. Namun jangan salah paham dulu, bisnis seperti kafe ini tak harus kamu jalankan dengan langsung mewah dan besar, bisa dari kafe kecil kecilan dulu, yang penting enak buat nongkrong, ajak teman temanmu berkunjung ke kafemu, lama kelamaan pasti kafe mu akan dikenal banyak orang.

5. Untuk kamu yang suka traveling, Cobain deh Bisnis Sewa alat traveling!

ide bisnis traveling via http://google.com

Banyak sekali anak muda yang hoby traveling terutama naik gunung. Untuk kamu yang suka dengan hal hal seperti ini, kenapa tidak coba bisnis penyewaan alat alat traveling? Selain tidak ribet, kamu juga mudah untuk mempromosikan alat traveling yang kamu punya, bisa lewat komunias traveler di media media online, bisa ke teman dekatmu.